Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Berkomunikasi di Tempat Kerja ? Tips Komunikasi di Tempat Kerja yang Efektif

Bagaimana Berkomunikasi di Tempat Kerja ? Tips Komunikasi di Tempat Kerja yang Efektif

Komunikasi - 
Komunikasi sangat penting di kehidupan bermasyarakat, apa lagi dalam komunikasi yang bersifat profesi, misalkan komunikasi pada tempat kerja. Dengan komunikasi, kalian dapat menjalin sebuah relasi dengan seorang atau sekumpulan orang yang pasti benar-benar dibutuhkan sebagai makhluk sosial. 

Bukan hanya di kehidupan bermasyarakat saja, komunikasi juga dibutuhkan dalam kantor. Ya, sebuah kerja sama di antara satu pegawai dengan pegawai yang lain tidak terjalin tanpa komunikasi.

Komunikasi ialah poin penting. Meskipun begitu, banyak pegawai yang menyepelekannya hingga terjadi miss komunikasi yang berpengaruh buruk pada integritas dan keproduktifan kerja. 

Sebagai pegawai yang baik dan ingin mempunyai karier cemerlang, tentu saja kalian perlu menghindar hal itu. Salah satu cara agar bisa menghindari hal tersebur secara feketif dengan membuat komunikasi yang baik pada tempat kerja.

Bagimana tips tingkatkan komunikasi secara efektif ?

Jangan cemas bila kalian tidak paham triknya. Komunikasi pada tempat kerja tidak sesusah yang kalian pikirkan. Karena tentu saja ada tips tertentu yang menjadi panduan kalian untuk dpat berbicara secara baik di lingkungan kerja. 

Nah, apa sajakah hal itu, berikut Tips -  Tips Komunikasi Di Tempat Kerja paling efektif .

1.Utamakan Diplomasi

Dalam beberapa kasus, perselisihan kecil memang mudah untuk dituntaskan, tetapi ada juga yang berawal dari perselisihan kecil jadi melebar dan susah untuk ditangani. Keadaan beginilah yang membuat situasi kantor jadi tidak aman dan pekerjaan jadi amburadul. 

Upaya yang seharusnya dilaksanakan supaya perselisihan tidak berkembang dengan melatih cara bicara yang bagus pada tempat kerja. Tuntaskan permasalahan dengan pemikiran terbuka dan tidak berpihak satu sama lain.

2. Menggunakan Kalimat Langsung

Bersamaan dengan bertumbuhnya jaman, komunikasi juga turut alami perkembangan diantaranya dengan media surat elektronik yang dipakai sebagai cara berhubungan dengan rekan kerja atau klien. 

Ya, walau cara itu sangat ringkas tetapi ini dapat memunculkan satu permasalahan bila pegawai tidak menguasai bahasa surat yang bagus. 

Pasti hal itu akan memunculkan permasalahan besar karena pengutaraan info susah dimengerti oleh pembacanya dan sering memunculkan salah paham.

3.Bersikap Sederhana

Sebagai pegawai harus dapat sampaikan info dengan jelas, baik ke pegawai lain atau ke klien. Memang tidak gampang untuk menyampaikan info dengan jelas, ditambah lagi bila info itu begitu sulit untuk diuraikan. 

kalian harus trampil dalam membuat kalimat supaya info yang dikatakan bisa dengan gampang dimengerti oleh lawan biacara kalian.

4. Menghargai Perbedaan

Keberhasilan perusahaan sebuah prestasi yang membanggakan untuk semua karyawan yang ada didalamnya. 

Tidak menutup kemungkinan jika kantor itu bisa lakukan kerja sama dengan negara asing, misalkan mengambil pegawai asing. 

Walau mempunyai budaya yang lain, tetapi sebagai pegawai yang bagus seharusnya turut menghargai perbedaan budaya itu supaya kerja sama bisa berjalan baik.

5. Memberi Timbal Balik yang Baik

Hargailah lawan berbicara kalian. Berilah tanggapan yang positif. Norma saat bicara ialah dengarkan apa yang disebutkan oleh lawan berbicara secara baik. 

Kemudian kalian harus memberi tanggapan atau respon pada apa yang sudah dikatakan oleh sang pembicara sebgaimana komunikasi di pertemuan.

