Apa Itu Press Release ? Mengenal Dan Cara Menulis Press Release Yang Benar - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Press Release ? Mengenal Dan Cara Menulis Press Release Yang Benar

Apa Itu Press Release ? Mengenal Dan Cara Menulis Press Release Yang Benar

Komunikasi -
Dalam pembuatan press release ini rupanya tidak segampang yang dipikir, karena ada banyak tehnik yang perlu penuhi persyaratan supaya jadi sebuah kreasi yang menarik. Press release ini berbeda dengan menulis cerita atau novel, hingga ada aturan-aturan yang perlu disanggupi.

Nah kesempatan ini, akan disampaikan pembahasan berkaitan cara menulis press release yang baik dan benar. Sebelumnya kita bahas dahulu Apa itu press release?

Apa itu Press Release ?

Press releasse adallah informasi yang dibuat dan diatur oleh Public Relations(PR) / disebutkan Humas di suatu industri, organisasi atau instansi dengan tujuan memberi info ke publik lewat mass media/surat berita baik online atau off line. Press release juga bisa dikatakan sebagai Siaran Pers atau Press Rilis.

Simpelnya, penafsiran Press release adalah  sebuah informasi untuk surat kabar atau media massa. Google sendiri mendefinisikan Press release sebagai penyataan resmi yang berisi persoalan tertentu untuk media massa.

Ada banyak point yang perlu jadi perhatian dengan baik dalam press release, supaya tulisan kalian dapat diterima dan info yang diberi bisa tepat sasaran.

1. Pikirkan Dan Cari Intisari dari Berita

Cara penulisan press release yang betul pertama yaitu harus jadi perhatian pesan dasar yang akan disampaikan dalam informasi itu. Dengan kata lain, kalian harus pastikan tema/topic press release yang akan kalian kerjakan lebih dulu.

Dan jika memang topik itu telah diketemukan maka kalian dapat memakainya sebagai judul press release itu. Bukan hanya itu, bila judul yang dipakai belum optimal, karena itu kalian dapat manfaatkan subjudul release yang pokoknya ialah meningkatkan atau mengutamakan dari judul utama barusan.

Untuk subjudul ini dapat kalian pakai dari pertimbangan press release yang telah kalian atur, jadi dapat menggambarkan mengenai pokok dari pesan yang ingin kaliqn berikan. kalian bisa membuat pada awal atau lakukan rekonsilasi saat ulasan telah selesai.

Peranan judul dalam informasi termasuk press release ini penting, karena sebagai alat memancing ketertarikan pembaca, gunakanlah judul yang unik pada press release kalian supaya banyak yang ingin tahu. Ini penting, karena di bagian awalnya sebagai perhatian pembaca berada pada judul dan subjudul itu.

Bila ke-2 point itu kurang memikat buat kesan-kesan pertama, karena itu pembaca juga tidak rela membuang waktunya untuk membaca press release kalian barusan. 

Hingga dapat diambil kesimpulan jika peranan headline dalam informasi ini tidak dapat disepelekan, dan dapat disebut jadi ujung tombak dibanding isi.

2. Gunakan Tata Cara Piramida Kebalik

Sesudah kalian sukses memastikan topik atau subjudul yang diperlukan, karena itu cara setelah itu memakai sistem piramida kebalik. ini ialah sebuah sistem pengaturan posting fitur, banyak yang memakai sistem ini ibarat pengaturan proposal kerja sama, penelitian dan lain-lain.

Pemakaian tata cara piramida kebalik ini sangat berharga untuk membuat tulisan yang memikat dan berkualitas. Dalam sebuah press release, sisi awalnya content sesudah judul dan subjudul ini dapat kalian isikan dengan lead (news lead).

Di bagian itu kalian dapat membuat rangkaian kata untuk membuat sebuah paragraph yang dapat menjelaskan secara keseluruhan isi dari release itu. Dan dalam penyampaiannya, kalian  jangan melepaskan atau melalaikan norma dalam media relations.

Untuk news lead ini sendiri dapat disebutkan sebagai ujung tombak ke-2 dari sebuah press release. Ini karena pembaca yang membaca release, di bagian ke-2 yang akan mereka baca setelah judul ialah bagian lead.

Bila nanti news lead ini tidak memberi keterangan intisari dari press release, karena itu nanti pembaca tidak memperoleh informasi bagus yang ingin dibacanya. Dan tidak tutup kemungkinan pembaca justru akan pergi begitu saja.

3. Gunakan Faktor 5W 1H

Cara menulis press release yang betul seterusnya kali ini ialah memakai factor 5W+1H, factor ini sangat bermanfaat dalam mengantar info dengan benar dan tepat ke pembaca. Factor 5W + 1H ini jadi patokan dasar untuk membuat news lead dalam sebuah press release.

Dengan memakainya, karena itu kalian sudah sukses mengantar garis besar atas info yang dibagi. Apa factor 5W+1H itu? berikut penuturannya:

  • What (Apa) = info apa yang ingin kalian sampaikan
  • When (Kapan) = kapan aktivitas ini berlangsung
  • Who (Siapa) = siapakah yang lakukan aktivitas itu
  • Where (DImana) = di mana aktivitas ini dilaksanakan
  • Why (Kenapa) = kenapa aktivitas ini dilaksanakan
  • How (Bagaimana) = bagaimana detil aktivitas ini dilaksanakan

Walau tidak ada ketentuan khusus, tetapi sebaiknya ada pada membuat press release ini, sebaiknya kaliqn membuat news lead ini dengan posisi di atas. kalian bisa memodifikasi pengaturan, tetapi pakai bahasa pas EYD bila press release kalian dengan bahasa Indonesia.

Di bagian isi/content dari press release ini, kalian dapat menerangkan newslead lebih dalam. Di bagian ini kalian dapat menjelaskan beberapa factor seperti what, why, dan how. lantas pada paragraf seterusnya kalian dapat menerangkan mengenai where, when, dan who.

Tetapi sekali lagi diingatkan jika posisi rincian factor 5W+1H itu tidak mengikat, tinggal kalian sesuaikan saja kelak. Namun kehadirannya penting, ingat jadi bagian dibanding beberapa unsur informasi yang perlu disanggupi.

4. Gunakan Ilustrasi yang Menarik

Tehnik ini dibutuhkan dalam pengerjaan press release maksudnya supaya rasa ingin tahu dari pembaca semakin tinggi. Dengan memberi gambar ilustrasi yang memikat otomatis anda pun memberi gambaran soal press release yang anda bikin.

5. Lakukan Pengecekan Ulang, Konfirmasi, Dan Pengiriman Berita

Pengecekan ini penting kalian kerjakan untuk pastikan bila press release yang dibuat barusan tidak ada typo (salah ketik), seperti penulisan nama figur, rutinitas, atau info yang lain yang karakternya penting. Dan janganlah lupa memberikan kontak individu supaya media dapat mengontak kalian setiap saat bila diperlukan.

Demikian pembahasan mengenai cara menulis press release yang perlu kalian kenali, mudah-mudahan pembahasan ini berguna dan dapat menambahkan wacana kalian nanti. Disamping itu, kalian dapat perhatikan tehnik penulisan informasi media cetak yang benar dan baik.