Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Administrasi Negara Dengan Administrasi Publik

Apakah Perbedaan Administrasi Negara dengan Administrasi Publik ? Apakah Administrasi Negara dan Administrasi Publik Sama ?
Perbedaan Administrasi Negara Dengan Administrasi Publik ? Apakah Administrasi Negara

Administrasi - Banyak pengkajian terkait dengan Administrasi Publik yang sudah dicatat atau dipublis oleh beberapa periset atau pakar administrasi publik di Indonesia atau di Luar negeri, di mana hal itu adalah dari hasil riset yang mereka kerjakan.

Tetapi, untuk kelompok masyarakat terutama mahasiswa yang basis pendidikan bukan berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik atau Ilmu Administrasi sudah pasti masih awam terkait dengan Adminitrasi Negara dan Administrasi Publik itu.

 Meskipun pada intinya info itu sudah pasti gampang didapatkan dengan tehnologi dan info yang demikian canggih sekarang ini.

Terkait dengan hal itu, seorang rekan yang berniat meneruskan pendidikan Magister (S2) dengan Jalur Administrasi Publik coba berdiskusi terkait info akan perbedaan Administrasi Negara dengan Administrasi Publik. 

Mungkin ini dikarenakan oleh basis Sarjana (S1) yang dipunyainya ialah Ekonomi, karena itu saat sebelum oke dengan opsi jalurnya karena itu beliau berusaha untuk menggali info terutamanya terkait dengan perbedaan di antara Administrasi Negara dan Administrasi Publik. 

Terlepas tujuan beliau untuk betul - betul menggali info atau sekedar hanya mengetes saya, tetapi hal tersebut saya tanggapi positif. 

Dari bermacam sumber yang ada saya coba menerangkan perbedaan di antara Administrasi Negara dan Administrasi Publik ke beliau lebih kurang sebagai berikut dan mudah-mudahan saja info ini dapat berguna untuk semuanya yang membaca artikel ini :

Pada intinya Administrasi Publik adalah perubahan arti dan titik subtansi kata negara jadi publik. 

Sedang untuk arti atau pengertian Administrasi, Administrasi Negara atau Adminitrasi Publik itu sendiri banyak di terangkan oleh beberapa pakar/filsuf atau ahli administrasi seperti The Liang Gie,George Terry, Sondang P. Siagian dan yang lain.

Bedanya yang fundamental pada Administrasi Negara ialah Publik di sini disimpulkan cuma untuk negara. 

Hal tersebut bermakna artis/aktor administrasi cuman dilaksanakan oleh pemerintahan/birokrasi saja (agen tunggal), karena pendekatan yang digunakan di sini ialah negara/pemerintahan semata-mata sebagai driving forces pada rutinitas administrasi searah adanya ide Good Government (pemerintah yang bagus). Karena tujuan pada Adminitrasi Negara lebih ke rutinitas Negara saja, karena itu peranan pemerintahan sebagai pelayan publik (public servis) tidak mengikutsertakan peranan warga dalam rutinitas adminitrasi yang digerakkan oleh negara/pemerintahan tersebut (Adminitrasi Of Public). 

Pada rutinitas Adminitrasi yang dilaksanakan oleh birokrasi sebagai organisasi pemerintahan, dalam pengkajian Administrasi Negara berbasiskan ke type organisasi Weberian, hingga rutinitas adminitrasi cendrung kaku (rigid) mengutamakan hirarki dan tidak pada customer oriented.

Sedangkan untuk Administrasi Publik, Publik di sini tidak disimpulkan sebagai negara saja tapi juga bermakna private (pihak swasta) dan warga. 

Karena itu untuk eksekutor/artis pada Administrasi Publik mengikutsertakan 3 (tiga) elemen yakni Warga, Faksi Swasta (Privat) dan Negara atau Pemerintahan yang mana hal itu searah adanya ide Good Governance (Pemerintah yang bagus) sebagai pengubahan ide Good Government.

Sehingga pada pengkajian Administrasi Publik, Negara tidak lagi sebagai aktor utama tapi juga sebagai fasilitator dan katalisator dari kebutuhan dan kemauan pihak swasta dan masyarakat yang selanjutnya menjadi referensi pemerintahan tersebut untuk menjalankan administrasi dalam melakukan perannya sebagai pelayan publik (public servis).

