Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia? Pengertian, Fungsi dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Serta Contohnya

Apa Itu Manajemen Sumber Daya Manusia? Pemgertian, Fungsi dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Serta Contohnya

MSDM - Dalam menjalankan sebuah aktivitas baik itu perusahaan, instansi, organisasi, komunitas atau yang lain diperlukan sumber daya manusia yang kompeten di bidangnya masing-masing. Tidak hanya itu dalam jalankan suatu aktivitas di perusahaan yang penting diingat.

Diantaranya ialah bagaimana memanajemen sumber daya manusia (SDM) itu supaya aktivitas yang akan digerakkan berjalan baik dan capai hasil yang optimal. Lantas apa sesungguhnya yang diartikan dengan manajemen SDM tersebut?

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen sumber daya manusia ini adalah satu proses yang  menangani bermacam permasalahan pada ruangan lingkup pegawai, karyawan, pekerja, manager dan atau semua tenaga kerja yang menyokong semua rutinitas dari organisasi, instansi atau perusahaan untuk capai arah dan tujuan yang sudah ditetapkan.

Seksi HR adalah seksi yang mengurus manajemen SDM ini akan sediakan pengetahuan (mengenai perusahaan), perlengkapan yang diperlukan, training, service administrasi, pembimbingan, anjuran hukum, dan pemantauan dan manajemen bakat. Semua hal itu diperlukan untuk capai arah perusahaan.

Tidak hanya itu, seksi ini mempunyai pekerjaan dan tanggung jawab untuk meningkatkan perusahaan dengan mengaplikasikan semua nilai dan budaya perusahaan. 

Dan pastikan jika perusahaan mempunyai team yang bagus dan kompak dan pahami pendayagunaan pegawai.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Adapun fungsi-fungsi yang dipunyai oleh manajemen SDM yang penting anda kenali dan bisa dipraktikkan dalam perusahaan, yakni:

Mengendalikan dan Mengurus Karyawan

Fungsi ini mempunyai tiga cara penting, yakni rencana, penarikan dan penyeleksian. Ke-3 tahap ini dilaksanakan supaya memperoleh tenaga kerja yang berkualitas hingga bisa bekerja optimal sesuai job desc-nya.

Penilaian

Seksi SDM bertanggungjawab pada serangkaian pembimbingan, pemantauan sampai penilaian pada calon atau pegawai yang sudah diputuskan. Penilaian dilaksanakan dengan merujuk pada standard performa yang sudah diatur awalnya oleh Seksi SDM.

Pergantian atau Kepuasan

Manajemen SDM mempunyai peranan memberi penghargaan atau pemberian balas layanan langsung atau mungkin tidak langsung, yang berupa uang atau barang ke pegawai sebagai wujud imbal layanan dari perusahaan. 

Pemberian penghargaan yang bagus dan adil akan memengaruhi cuaca kerja dalam sebuah perusahaan.

Pusat training dan penasihat

Training atau pelatihan ini adalah satu proses evaluasi untuk mendapatkan satu ketrampilan, ketentuan, ide atau sikap untuk tingkatkan performa beberapa pegawai. Bahkan juga training tersebut telah ditata dalam undang-undang di tahun 2003. 

Tidak cuman lakukan training, tapi manajemen harus juga cari jalan keluar pada masalah yang dirasakan oleh SDM supaya performa masih optimal dan berkualitas.

Membuat rekanan

Manajemen mempunyai pekerjaan untuk membuat hubungan dengan faksi luar berkaitan dengan SDM, seperti serikat karyawan atau semacamnya. 

Dengan maksudnya supaya cuaca kerja jadi aman sebab bisa menuntaskan persoalan secara baik dan tanpa perlu bertindak yang terlalu berlebih.

Menangani persoalan

Seksi SDM mempunyai tanggung jawab dalam menangani persoalan yang kerap muncul pada pegawainya. Lakukan riset pada tiap persoalan dan cari jalan keluar terbaik untuk menyelesaikannya.

Tangani keselamatan dan kesehatan karyawan

Manajemen SDM bekerja untuk membuat keadaan yang aman dan sehat, buat menghindar beberapa hal yang tidak diharapkan dan berefek seperti kecelakaan yang dirasakan karyawan. 

Keselamatan kerja dan kesehatan semua pegawai jadi tanggung jawab seksi ini.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Menurut Sedarmayanti, penulis buku Sumber Daya Manusia Dan Keproduktifan Kerja (2009) tujuan manajemen sumber daya manusia ada 4 tujuan, yaitu:

Tujuan Sosial

Tujuan ini ialah organisasi bertanggungjawab secara sosial pada rintangan dan kepentingan yang terjadi dalam masyarakat terutamanya di ruang lingkup organisasi dan kurangi dampak imbas negatif atau bikin rugi yang akan muncul.

Tujuan Organisasional

Tujuan manajemen sebagai organisasional ialah target-sasaran resmi yang diatur buat menolong perusahaan dalam capai tujuannya. Tujuan ini memperkenalkan jika manajemen sumber daya manusia itu ada (eksis).

Tujuan Fungsional

Tujuan manajemen sumber daya manusia setelah itu tujuan fungsional atau functional objective. Yaitu untuk menjaga kontributor dari sumber daya manusia di setiap departemen perusahaan yang diperlukan. Sumber daya itu dipiara supaya memberi kontributor yang maksimal.

Tujuan Pribadi Atau Tujuan Individu

Dalam organisasi harus juga jadi perhatian oleh tiap manager, khususnya manajemen sumber daya manusia, dan harus ditujukan dengan tujuan organisasi keseluruhannya (overall, organizational objectives).

Contoh Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia Internasional

Kompetisi global dalam perusahaan multinasional tidak bisa cuman ditemui dengan sediakan Sumber Daya Manusia yang mempunyai kapabilitas tinggi di sektornya. 

Lebih dari itu perusahaan harus mempunyai taktik dan valuable assets, yakni SDM yang mempunyai loyalitas, berpikiran luas mengenai perusahaan di Negara lain, sanggup berkompetisi hadapi rintangan dan cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru. 

SDM itu harus dialokasikan dan didistribusikan demikian rupa lewat cara tertentu hingga bisa sediakan keunggulan berkompetisi. 

Pengendalian Tenaga Kerja Asing dalam masalah ini expatriate lewat penempatan ke luar Negara harus dilaksanakan secara baik oleh beberapa perusahaan besar, dan dengan opsi taktik yang pas adalah usaha untuk capai arah perusahaan.

 Itu dia pengertian, Tujuan, serta Fungsi dari Manajemen Sumber daya manusia. Semoga bermanfaat