Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Public Relation Dan Humas Serta Tujuannya

Perbedaan Public Relation Dan Humas Serta Tujuannya
Perbedaan Public Relation Dengan Humas

Komunikasi - 
Bila diperhatikan  dari bahasa yang dipakai, Humas dan public relation ini banyak yang memandang sebagai hal yang sama, cuman berbeda jenis dan bahasanya saja. Tetapi taukah kalian bila ke-2 ini rupanya mempunyai fungsi atau pekerjaan yang berbeda?

Nah untuk menambahkan wawasan kalian, di kesempatan berikut akan disampaikan mengenai perbedaan humas dan public relation yang penting kalian kenali. Karena pada keadaan sesungguhnya, masing-masing mempunyai pekerjaan yang berbeda dalam organisasi atau perusahaan.

1. Public Relations (PR)

Saat sebelum lanjut dalam ulasan pokok, sebaiknya kita ketahui dahulu pengertian dari humas dan public relation itu. Pertama adalah pengertian public relation, di mana ini sebuah kegiatan atau program yang digerakkan secara berkelanjutan oleh sebuah instansi atau perorangan.

Peranan public relations dalam perusahaan atau organisasi yaitu mengusahakan supaya terciptanya sebuah hubungan yang bagus dengan public. 

Umumnya ini berlaku supaya diberi kelancaran dalam menjalin kerja sama dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh yang bersangkutan.

Sementara itu, pengertian dari public relation menurut beberapa ahli komunikasi diantaranya:

Menurut Betrand R. Canfield

Public relation ialah sebuah fungsi manajemen yang bekerja menilai sikap public, mengenali peraturan atau ketentuan seorang maupun instansi untuk kebutuhan public, dan melakukan sebuah program atau aktivitas untuk memperoleh pengertian dan penerimaan public.

Menurut J.C. Seidel

Public relation ini ialah sebuah proses yang bertahap dari usaha manajemen guna memperoleh niat baik dan pemahaman dari konsumen, karyawan, atau public. Ini dilaksanakan dengan melangsungkan analisis dan pembaruan dalam diri sendiri, atau melangsungkan pertanyaan ke public.

Menurut Howard Bonham

Public relation ini ialah sebuah seni untuk membuat pemahaman public yang lebih bagus, dan dapat perdalam kepercayaan public ke seseorang atau pada suatu instansi atau perusahaan.

Fungsi Public Relation

Menurut Maria (2002, 31), public relation ini ialah sebuah bagian dari 1 nafas yang serupa dalam suatu instansi itu, dan harus memberi identitas instansi dengan benar dan tepat dan dapat mengkomunikasikannya hingga kelak public juga dapat memberi kepercayaan dan mempunyai pemahaman yang pasti dari instansi itu.

Dan di bawah ini beberapa fungsi dari public relation yang dapat menggambarkannya:

  • Sebuah kegiatan yang maksudnya ialah memperoleh niat baik, keyakinan, citra baik, dan ada pengertian dari public atau warga dalam sebuah instansi
  • Mempunyai saran untuk membuat teori dalam pendapat public yang dapat diterima dan memberikan keuntungan untuk semua pihak
  • Sebuah usaha untuk membuat hubungan yang serasi di antara instansi atapun perusahaan dengan publik, dan membuat pendapat public sebagai efeknya, dan tentu akan benar-benar bermanfaat sebagai input untuk perusahaan atau instansi terkait
  • Sebuah elemen utama dalam manajemen supaya mencapai tujuan yang detil dan seperti keinginan public, serta merupakan keunikan instansi atau perusahaan. Sangat penting bagaimana perusahaan ini mempunyai warna, budaya, citra, dan performa yang meningkat.

Sementara Betrand R. Canfield dalam bukunya yang dengan judul Public Relations, Principles and Problems menyampaikan 3 fungsi dari public relation, diantaranya:

  • Memelihara komunikasi yang bagus
  • Berbakti pada kebutuhan umum
  • Mengutamakan kepribadian dan perilaku yang bagus

2. Hubungan Masyarakat (Humas)

Hubungan masyarakat atau Humas ini ialah sebuah aktivitas atau kegiatan dari public relation yang pekerjaannya menangani hubungan di antara public dengan perusahaanya. Humas adalah seni membuat pengertian public yang lebih bagus hingga dapat memperoleh keyakinan public pada pribadi atau organisasi.

Peranan humas pada proses internalisasi budaya organisasi ini penting dan memberi dampak yang cukup kuat pada instansi atau perusahaan yang diatasi, ditambah jika benar ada hubungannya dengan warga seperti produksi barang, atau memperoleh simpati dari masyarakat.

3. Perbedaan Humas dan Public Relation

A. Public Relations

Bagi Individu

Tiap-tiap orang public relations ini bermanfaat untuk membuat citra dari orang itu, hingga dia dapat mengenal dirinya sebenarnya dan bagaimana posisinya. Dengan demikian ia dapat jalani relasasi dengan sesama dan membuat wadah saling percaya.

Untuk organisasi

Public relations ini bermanfaat untuk membuat citra perusahaan. Disamping itu citra perusahaan ini berada pada anggota atau pegawainya, bila tiap orang sanggup menjaga citra masing-masing karena itu sebuah perusahaan akan mudah untuk bekerja bersama dengan perusahaan lain.

B. Humas

Komunikator

Humas adalah orang yang menjadi komunikator langsung atau mungkin tidak, dapat lewat media cetak atau elektronik. Dalam masalah ini pekerjaannya adalah menyampaikan pesan yang diberi oleh pihak perusahaan ke public.

Pembina Relasi

Relasi yang ditujukan di sini yaitu hubungan perusahaan dengan publik atau dengan perusahaan dengan pegawai secara intern. Tujuan dari ini ialah supaya masih terjaganya hubungan baik hingga dapat membuat pemahaman, suport, keyakinan dan toleransi.

Back up Management

Humas ini mempunyai peranan sebagai simpatisan keberhasilan management dalam sebuah instansi secara detail. Aktivitas yang ditujukan ini ialah seperti promo, operasional perusahaan, sumber daya manusia, marketing, dan ada banyak lagi supaya tercapainya tujuan perusahaan.

Ada bermacam jenis hal yang bisa kalian perhatikan untuk bisa melakukannya secara baik, seperti yang terjadi di bagian marketing, di mana pelaku harus bisa pahami perubahan marketing dari periode ke periode, supaya masih dapat berkompetisi dengan yang lain.

Pembuat Pencitraan yang Baik

Humas mempunyai pekerjaan memberi pencitraan baik pada suatu instansi. Ini dapat berbentuk reputasi, prestasi, sekalian jadi pekerjaan utama dalam lakukan manajemen kehumasan untuk membuat citra baik perusahaannya.

Demikian dulu pembahasan mengenai perbedaan humas dan public relation, mudah-mudahan info ini berguna dan menambahkan wacana kalian. Ketahui berkaitan peranan public relation dalam pembangunan pendapat publik yang kerap kali jadi senjata oleh kalangan tertentu untuk mendesak lawannya

Post a Comment for "Perbedaan Public Relation Dan Humas Serta Tujuannya"