Pendekatan pada Administrasi Publik tak lagi ke Negara saja tapi lebih ke keinginan konsumen setia yang lain, karena itu dalam rencana menghadapi perubahan dan persaingan yang makin kompleks karena itu negara harus juga beradaptasi supaya jadi profesional dalam jalankan pekerjaannya terhitung di dalamnya melakukan administrasi dengan mengikutsertakan apa yang diharapkan oleh faksi swasta dan warga (Putting The Konsumen In The Driver Seat) seperti pengkajian yang membandingkan di antara Administrasi Negara dengan Administrasi Publik tersebut.

Perbedaan Administrasi Negara dan Administrasi Publik

1. Perbedaan Substansi

Terkait dengan hal itu, kami coba mengulas info mengenai perbedaan di antara ke-2 istilah ini. Pada intinya administrasi publik ialah perubahan arti dan intisari dari istilah negara. Adapun pengertian manajemen administrasi, banyak pakar administrasi (seperti Liang Jie, George Terry, Sandown P. Siagan, dan lain-lain) sudah menerangkan ke-2 istilah ini sendiri.

2. Sudut pandang beda tetapi dengan Tujuan yang serupa

Administrasi negara sudah jadi sudut pandang administrasi publik. Jika disebutkan maknanya sudah berbeda, apa nama Administrasi Negara akan beralih menjadi Administrasi Publik? 

Karena itu, Pemberian nama administrasi negara tetap jadi pembicaraan. Akan tetapi, untuk mendapatkan pernyataan, administrasi negara masih dilihat sama dengan administrasi publik, sedang administrasi publik bisa disimpulkan sebagai serangkaian aktivitas yang dilaksanakan secara bekerja bersama untuk mencapai tujuan pada proses pengendalian negara.

3. Istilah Administrasi Negara

Perbedaan fundamental dalam administrasi negara ialah publik di sini cuman disimpulkan sebagai negara. 

Maknanya aktor pemerintah cuman digerakkan oleh pemerintahan / birokrasi (single agent), karena sistem yang dipakai di sini dengan memakai negara / pemerintahan sebagai motor pendorong dalam aktivitas pemerintah yang searah dengan ide good governance. 

Karena tujuan administrasi negara lebih mengutamakan pada aktivitas kenegaraan, karena itu peranan pemerintah sebagai pelayanan publik tidak mengikutsertakan peranan masyarakat dalam aktivitas administrasi negara / pemerintah tersebut (administrasi publik).

Dalam aktivitas administrasi yang dilaksanakan oleh birokrasi sebagai organisasi pemerintah, dalam pengkajian manajemen administrasi negara, aktivitas administrasi didasari pada tipe organisasi Weberian, hingga aktivitas administrasi sering memiliki sifat kaku (rigid), lebih memprioritaskan sistem hierarki dibanding fokus konsumen setia.

4. Istilah Administrasi Publik

Adapun dalam administrasi publik, di mana negara tak lagi jadi bagian utama dari operasi, tapi jadi fasilitator dan katalisator, dan dipandang penting untuk bidang swasta dan inspirasi publik. 

Publik di sini bukan hanya bermakna negara, tapi juga swasta dan masyarakat. Karena itu untuk eksekutor / peserta pelaksana pemerintah publik mengikutsertakan tiga (tiga) elemen yakni masyarakat, pihak swasta dan negara atau pemerintahan.

Ini sejalan dengan ide good governance dan ada pengubahan dan perubahan ide good governance tersebut. 

Karena itu, dalam pengkajian administrasi publik, negara tak lagi jadi pemeran utama, tapi sebagai promotor dan katalisator kebutuhan dan inspirasi swasta dan masyarakat, sehingga jadi referensi untuk pelaksana pemerintah sendiri untuk menjalankan peranannya sebagai pelayanan publik.

