Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 ISI RENCANA PEMASARAN

Manajemen -Kita telah menyaksikan jika salah satu hasil utama proses dari pemasaran adalah rencana pemasaran. Lantas pertanyaannya bagaimana wujud dari rencana pemasaran? 


Rencana pemasaran memiliki bagian-bagian, daftar isi rencana pemasaran dan maksudnya itu yakni sebagai berikut ini:


  1. Rangkuman Eksekutif
  2. Keadaan Pemsaran Saat Ini
  3. Analisis Ancaman Dan Peluang
  4. Tujuan dan Isu - isu
  5. Strategi Pemasaran
  6. Program Tindakan
  7. Budget
  8. Pengendalian


1.Rangkuman Eksekutif


Rangkuman eksekutif menyediakan simpulan singkat mengenai tujuan utama dan referensi rencana untuk dibahas oleh manajemen, dan menolong manajemen puncak agar bisa mengetahui beberapa hal yang paling penting secara cepat. 


Daftar isi seharusnya ditempatkan setelah rangkuman eksekutif.


2. Keadaan Pemasaran Saat Ini


Keadaan pemasaran sekarang ini yakni memvisualisasikan pasar yang diincar dan status perusahaan di dalamnya. Termasuk info tentang performa produk, pasar, kompetisi dan distribusi. 


Meliputi di dalamnya: 


  • Deskripsi pasar yang mendeskripsikan pasar dan segmen-segmen utama, dan pantauan mengenai keperluan konsumen setia dan beberapa faktor di pada lingkungan pemasaran yang mungkin akan memengaruhi pembelian konsumen setia. 
  • Tinjauan produk yang memperlihatkan penjualan, harga, dan keuntungan kotor beberapa produk utama dalam lini produk. 
  • Tinjauan mengenai kompetisi yang mengidentifikasikan kompetitor utama dan memandang status mereka di pasar dan taktik mereka yang meliputi kualitas produk, distribusi, harga, dan promo. 
  • Tinjauan distribusi yang menilai tren penjualan sekarang ini dan perubahan lain pada aliran distribusi utama.


3. Analisis Ancaman dan Peluang


Yakni memandang ancaman dan peluang utama yang mungkin akan ditemui oleh produk, menolong manajemen untuk memperhitungkan perubahan positif dan negatif yang perlu yang dapat memengaruhi perusahaan dan strateginya.


4. Tujuan dan Isu-isu 


Yakni mengutarakan tujuan pemasaran yang ingin diraih oleh perusahaan sepanjang saat-saat perencanaan dan membahas isu-isu khusus yang kemungkinan memengaruhi perolehan perusahaan. 

Misalnya, jika target yang ingin diraih adalah 15% market share, bagian ini akan menerangkan cara target itu diraih.


5. Strategi Pemasaran


Yakni meringkas sudut pandang pemasaran pada umumnya yang ingin digunakan oleh unit usaha untuk capai tujuan pemasaran dan lebih detil mengatakan pasar yang akan diincar, penentuan status, dan jenjang pengeluaran pemasarannya. 


Bagian strategi pemasaran meringkas strategi-strategi secara detil untuk tiap komponen bauran marketing dan menerangkan bagaimana masing-masing strategi itu memberi respon kesempatan, ancaman, dan isu-isu penting yang lain yang dilemparkan dalam bagian rencana sebelumnya.


6. Program Tindakan


Menyediakan bagaimana strategi pemasaran akan diterapkan ke program perlakuan detil yang bisa jawab pertanyaan berikut ini: 


  • Apa yang akan dilaksanakan? 
  • Siapakah yang bertanggungjawab melaksanakannya? 
  • Kapankah hal itu akan dikerjakan? 
  • Berapakah biayanya?.


7. Budget 


Berisi perincian budget kegiatan pendukung pemasaran yang pada hakekatnya sebuah prediksi laporan rugi laba. 


Budget itu memperlihatkan penerimaan yang diinginkan (prediksi jumlah unit yang dapat terjual pada harga bersih rata-rata) dan prediksi biaya (produksi, distribusi, dan marketing). 


Perbedaan di antara ke-2 nya adalah prediksi keuntungan. Jika disepakati oleh manajemen yang lebih tinggi, anggaran itu jadi dasar dalam pembelian bahan baku, rencana produksi, rencana SDM, dan operasi pemasaran.


8. Pengendalian


Meringkas pengendalian yang akan digunakan untuk memantau perkembangan tindakan dan memungkinkan manajemen yang lebih tinggi untuk mengevaluasi dari hasil implementasi dan memperlihatkan beberapa produk yang tidak bisa capai targetnya.

Post a Comment for " 8 ISI RENCANA PEMASARAN"