6. Sinkron Di antara Pengucapan dan Tindakan

Sikap yang kalian tunjukkan di kantor harus sesuai pengucapan kalian. Menjaga keyakinan sesama rekanan pegawai dan atasan kalain. 

Susah memang menjaga supaya pengucapan dan tindakan supaya sesuai, tetapi untuk memperoleh keyakinan dari pimpinan atau pegawai yang lain hal itu harus diaplikasikan.

Dalam dunia kerja, menyampaikan perkataan yang tidak sesuai dengan akan membuat pekerjaan jadi amburadul hingga bisa turunkan produktifitas kerja. 

Seharusnya tidak boleh beritahukan info apapun ke pegawai lain sebelumnya ada pernyataan jika info itu memang betul ada untuk menghindar salah paham yang akan berpengaruh buruk untuk kehidupan kantor masa datang.

7. Presentasi Visual

Bila kalian diwajibkan untuk berbicara dengan presentasi, karena itu memakai pengetahuan "satu gambar bisa menerangkan 1000 hal" menjadi cara yang efektif. 

Otak manusia akan lebih responsive dengan sebuah gambar dibanding dengan tulisan seperti pada tips komunikasi tercatat. Sebuah presentasi yang bagus harus dapat membuat pendengarnya tangkap tujuan dari pembicara. 

Karena itu, pembicara harus memakai bahasa yang bagus dan penyeleksian kata yang tidak berbelit-belit supaya gampang dimengerti audience.

8. Humoris

Komunikasi akan terikat dengan efektif bila tidak ada kemelut didalamnya. Nah, untuk mencairkan situasi, kalian dapat sesekali menyisipkan komedi saat bicara. 

Ini tidak jadi permasalahan bila komedi yang Anda keluarkan tidak menyentuh seseorang. Langkah ini telah bisa dibuktikan efektif untuk membuat keakraban dan kecanggungan saat bicara.

Dalam suatu team, tiap anggotanya harus dapat bekerja bersama secara baik supaya arah dari kantor itu bisa diwujudkan. 

Dengan sedikit bercanda bisa membuat situasi team jadi lebih rileks dan beberapa ide berkilau bisa dengan gampang dikatakan tanpa penekanan dalam komunikasi bisnis lintas budaya.

9. Menerima Masukan

Di dunia kerja, kalian akan berjumpa dengan beberapa orang dari background yang berbeda. Nah, dari situlah kalian harus dapat pahami watak dari orang lain dan harus memiliki sifat terbuka pada kritikan atau masukan dari rekanan kerja kalian. 

Jangan langsung terbawa emosi bila ada pegawai yang mengomentari kalian, tetapi jadilakanlah kritik itu sebagai saran yang membuat supaya kalian menjadi individu yang lebih baik lagi sebagimana dalam komunikasi organisasi.

10. Bersikap Ramah

Murah senyuman adalah salah satunya langkah bersikap ramah ini akan jadikan kalian dilihat positif oleh semua rekan-rekan di kantor. Komunikasi akan berjalan baik dan efektif bila didasari rasa nyaman. 

Dengan memberi senyum pada awal pembicaraan akan membuat situasi perbincangan jadi lebih rileks serta lebih hidup.

11. Bersikap Terbuka

Dengarkan opini rekanan kerja lain adalah sikap transparansi kalian pada tempat kerja. Selanjutnya ulang kembali apa yang rekanan kerja katakan untuk menghindar salah paham dan rekanan kerja berasa dipandang gagasannya. 

Sampaikan secara jujur dan santun bila pendapat tidak bisa diterima, dan tidak boleh terlalu berlebih bila pendapat memang disepakati.

12. Menghindari Konflik

Sering terjadi Konflik antara individual tentu selalu terjadi di pada lingkungan kerja adalah hal yang biasa, untuk menghindarinya sesungguhnya kalian cuman harus berlaku profesional. 

Maknanya kalian harus pintar pisahkan permasalahan individual antar rekanan dengan permasalahan pekerjaan. 

Coba untuk hadapi tiap permasalahan dari pemikiran berbeda dan tidak mengikutsertakan emosi individual sebegaimana dalam komunikasi bisnis.

Itu barusan, Tips - Tips Komunikasi Di Tempat Kerjapaling efektif . Mudah-mudahan bisa berguna.