5. Penyelenggaraan Administrasi Negara dan Administrasi Publik

Beberapa cara administrasi negara tak lagi terbatas pada negara, tapi untuk penuhi keperluan konsumen setia (publik) yang lain, karena untuk hadapi pengubahan dan kompetisi yang makin kompleks, negara harus juga beradaptasi untuk jalankan pekerjaannya secara professional, terhitung melakukan pekerjaan publik. 

Manajemen administrasi dilaksanakan dengan membandingkan harapan bidang swasta dan publik (tempatkan konsumen setia pada bangku pengemudi) untuk membandingkan administrasi negara dari administrasi publik tersebut.

6. Pro-kontra pemberian nama

Masih susah untuk menjelaskan jika publik dan negara mempunyai makna yang sama. Istilah publik memang memperlihatkan warga umum, yang maknanya sisi dari negara. 

Tetapi istilah "publik" benar-benar bertentangan dengan istilah "private/swasta". Di saat yang serupa, bidang swasta sendiri masih jadi sisi dari negara. Badan usaha swasta dan badan usaha punya negara, walau bukan badan usaha punya negara, masih jadi sisi dari negara.

Selain di atas, terjadi juga pembicaraan mengenai makna "administrasi publik" dengan bahasa Inggris. Bila diterangkan langsung dengan bahasa Indonesia karena itu kita akan menjelaskan "administrasi publik", tapi faktanya biasa disebutkan administrasi negara. 

Selanjutnya muncul pertanyaan, "Kenapa kita harus memakai kata "publik" dengan bahasa Inggris, dan kenapa tidak memakai kata "nasional"?

Dalam makna kata "administratif" di Amerika Serikat telah memiliki kandungan elemen negara. Dengan ini, tersurat tujuan dari administrasi publik tersebut dan memiliki sifat publik. Secara eksklusif, bisa disebutkan jika nama administrasi publik membandingkannya dari administrasi private. 

Karena itu, nama administrasi publik lebih ke profesionalisasi penyelenggaraan negara dan diferensiasi pelaksana negara, karena private dan publik ialah dua hal sama dalam membuat negara.

7. Jurusan Administrasi Negara

Perbedaan administrasi negara dan administrasi publik dari penjurusan

Pada umumnya, jurusan administrasi negara adalah program study yang mempunyai tujuan untuk mempelajari bagaimana penyelenggaraan administrasi lebih detil, terutama mempelajari ketatanegaraan dan komponen-komponennya. 

Departemen administrasi negara mempelajari semua proses yang berkaitan dengan implikasi atau penegakan hukum / ketentuan yang dikeluarkan oleh instansi legislatif, administrasi dan yudikatif oleh organisasi dan pribadi, khususnya implementasi proses peraturan.

8. Materi Jurusan administrasi negara

Namanya administrasi, dan sektor ini tidak terlepas dari penghimpunan dan pemrosesan data. 

Mahasiswa administrasi negara sekarang ini bukan hanya belajar teori, tapi juga belajar bagaimana memakai perkembangan tehnologi dan komunikasi untuk mempelajari, menganalisa, dan mendapati jalan keluar atas permasalahan yang terkait dengan implikasi peraturan.

Berikut contoh-contoh mata kuliah yang akan didalami oleh mahasiswa jurusan administrasi negara: 

  • Hukum
  • Sistem Administrasi Negara
  • Demografi
  • Statistik Sosial
  • Sumber Daya Manusia
  • Manajemen
  • Manajemen Keuangan
  • Administrasi Pemerintah Daerah, dan lain-lain.

9. Kekuatan seorang mahasiswa jurusan administrasi negara

Alumnus Program Adm. Negara mempunyai kekuatan untuk mengurus organisasi publik, seperti manajemen sumber daya manusia, manajemen performa, sistem pemerintahan daerah, kepimpinan, manajemen keuangan, pendapat dan peraturan publik, akuntansi sektor publik, koleksi, e-government, pemerintah dan Design organisasi untuk lembaga swasta.

