Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Pendapatan Perkapital Penduduk Suatu Negara

Administrasi - Pendapatan per kapita atau Pendapatan Per Kapita (PPK) sebagai cara untuk ketahui tingkat kesejahteraan penduduk dalam suatu negara. Karena hal itu dibuat dari pendapatan nasional yang dipisah dalam jumlah penduduk.

Oleh karena itu, melalui artikel ini kita  akan membahas berkenaan beberapa hal yang terkait dengan pendapatan dan cara menghitungnya. Di saat kamu ketahui cara menghitung pendapatan per kapita, minimal kamu dapat menyaksikan gambaran keadaan ekonomi di negara ini pada periode mendatang.

Apa Itu Pendpatan Perkapita ? 

Pendapatan per kapita ialah standard untuk melihat kemakmuran dalam suatu negara. Kerap juga dikenal dengan sebutan pendapatan rata-rata penduduk dalam suatu negara. Pendapatan rata-rata penduduk ini sebagai gambaran Produk Domestik Bruto (PDB) per kapita.

Oleh karena itu, di antara pendapatan nasional satu negara atau per kapita ke-2 nya memiliki hubungan yang kuat. Produk Domestik Bruto dapat digunakan untuk alat memperoleh pendapatan nasional.

Dalam soal ekonomi.  LDB ialah nilai pasar semua barang dan jasa yang dibikin suatu negara pada periode waktu tertentu. Dengan begitu, Produk Lokal Bruto memiliki ikatan kuat dengan pendapatan per kapita.

Kenapa Pendapatan Rata-rata Penduduk Perlu Dihitung?

 Alasan intinya, karena hal tersebut mempunyai peran yang perlu sebagai perhitungan standard ekonomi. Tanpa mengetahui pendapatan rata-rata penduduk, karena itu susah agar bisa mengetahui parameter ekonomi negara.

Jika sudah mengetahui pendapatan rata-rata penduduk. Karena itu parameter kesejahteraan dan pembangunan di satu negara bisa dijumpai. 

Dengan mengenali sistem menghitung pendapatan per kapita. Kamu akan bisa melihat gambaran pendapatan rata-rata yang didapatkan oleh setiap orang dalam suatu negara.

Hal itu tidak menyulitkan proses penyiapan. Khususnya dalam sektor ekonomi dan membuat suatu negara untuk maju dan berkembang cepat. 

Disamping itu, jika suatu negara memiliki angka pendapatan per kapita yang tinggi. Karena itu akan dilihat sebagai negara yang sejahtera di mata beberapa negara lain di dunia.

Dengan begitu, hal tersebut akan meningkatkan rasa bangga satu negara. Kebanggan itu akan tingkatkan rasa bahagia yang akan berpengaruh pada kemakmuran hidup masyarakatnya. 

Itu sebabnya menghitung pendapatan rata-rata penduduk ini harus dilaksanakan. Terutamanya untuk beberapa negara berkembang. Agar perkembangannya bisa teridentifikasi secara baik.

Bisa dipikirkan bila perkembangan ekonomi penduduk suatu negara tidak bisa terpantau secara baik. Karena itu negara akan kesusahan untuk memajukan kesejahteraan masyarakatnya. Karena tidak bisa melihat pendapatan rata-rata warganya.

Sesudah mengetahui betapa pentingnya menghitung pendapatan negara dalam jumlah penduduk rata-rata, karena itu kami akan menerangkan cara menghitungnya.

Bagaimana  Cara Menghitung Pendapatan Perkapita Penduduk ?

Hal penting yang perlu kamu kenali ialah pendapatan rata-rata penduduk itu bisa dihitung dengan 2 cara. Berikut ini sebagai cara yang sering digunakan untuk menghitungnya.

  • Pertama, dari yang sudah berlaku atau juga dikenal dengan pendapatan per kapita nominal.Ke-2 , dari harga masih (konstan) yang diambil berdasar tahun referensi atau juga dikenal dengan pendapatan per kapita riil.
  • Awalnya sudah kita kenali. Bila pendapatan per kapita ialah pendapatan rata-rata dari penduduk. Pendapatan rata-rata itu bisa dijumpai dengan cara membagi pendapatan nasional dalam jumlah penduduk dalam suatu negara.
  • Pendapatan nasional yang ditujukan di sini yakni Produk Nasional Bruto (PNB). PNB juga dikenal dengan Gross National Product (GNP). Produk Nasional Bruto ini berbeda dengan Produk Domestik Bruto.

