Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keindahan Terasering Desa Marejen Lombok

Keindahan Terasering Desa Marejen Lombok

Lombok - Area persawahan rupanya juga bisa memikat buat didatangi pelancong. Misalkan, terasering yang berada di Ubud, Bali.

Menyaksikan bentangan sawah yang tersusun bertingkat ini membuat pelancong ketarik menginginkan  mengunjugi panorama alam  tersebut dengan membawa camera bahkan juga telusuri area persawahan tersebut untuk menikmati Sejuknya udara

Tetapi, tidak cuman Bali yang mempunyai terasering yang cantik. Di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), persisnya di Dusun Mareje, Sekotong tengah, pelancong bisa bentangan sawah berupa terasering yang cantik.

Keindahan Terasering Desa Marejen Lombok

Tentunya ini menjadi kabar baikni bagi para pecinta travelleing terutaman yang ada di pulau lombok sebab Terasering juga ada di lombok Nusata tenggara barat..

Memulai tulisan ini saya mulai memikir, kemungkinan patut negara kita tersayang namanya Indonesia ini dikukuhkan sebagai negara agraris. 

Keindahan Terasering Desa Marejen Lombok

Panggilan itu tentu saja bukan tanpa argumen dan sebab . Indonesia mempunyai luas tempat baku pertanian atau persawahan selebar 7,1 juta hektar tanah yang menghampar di semua penjuru negeri. Diantaranya yakni di Pulau Lombok.

Terasering Dusun Mareje Desa Cendi Manik, memiliki jarak seputar 30 km dari Kota Mataram dan memiliki jarak seputar 20 km dari Gerung pusat perkotaan Lombok Barat. 

Dusun mareje ini dikukuhkan sebagai dewa agraris untuk warga Sekotong. Ada di atas pegunungan, tidak membuat dusun ini kekurangan air. 

Saat musim kering, sebagian besar petani di Dusun Mareje telah membuat bak penampungan air untuk mengaliri sawah mereka. 

Keindahan Terasering Desa Marejen Lombok

Tidak cuma itu, dusun ini telah membuat beberapa bendungan kecil sebagai tempat memuat air saat hujan datang.

Sejumlah besar, saat musim penghujan datang, semua petani di Dusun Mareje ini sibuk di pematang sawah mereka. Karena, sebagian besar petani berlomba menanam padi. 

Saat musim penghujan air di dusun ini cukup melimpah. Tetapi tenang, tidak akan banjir hehe. Semua petani di dusun ini tidak pernah cemas bila harus gagal panen. 

Keindahan Terasering Desa Marejen Lombok

Saat intensif hujan turun, air yang dimuat cukup buat mengaliri sawah warga dusun mareje ini

Dusun mereje ini mempunyai kekhasan. Dari sisi dipenuhi oleh oleh masyarakat sebagai petani, ada beberapa masyarakat di Dusun Mareje profesinya sebagai pengembala kerbau dan sapi. 

Karena, sebagian besar gubuk mempunyai kerbau dan sapi. Konon dusun ini ialah penyuplai daging sapi di wilayah Kabupaten Lombok Barat.

Untuk ke tempat terasering Desa mareje ini tidak susah. Bila pergi dari Kota Mataram, anda lebih dulu ke arah Kecamatan Sekotong. 

Pas di pertigaan yang menghadapkan di antara jalan bawah Sekotong dan jalan Grepet (perbukitan), anda sesaat lagi akan mendapati jalan ke Dusun Mareje. 

Tidak jauh dari pertigaan itu, seputar memiliki jarak 2 km saja anda dapat mengambil arah kiri ke arah Dusun Mareje. Jalan ke arah dusun ini cukup unik. 

Melalui bukit-bukit yang cukup terjal hingga membuat perjalanan anda saat naiki beberapa tanjakan ke arah Dusun Mareje harus safety first karena harus melalui jalan di bukit-bukit.

Saat anda naiki tanjakan pertama ke arah Dusun Mareje anda akan disuguhi panorama Pantai Sekotong yang terlihat seperti teluk dibentengi beberapa pegunungan. 

Di atas tanjakan itu, travelovers dapat ambil spot berpose terbaik bila ingin mendokumentasikan peristiwa perjalanan.

Sesudah melalui tanjakan pertama, pelancong akan mendapati beberapa sawah terasering yang bisa disaksikan dari jalan di Dusun Mareje. 

Tidak hanya itu saja, kelebihan dusun mareje  ini, sebagian besar jalan yang kita susuri ialah jalanan aspal yang paling mulus. Karena, jalan ke Dusun Mareje telah diperbarui oleh pemerintahan setempat.

Parkir dan HTM

Keindahan Terasering Desa Marejen Lombok

Bila ingin ambil spot photo terbaik, pelancong dapat memarkir kendaraan di salah satunya rumah masyarakat di Dusun Mareje. Sebagian besar masyarakat di dusun mareje ini ramah dan bersahabat. 

Bila berbaik hati, pelancong dapat memberikan retribusi parkirkan sejumlah Rp 5.000 saja ke pemilik rumah masyarakat tempat anda memarkir kendaraan. 

Karena anda tentu ingin berkeliling-keliling menyaksikan sawah-sawah yang cukup menarik di dusun mareje ini.

Bila tidak mau dikenai biaya parkirkan, anda cukup memarkir kendaraan di tepi jalan. Karena letak terasering di Dusun Mareje pas ada di tepi jalan

Itu dia sedikit info tentang Terasering Di desa Marejen Lombok. Untuk anak - anak lombok jangan lupa ke desa merejen yah.

Share juga pada teman - temannya yang lain biar ada yang menemani dan tempat ini makin terkenal.