Apa Itu Virtual Account Bank ? Manfaat dan Cara Kerja VA Bank - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Virtual Account Bank ? Manfaat dan Cara Kerja VA Bank

Apa Itu Virtual Account Bank ? Manfaat dan Cara Kerja VA Bank

Bank -
Bersamaan dengan majunya dunia tehnologi, dunia perbankan pun tidak dapat tinggal diam akan hal tersebut. Karena lumayan banyak manfaat bisa dirasa adanya perkembangan tehnologi tersebut.

Seperti yang dapat diberi oleh pihak bank nasional semisal BRI, BCA, BNI, Mandiri dan yang lain ke beberapa nasabahnya. Karena pihak bank telah memberi layanan seperti Mobile Banking, SMS Banking dan Internet Banking.

Adanya fasilitas layanan itu, keringanan dalam bertransaksi di perbankan nanti akan makin praktis. Salah satunya contoh riil dari sisi pembayaran atau transfer yang dapat dilaksanakan dimanapun dan kapan pun.

Dalam transaksi transfer atau pembayaran melalui layanan bank itu kadang banyak nasabah yang membutuhkan nomor virtual account untuk kelancaran transaksinya. Lalu apakah itu sesungguhnya virtual account bank? Berikut akan disampaikan secara lengkap.

Apa Itu Virtual Account Bank ?

Virtual Account ataupun lebih dikenali VA adalah account sementara yang bisa dipakai untuk bertransaksi atas nama account fisik nyata. Yang nanti memungkinkan bermacam jenis dan ukuran bisnis untuk menerima pembayaran lewat transfer bank tak perlu buka rekening bank khusus di setiap bank.

Nanti dengan virtual account, satu rekening bank dapat terdiri jadi beberapa account virtual. Misalnya sub-divisi account khusus, account virtual mempunyai fitur nomor, laporan transaksi dan saldo dari account virtual tersebut.

Manfaat Virtual Account 

Untuk manfaatnya sendiri yaitu untuk mempermudah transfer atau pembayaran terutama beberapa nasabah bank kepada bank lain/beda bank lewat cara online atau off line. Tentu saja adanya virtual account bank ini, kemudahan kalian dalam berbisnis akan jauh makin cepat, praktis dan tidak dibikin repot.

Cara Kerja Virtual Account 

Virtual account nanti memungkinkan beberapa pemakainya bisa lakukan dan mengenali pembayaran secara mudah. Misalnya, bila seorang pedagang lakukan tiga pembayaran sejumlah Rp 100.000.

Karena itu account virtual memungkinkannya untuk memutuskan ini secara instant ke setiap pembayar dengan memberi nomor rekening unik/virtual account untuk dibayar. Lalu bagaimanakah dengan cara kerja dari virtual account bank itu:

  • Pedagang akan memberitahukan pada pelanggan untuk bayar ke faktur atau virtual account tertentu untuk transaksinya.
  •  Tiap nomor virtual account nanti langsung berkaitan dengan pelanggan.
  •  Tiap pembayaran sudah diterima, info transaksi yang terjadi nanti dikirimkan ke pedagang dan pedagang dapat segera mengenali pembeli itu.

Cara Transfer atau Transaksi melalui Virtual Account Bank

Dalam cara transfer, pembayaran atau bertransaksi melalui layanan virtual account ini sendiri. Dapat dikatakan jadi opsi tepat untuk nasabah bank seiring berkembangnya dengan tehnologi dan digitalisasi.

Selain ringkas dan mudah, memakai virtual account lebih individual dan akan terjaga atas keamanan dalam bertransaksi. lantas bagaimana dengan cara bertransaksi dengan virtual account bank baik ke sesama bank atau BEDA BANK tersebut?

Untuk cara pertama transaksi dengan virtual account bank sendiri yakni nasabah/konsumen setia perlu mengetahui nomor virtual account itu dulu. Kalau sudah, karena itu tinggal ikuti beberapa langkah pembayaran sesuai fasilitas layanan dari bank.

Karena tiap bank telah memberi bermacam layanan-layanannya, seperti mesin ATM, Mobile Banking, SMS Banking atau Internet Banking. Beberapa bank terkenal seperti BNI, BCA, Mandiri, BRI telah memberi fasilitas tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Account 

Untuk kelebihan atau keuntungan pertama saat bertransaksi melalui virtual account bank tentu saja akan semakin lebih cepat dan ringkas. Karena beberapa konsumen setia tak perlu lakukan verifikasi pembayaran lewat pengiriman bukti transfer.

Disamping itu dalam segi pembayaran tagihan juga akan jadi lebih gampang. Dikarenakan pada  tiap  konsumen yang akan memperoleh satu nomor ID virtual account unik sesuai nominal atau besaran transaksi yang dilaksanakan.

Apa pun itu, termasuk dengan virtual account tentu saja akan mempunyai kelemahan atau kekurangan. Karena ini adalah mekanisme automatis, karena itu beberapa nasabah bank harus benar dalam check code unik yang digunakan dalam pembayaran.

Dengan demikian janganlah sampai mengirimi ke virtual account yang keliru, karena bila salah dan transaksi sukses karena itu prosesnya akan panjang. 

Bukan hanya itu, karena ini adalah mekanisme automatis karena itu ada terjadi kemungkinan kegagalan saat lakukan transaksi.

FAQ 

1. Apa Ada Biaya Transfer melalui Virtual Account?

Tidak ada biaya atau gratis. Adapun biaya sendiri bila lakukan langsung lewat teller bank, misalnya BCA yang berlakukan sebesar Rp 5.000 per transaksi.

2. Apa Ada Limit Transaksi melalui Virtual Account?

Ada. Limit itu bergantung dari peraturan dan persetujuan nasabah dan pihak penerimanya.

Demikian info mengenai virtual account bank . Mudah-mudahan adanya ulasan mengenai virtual account bank di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk semuanya yang memerlukan.