Pengertian Administrasi Sarana dan Prasarana serta Pelaksanaanya - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Administrasi Sarana dan Prasarana serta Pelaksanaanya

 

Pengertian Administrasi Sarana dan Prasarana Pelaksanaanya

Administrasi - Secara etimologi (asal mula kata) cabang pengetahuan ilmu bahasa yang pelajari asal mula satu kata prasarana bermakna alat tidak langsung untuk capai tujuan dalam pendidikan misalkan posisi/tempat, bangunan sekolah, lapangan olahraga dan lain-lain, sedang sarana ialah alat langsung untuk capai tujuan pendidikan ruangan, buku perpustakaan, labolatorium atk (alat catat kantor) dan lain-lain.

Sarana pendidikan terdiri dari tiga kelompok besar yakni:

  • Bangunan dan perlengkapan sekolah
  • Alat evaluasi yang terdiri dari pembukaan dan beberapa alat peraga atau laboratorium
  • Media pendidikan yang bisa dikelompokan menjadi audiovisual yang memakai alat trampil

Pengertian Administrasi Sarana Dan Prasarana

Administrasi sarana ialah segala hal yang bisa digunakan sebagai alat dalam capai tujuan atau maksud.

Sedang prasarana ialah segala hal yang disebut pendukung khusus terselenggaranya satu proses (usaha, pembangunan, project).

Jadi pengertian administrasi sarana dan prasarana merupakan semua proses aktivitas yang diperkirakan dan diupayakan secara menyengaja dan benar-benar dan pembinaan secara kontinyu pada beberapa benda pengajaran supaya selalu siap di gunakan PBM hingga efektif dan efesien buat menolong terwujudnya tujuan pengajaran yang sudah diputuskan.

Isi dokument administrasi sarana prasarana sekolah sebagai berikut ini:

  • Daftar Pembelian / Penyediaan Barang
  • Daftar Pemakaian Alat
  • Catatan Kondisi Barang
  • Kartu Fasilitas Laboratorium
  • Daftar Inventaris
  • Buku Induk Barang Inventaris
  • Buku Kelompok Barang Inventaris
  • Buku Catatan Barang Non Inventaris
  • Buku Peminjaman Barang

Sarana dan Prasarana Pengajaran di tinjau dari Peranan, Tipe, dan Karakternya.

di evaluasi dari perannya pada proses belajar mengajarkan berperan tidak langsung (kehadiranya tidak sanggat menentukan), sedang sarana pengajaran berperan langsung (kehadiranya sanggaht menetukan).

di tinjau dari karakternya bisa dibagi jadi sarana fisik dan non fisik. Evaluasi dari karakter barangnya bisa dibagi jadi barang bergerak (barang yang bisa dipindah) dan barang tidak bergerak (barang tidak bisa dipindah).

Kronologis ialah pengetahuan yang mem pelajari waktu atau sebuah peristiwa di saat tertentu-Oprasional aktivitas Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan Perencanaan Pengandaan Barang.

Perencanaan atau acara (rencana/programing) ialah pengetrapan secara terstruktur daripada pengetahuan yang pas buat untuk mengatur dan tentukan arah kecendrungan pengubahan, menuju ke arah yang sudah dietapkan. 

Satu aktivitas administrasi pasti dengan diawali satu rencana yang masak dan baik dilaksankan untuk menghindar terjadi kekeliruan dan ketidakberhasilan yang tidak diharapkan.

Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan

Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan lewat pembelian sebagai tindak lanjut eksekutor DIP (Daftar Isi Project) DIK (Daftar Isi Aktivitas) dilaksanakan dengan mekanisme lelang/tender yang dituruti oleh beberapa relasi, untuk menghindar bermacam kemungkinan yang tidak diharapkan seperti penyimpangan, pertaruhan, kecurangan dan tindakan-tindakan yang tidak bagus.