Bedanya, Produk Nasional Bruto mengikutkan pendapatan komponen produksi di luar negeri. Saat itu, Produk Domestik Bruto hanya menghitung semua produksi suatu negara. Tanpa memprediksi apa produksi itu digerakkan dengan memakai komponen produksi dalam negeri atau mungkin tidak.

Produk Nasional Bruto ialah nilai produk dalam bentuk barang atau jasa yang didapat oleh penduduk dalam suatu negara (nasional). Dalam periode waktu satu tahun. 

Salah satunya hasil produksi barang dan jasa yang didapat oleh masyarakat negara yang berada di luar negeri. Tetapi hasil produksi perusahaan asing yang berpraktik di tempat itu tidak terhitung.

Perhitungan Nominal

Cara pertama bisa dijumpai dari Produk Nasional Bruto berdasar harga yang sedang berlaku. Silakan saksikan contoh di bawah ini.

Di satu negara, angka Gross National Product (GNP) pada tahun 2017 ialah sejumlah 1.300.567 miliar, dalam jumlah penduduk di tahun itu beberapa 262.000.000 jiwa. Karena itu seberapa banyak nilai pendapatan per kapita negara itu pada tahun 2017?

Penghitungannya ialah memakai rumus, Gross Domestic Product (GDP) harga yang berlaku dipisah jumlah penduduk. Maka hasilkan Pendapatan Per Kapita (PPK).

Niilai pendapatan per kapita nominal di negara itu di tahun 2017 hasilnya, PPK = 1.300.567 miliar dipisah dengan 262.000.000 jiwa. Karena itu hasilnya ialah 0.0049639961832061. Atau, Pendapatan Perkapita = 4.963.996 juta.

Perhitungan Riil

Angka Gross National Product (GNP) pada tahun dasar 2010 ialah sejumlah 500.000 miliar. Gross Domestic Product (GDP) untuk tahun 2019 ialah 1.200.567 miliar dan jumlah penduduk 362.000.000 jiwa. 

Karena itu nilai Pendapatan per kapita jika dihitung berdasar harga konstannya berapakah?

GDP tahun 2010 bisa dipakai karena jadi tahun dasar. Kamu bisa ketahui pendapatan per kapita itu dari memakai rumus: Pendapatan Per Kapita (PPK) = Produk Nasional Bruto harga stabil : Jumlah penduduk.

Hingga negara itu mempunyai nilai pendapatan per kapita nominal berdasar tahun dasar 2010 ialah: PPK = 500.000 miliar : 362.000.000 = 1.381.215 juta.

Dengan keterangan dan beberapa contoh di atas, apa kamu telah memahami dan mengerti berkenaan pendapatan per kapita? Harus dipahami jika usaha dan bisnis yang kita lakukan ikut memberikan dampak pendapatan per kapita di negara ini.

Karena itu, dengan meningkatkan usahamu sebaik-baiknya sampai maju, tidak cuma membantu dirimu sendiri. Tetapi lebih dari itu, kamu telah turut memengaruhi pendapatan per kapita di negara kita. Bila pendapatan per kapita negara alami kenaikan setiap tahun, karena itu negara bisa menjadi makmur dan sejahtera.

Berapa Pendapatan per kapita di  Indonesia ?

Menurut CNBC Indonesia, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan jika indonesia mempunyai rintangan besar dalam masa kerja lima tahun di depan sampai 2024. 

Seperti target makro pembangunan 2020-2024, Ida menarget Produk Lokal Bruto (PDB) per kapita Indonesia dapat tembus angka US$5.780-6.160 atau sama dengan Rp80-86 juta per kapita /tahun.

Angka ini semakin besar jika dibandingkan pendapatan per kapita yang dicatat oleh , Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, di mana, angka pendapatan per kapita Indonesia senilai US$ 3.927 atau seputar Rp56 juta per kapita /tahun di 2018.

Sekian Info bagaimana cara menghitung pendapatan perkapital

Post a Comment for "Cara Menghitung Pendapatan Perkapital Penduduk Suatu Negara"