Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kartu ATM Rusak ? Cara Mengurus dan Biaya Kartu ATM Rusak

Kartu ATM Rusak ? Cara Mengurus dan Biaya Kartu ATM Rusak
Kartu ATM Rusak ? Cara Mengurus dan Biaya Kartu ATM Rusak

Bank 
- Buka rekening tabungan bank mungkin sekarang ini jadi salah satu kewajiban untuk tiap orang termasuk kalian. Dengan membuat rekening tabungan ini nanti kalian akan memperoleh buku rekening dan kartu ATM/debet yang akan mempermudah dalam soal transaksi.


Fungsi kartu ATM ini sangat sangat penting dalam kepentingan transaksi kalian di mesin ATM. Dengan demikian menyimpan kartu ATM kalian dengan baik supaya tidak hancur atau raib jadi hal yang perlu kalian kerjakan agar nantinya terganggu


Janganlah sampai kartu ATM kalian rusak dan mengakibatkan tidak bisa melakukan transaksi di mesin ATM pada  saat saat yang diperlukan. 


Bila sampai alami permasalahan rusaknya kartu ATM karena itu kalian perlu mengurusinya kembali di kantor cabang seperti halnya  rekening bank-nya.


Dengan begitu maka kalianpun perlu ketahui penyebab, cara mengurus atau menangani dan biaya dibutuhkannya. Dalam pengurusan kartu rusak ini nanti kalian akan di berikan biaya pergantian kartu baru.

Cara dan Biaya Mengurus Kartu ATM Rusak 


Dalam soal kartu ATM rusak sesungguhnya cara tangani atau menanganinya gampang yakni dengan cara datang ke kantor cabang bank terdekat (sesuai bank). 


Tetapi saat sebelum berlanjut berkenaan cara mengurusi dan yang lain, sebaiknya kenali pemicunya lebih dulu kenapa kartu ATM bisa rusak.

Apa Saja Penyebab Kartu ATM Rusak  ?


Penyebab rusaknya  kartu ATM ada bermacam factor pemicunya, di mana membuat kartu ATM tidak bisa dipakai untuk transaksi di mesin ATM. Berikut sejumlah pemicu umum jadikan kartu ATM kalian  rusak diantaranya :

1. Terblokir


Terkadang banyak para nasabah bank alami permasalahan semacam ini, bahkan juga sering nasabah alami permasalahan ini beberapa kali. 


Biasanya pemicu terblokir tersebut karena oleh nasabah salah masukkan 6 digit PIN saat bertransaksi di mesin ATM.


Keliru dalam masukkan PIN ATM sekitar 3x beruntun akan secara automatis kartu ATM nasabah akan  terblokir, hingga kartu ATM tidak dapat dipakai untuk bertransaksi. Mungkin ini jadi salah satu penyebab kerusakan kartu ATM sering atau umum terjadi.

2. Kartu ATM Retak



Retaknya kartu ATM mungkin kadang jarang-jarang disadari oleh beberapa pemakainya. 


Tetapi biasanya berlangsungnya retak pada kartu ATM disebabkan karena factor yang tidak sengaja seperti meletakkannya di dompet dan dimasukkan ke saku sisi belakang lalu dibawa duduk. 


Automatis dompet yang ada kartu ATM itu tertekan dan muncul retak-retak.

3. Kartu ATM Cacat 


Sama seperti penyebab kartu rusak di atas, penyebab ini kadang jarang di ketahui permasalahan utamanya. Tetapi kemungkinan kartu itu terkena beban yang lumayan berat jadikan kartu ATM berubah fisik atau cacat. 


Kecacatan kronis adalah saat sisi pita hitam pada kartu ATM itu tergesek atau luka, karena bila sampai cedera karena itu kartu ATM dapat dipastikan tidak bisa dipakai.

4. Kartu ATM Terkena Magnet 


Pada penyebab kartu hancur seterusnya juga bisa disebabkan karena terkenanya magnet di bagian kartu ATM. Meskipun kartu ATM terkena dan ketarik medan magnet lumayan kuat dalam waktu sesaat jadi tidak akan membuat kartu akan cepat rusak.


Di mana yang membuat kartu rusak tersebut bila terkena atau ketarik medan magnet dengan waktu lumayan lama atau dapat disebutkan sering. Dengan demikian mengantisipasi kartu ATM kalian supaya terjauh dengan medan magnet yang ada.

 5. Kartu ATM Basah 


Mempunyai penampilan fisik yang cukup mudah untuk di bersihkan saat terkena air, kartu ATM masih dapat memiliki masalah saat terkena air dalam kurun waktu lumayan lama. 


Disamping itu penyimpanan kartu ATM di dompet yang lembab bisa juga mengakibatkan rusaknya kartu apa lagi dalam saat yang lumayan lama.

 6. Kartu ATM Terkena Panas 


Temperatur yang panas bisa juga jadi satu dari jumlahnya penyebab kartu debet kaliqn rusak. Tetapi bila panas karena terbakar kemungkinan itu jadi penyebab yang tidak dapat ditolerir karena dari wujud fisiknya saja tentu sudah hancur dan tidak dapat digunakan dan dipakai transaksi pada mesin ATM.

Cara Mengurus Kartu ATM Rusak 


Sesudah mengetahui penyebab dan factor kartu jadi hancur tentunya kalian berkeinginan untuk cepat mengurusi kembali kartu ATM itu agar dapat dipakai untuk bertransaksi kembali. 


