Jenis - Jenis Kegiatan Ekonomi - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis - Jenis Kegiatan Ekonomi

Jenis - Jenis Kegiatan Ekonomi

Ekonomi - 
Ekonomi ialah pengetahuan sosial yang pelajari rutinitas manusia yang terkait dengan produksi, distribusi, dan konsumsi pada barang dan layanan. Istilah "ekonomi" sendiri berawal dari bahasa Yunani, yakni οἶκος (oikos) yang bermakna "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang bermakna "peraturan, aturan, hukum". Pada dasarnya, ekonomi disimpulkan sebagai "ketentuan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga". Sementara yang diartikan dengan pakar ekonomi atau ekonom ialah orang memakai ide ekonomi dan data dalam bekerja.

Sedang Kegiatan ekonomi ialah kegiatan yang dilaksanakan pribadi atau barisan untuk mendapatkan barang dan atau layanan buat penuhi tuntutan hidupnya dengan sama-sama mempertukarkan atau menggantinya dengan mata uang.

Kegiatan ekonomi manusia pada zaman dahulu ialah barter atau sama-sama mempertukarkan barang. Nelayan mengganti ikan hasil tangkapannya dengan beras dengan petani.

Nelayan pasti tidak dapat menanam padi di pantai. Begitupun petani yang ada di pegunungan, tidak dapat tiap hari tangkap ikan di laut.

Jadi transisi ikan dan beras membuat petani dan nelayan memperoleh barang yang diharapkan untuk penuhi tuntutan hidupnya.

Membawa barang untuk saling dipertukarkan, pasti menyusahkan. Sampai pada akhirnya disetujui pemakaian mata uang untuk transaksi bisnis penukaran. Tempat sama-sama bertemu pun, jadi pasar.

Sekarang, di zaman kekinian transaksi bisnis dilaksanakan memakai mata uang digital. Tanpa keluarkan uang logam atau kertas, untuk memperoleh barang dan layanan dapat dilaksanakan dengan transaksi bisnis elektronik.

Jenis - Jenis Kegiatan Ekonomi

Barusan telah kita bahas jika untuk penuhi keperluan dilaksanakan pertukaran dengan mata uang. Untuk penuhi keperluan itu, orang bekerja dengan bermacam cara. Misalnya, nelayan tangkap ikan. 

Petani menanam tanaman. Peternak memiara ayam, kambing, sapi dan bermacam tipe hewan yang lain.

Ada beberapa kegiatan ekonomi seperti perikanan, perindustrian, konstruksi, perhutanan, peternakan, pertambangan, layanan dan lain-lain. 

Aktivitas itu, dikelompokkan jadi 3 sektor yaitu produksi, distribusi dan konsumsi.

Berikut keterangan Jenis - Jenis  kegiatan ekonomi:

Kegiatan Produksi

Produksi ialah semua kegiatan yang hasilkan barang dan atau layanan dan menambahkan nilai buat satu barang dan layanan.

Petani menanam padi, menjaga tanamannya dengan memberikan pupuk, memetik padi. Selanjutnya memproses gabah jadi beras ialah kegiatan produksi. Pengrajin meja dan bangku, memproses kayu jadi kursi sekolah adalah kegiatan produksi.

Kegiatan produksi bukan hanya menghasilkan barang saja. Tapi juga jasa. Guru, penerjemah, dosen, jaksa ialah contoh kegiatan produksi jasa. Orang yang lakukan kegiatan produksi disebutkan produsen.

Kegiatan Distribusi

Barang dan layanan yang dibuat harus dihantarkan ke pasar atau ke pada pemakainya. beras hasil olahan petani di perdesaan, harus dibawa ke kota untuk diolah warga kota. Demikian pula udang hasil tangkapan nelayan, tentu saja harus dihantarkan ke pasar.

Kegiatan salurkan barang hasil produksi ini disebutkan kegiatan distribusi. Orang, kelompok, atau instansi yang lakukan distribusi disebutkan distributor. Aktivitas distribusi termasuk juga mengurus gudang sementara tempat barang dari produsen saat sebelum dihantarkan ke pemakainya.

Kegiatan Konsumsi

Konsumsi adalah aktivitas untuk kurangi satu nilai buat barang atau layanan. Misalnya, beras hasi produksi petani dibeli oleh sebuah keluarga sekitar 10 kg dan dibuat jadi nasi. Hasil produksi menyusut lewat konsumsi dari keluarga itu.

Pelaku berbentuk orang, kelompok atau instansi yang lakukan aktivitas konsumsi dikatakan sebagai customer. Customer, mencakup rumah tangga, pemerintahan dan perusahaan industri.

Tempat berjumpanya penjual dan konsumen untuk lakukan transaksi bisnis disebutkan pasar.

Usaha Bidang Ekonomi

Sumber daya alam itu jika diatur dalam kegiatan ekonomi bisa dikelompokkan dalam beberapa  jenis usaha diantaranya sebagai berikut ini:

  • Usaha original:
  • Usaha suggestion:
  • Usaha Upaya
  • Usaha  Agraris

Usaha agraris bergerak dalam pengendalian usaha tanah seperti pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan sebagainya. Dalam pengendaliannya, usaha ini terkait dengan kondisi alam seperti cuaca, cuaca, kondisi tanah, air, dan lain-lain.

Usaha Ekstraktif

Usaha ekstraktif kegiatannya memproses dan mengurus penggalian, ambil, kumpulkan kekayaan dari alam yang telah ada, seperti pertambangan, pengerjaan garam, dan budidaya mutiara.

Itu dia jenis jenis kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari hari semoga bermanfaat