Pengandaan Barang

Pengandaan adalah semua untuk menyediakan seluruh kebutuhan barang/benda/layanan untuk kepentingan penerapan pekerjaan. Searah dengan perbincangan didepan karena itu pengandaan sarana dan prasarana dilaksanakan sebagai berikut ini:

Pengandaan tanah

Untuk penngandaan tanah bisa dilakasnakan dengan beli, terima hibah, terima hak pakai atau menukar

Pengandan bangunan

Untuk pengandaan bangunan ini bisa dikerjakan dengan membuat/membangun bangunan baru, beli,sewa

Pengandaan prabot

Langkah pengandaan prabot bisa dilaksanakan dengan beli, membuat sendiri, atau terima kontribusi/bantuan

Pengandaan kendaraan/bantuan

Pengandaan anjuran pengajaran, beberapa alat kantor dan beberapa alat catat kantor

Penyimpanan

Sesudah pengandaan barang terealisasikan, karena itu aktivitas seterusnya yang dilaksanakan adalah memuat/mewadahi hasil penyediaan-pengadaan barang itu untuk keamananya, baik yang masih belum atau yang akan di distribusikan disebutkan penyimpanan.

Untuk kepentingan penyimpanan barang umumnya dipakai gudang untuk menyiapkan gudang penting diingat beberapa faktor pendukungnya seperti posisi, kontruksi, dan ketetapan tatanan letak barang di dalamnya sesui tipe dan karakter barangnya.

Inventaris

Inventaris merupakan aktivitas untuk menulis dan membuat daftar beberapa barang/bahan yang ada dengan teratur menurut ketetapan yang berjalan. 

Inventaris memberikan saran yang sanggaht bernilai dan bermanfaat untuk efektifitas pemrosesan fasilitas dan prasarana, seperti rencana, riset keperluan, pengandaan, penyimpanan, pendistribusian, perawatan, rehabilitas, dan penghilangan

Pendistribusian

Pendistribusian adalah aktivitas yang tersangkut perpindahan dan tanggungjawab dari intansi/pemegang yang satu ke intansi/pemegang lainnya di pada lingkungan yang sempit seperti lingkungan fakultas, karena itu aktivitas pengeluaran ini bisa berbentuk pembagian atau aktivitas membagi/keluarkan barang seperti keperluan

Perawatan

Supaya tiap barang yang kita punyai selalu bisa berpungsi dan dipakai secara lancar tanpa banyak memunculkan masalah/kendala, karena itu beberapa barang itu perlu dirawat dengan baik dan kontinu. Untuk menghindari ada beberapa unsur penggangu/penghancur. 

Aktivitas perawatan bisa dilaksanakan menurut ukuran waktu dan menurut keadan barang.

Rehabilitasi

Baik beberapa barang yang bergerak atau beberapa barang yang tidak bergerak yang kita gunakan memang tidak ada yang kekal atau lepas dari keruasakan. Walau sudah kita kerjakan perawatan secara setiap hari dan secara periodik.

Rehabilitasi adalah aktivitas untuk membenahi barang dari kerusakan dengan pergantian suku cadangnya supaya barang itu bisa dipakai kembali hingga memiliki daya gunakan yang semakin lama.

Penghapusan

proses aktivitas yang mempunyai tujuan untuk keluarkan/hilangkan beberapa barang milik negara berdasar ketentuan perundang-undangan yang berjalan disebutkan penghapusan.

Penghapusan sebagai salah satunya peranan administrasi sarana pendidikan memiliki makna:

Menahan batasi kerugian/pemborosan ongkos untuk kepentingan perawatan beberapa barang yang makin jelek keadaannya, Mengurangi beban kerja dan tanggungjawab eksekutor inventaris,

Melepaskan unit organisasi dari pengurusan dan pertanggungjawaban barang yang tidak di produktif kembali,

Melepaskan ruang atau kasusngan kantor dari penimbunan beberapa barang yang tidak dipakai kembali.