Nach dalam masalah ini kalian para nasabah cuman mempunyai satu cara yang bisa dipakai untuk kembalikan kartu ATM rusak, di mana triknya yakni dengan mendatangi kantor cabang bank.


Rusak fisik memang seharusnya mengganti kartu yang baru di kantor cabang, tetapi ada banyak bank yang mewajibkan untuk menukar kartu ATM baru meskipun cuman terblokir PIN-nya saja. 


Dalam mengurusi ATM rusak tersebut dapat disebutkan cukup mudah dan simpel di mana kalian para nasabah hanya perlu membawa document misalnya:


  • Kartu Identitas Diri (KTP/KITAS/SIM/Paspor).
  • Kartu ATM yang akan ditukar sebagai tanda bukti.
  • Buku rekening tabungan sebagai tanda pemilikan kartu yang rusak.

Bila ke-3 persyaratan document itu telah ada karena itu kalian dapat segera mengurusinya di kantor cabang sesuai bank-nya.


Jika karena  hilang kalian harus mengikutkan surat info kehilangan di mana didapat di kantor kepolisian. Sedang untuk mengurusi kartu rusak hanya perlu mendatangi kantor cabang dengan bawa document di atas. Nach untuk cara atau langkah mengurus kartu ATM rusak sendiri seperti berikut.


  • Persiapkan document seperti KTP, buku tabungan, kartu yang hancur.
  • Kemudian datang ke kantor cabang (sesuai bank).
  • Sesampai dikantor langsung mengambil nomor antrean.
  • Tunggu hingga nomor kalian dipanggil oleh petugas atau customer servis.
  • Bila datang giliran di panggil karena itu langsung temui petugas atau customer servis. lantas sampaikan tujuan kehadiran kalian yakni ingin mengurusi kartu ATM yang rusak.
  • Kemudian petugas akan menolong mengolah dengan minta persyaratan tadi.
  • Tunggu sesaat sampai petugas atau customer servis usai mengolahnya. Kemudian kalian akan diberi kartu ATM yang baru.


Berapa Biaya Ganti Kartu ATM Karena Rusak ?


Dalam mengurusi pergantian kartu ATM baru tersebut tentunya ada banyak hal yang penting dipersiapkan oleh kalian selain persyaratan itu tadi. 


Yang perlu dipersiapkan yakni biaya penggantian kartu ATM karena dikarenakan oleh rusaknya fisik kartu ATM.


Biaya ganti kartu ATM baru sendiri dapat disebutkan berbeda tergantung masing-masing bank. Di mana beberapa bank yang berada di Indonesia seperti bank BRI, Mandiri, BCA, BNI, CIMB Niaga dan bank yang lain memberi perbedaan, bahkan juga ada yang membebaskan biayanya.


Tetapi pada umumnya besaran dapat ganti kartu debet rusak tidak begitu mahal. Di mana kaliqn para nasabah perlu mempersiapkan biaya sekitar di antara Rp 0 sampai Rp 25.000 + biaya materai, bila kalian tidak bawa uang cash maka kalian dapat memotong uang dari rekening tabungan.

Tips Menyimpan Kartu ATM Supaya Tidak Cepat Rusak 


Untuk memperhitungkan permasalahan semacam ini kartu ATM hancur karena itu kalian harus mempunyai tips untuk menyimpan. Nach berikut sejumlah tips yang perlu diperhatikan


  • Saat pertama kali kalian buka rekening tabungan tentunya akan memperoleh kartu ATM juga. Kondisi kartu ATM itu nanti tentunya pada keadaan yang paling mulus dan terlapisi oleh plastik. Supaya kartu ATM tidak gampang lecet dan atau tergesek karena itu upayakan janganlah sampai plastik itu lepas.
  • Tidak boleh menimbun kartu ATM saling bertemu. Ini untuk memperhitungkan magnet yang berada di barcode itu cepat rusak.
  • Untuk menghindar kartu ATM patah sebaiknya taruh di dompet dan dompet itu simpan di tas. Hal tersebut menghindar bila kaliqn menyimpan dompet berisi kartu ATM di saku, khususnya saku sisi belakang yang paling rawan sekali.
  • -Jauhi penyimpanan kartu ATM dengan benda yang lain mempunyai material lumayan keras, supaya kartu ATM tidak tertekan-tekan (benturan) yang menyebabkan kartu rusak.
  • -Upayakan selalu simpan kartu ATM di lokasi yang aman.


FAQ



1. Apa Kartu ATM Bengkok Masih Dapat Dipakai?

Kartu ATM melengkung selanjutnya diluruskan kembali masih bisa dipakai. Yang tidak dapat dipakai yakni saat kartu ATM retak di bagian pita hitam/magnetic.


2. Apa Kartu ATM Terblokir Dapat Terima Transferan?

Masih dapat terima transfer dari pihak lain, kecuali bila rekening kalian yang terblokir karena itu kalian tidak dapat mentransfer.


3. Berapakah Lama Pergantian Kartu ATM Baru?

Pergantian kartu ATM baru di kantor cabang dapat usai pada hari itu juga.


Demikian info yang dapat kami berikan berkenaan cara mengurus dan besaran biaya yang diperlukan saat kalian ingin lakukan penggantian kartu ATM baru karena rusak. 


Mudah-mudahan info di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk semuanya yang memerlukannya.

Post a Comment for "Kartu ATM Rusak ? Cara Mengurus dan Biaya Kartu ATM Rusak"