Alumnus Program Study Administrasi negara mempunyai kekuatan, ketrampilan, norma dan pengetahuan: 

  • Mekanisme administrasi negara, 
  • Pemerintahan daerah
  • Birokrasi dan demokrasi,
  • Keuangan negara, 
  • Ekonomi politik, 
  • Tanggung jawab dan pemantauan publik, 
  • Keuangan Daerah
  • Peningkatan Manajemen Pelayanan Publik, 
  • Manajemen kota
  • Manajemen lingkungan
  • Peraturan publik
  • Hukum administrasi negara, 
  • Manajemen karyawan negeri,
  • Kepimpinan
  • E-government
  • Rencana bidang publik dan manajemen vital
Disamping itu, mahasiswa jurusan administrasi negara akan pelajari ketrampilan mengurus bermacam jenis organisasi secara terpadu dan kekuatan membuat keputusan strategis.

10. Alumnus Administrasi Negara

Contoh alumnus administrasi negara sebagai perbedaan administrasi negara dan administrasi publik

Petinggi pemerintahan / pelaksana pemerintahan pusat atau wilayah. Ikut aktif dalam pekerjaan pemerintahan pusat dan pemda dan turut serta dalam pekerjaan manajemen pemerintah adalah pekerjaan pokok alumnus adminstrasi negara. 

Merangkum peraturan pemerintahan, mengurus operasional pemerintah sebaik-baiknya, dan memberi jalan keluar untuk pemerintahan untuk menuntaskan persoalan Masyarakat adalah hasil contoh kerja alumnus administrasi nasional.

Anggota partai. Parpol adalah pendorong pemerintah. Ya, politik memang mainkan peranan penting dalam pemerintah yang berkuasa. Parpol menjadi tempat untuk siapa yang ingin sampaikan kemauannya, sepanjang kemauan itu searah dengan misi serta visi partai.

Aktivis LSM / Organisasi Masyarakat. Instansi swadaya masyarakat (LSM) ialah organisasi yang secara suka-rela memberi servis ke masyarakat tanpa mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya. 

Kegiatan umumnya untuk bela warga tertindas dan menolong yang terlantar, pada dasarnya menolong membuat masyarakat agar hidup bagus sesuai hukum yang berjalan. 

Begitupun dengan organisasi masyarakat. Organisasi masyarakat ialah organisasi yang dibangun dan digerakkan atas landasan komune, tanpa arah politik, dan dibangun atas landasan beberapa kecocokan kebutuhan di bagian agama, pengajaran, atau kemasyarakatan.

Wartawan pemerintahan / politik. Alumnus administrasi dan manajemen nasional selalu dituntut untuk sensitif pada permasalahan pemerintah dan politik. 

Alumnus manajemen administrasi negara dilatih untuk menganalisa dan memberikan laporan, merangkum dan menetapkan hasil untuk menuntaskan permasalahan yang ditemui pemerintahan. 

Kekuatan untuk memiara kesensitifan, catatan dan laporan dalam cakupan wewenang pemerintahan bermanfaat untuk prospect kerja alumnus administrasi (yakni wartawan).

Konselor pemerintahan. Pemerintahan pasti hadapi bermacam masalah dalam jalankan roda pemerintah. Untuk hilangkan kendala itu dan membuat lancar jalannya pemerintah, karena itu masalah dan permasalahan yang mengusik itu harus selekasnya dituntaskan. 

Pekerjaan memberi jalan keluar, melakukan investasi atau merangkum taktik untuk pastikan jika tata urus berjalan baik ialah pekerjaan konselor pemerintahan. Ya, konselor pemerintahan umumnya diperlukan untuk tangani permasalahan tertentu di pemerintah.

Pengajar atau dosen. Tentu saja, riset yang mendalam dan lengkap mengenai pengetahuan pemerintah memungkinkannya alumnus jurusan administrasi nasional untuk pahami sangkut-paut sektor pemerintah dari sudut pandang teoritis dan ringkas. 

Dengan pengetahuan yang dalam mengenai pengetahuan riset, jadi dosen atau tenaga pendidik di bagian pengetahuan pemerintah jadi prospect pekerjaan untuk alumnus jurusan manajemen administrasi negara. 

Adalah salah satu pekerjaan mulia karier dosen pengetahuan pemerintah untuk menyebarkan pengetahuan mengenai pemerintah ke seseorang dan kerja bersama untuk membuatnya yang dipandang paling prospektif


Post a Comment for "Perbedaan Administrasi Negara Dengan Administrasi Publik "