Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN : BRI, BNI, BCA - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN : BRI, BNI, BCA


Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN - Pemakaian sistem transaksi pembayaran non-tunai milik asing seperti Visa, Mastercard dan yang lain oleh bank nasional. Mungkin telah berjalan dari beberapa puluh tahun yang  lalu.

Tetapi semenjak 2018 lalu, pemerintahan Indonesia mengeluarkan kartu ATM dengan simbol GPN. Tetapi hingga saat ini lebih banyak beberapa pengguna lama kartu ATM seperti visa, Mastercard dan yang lain belum menukar Kartu ATM-nya.

Nach, untuk kalian nasabah yang berkemauan ingin mengganti atau pertama kalinya pembukaan rekening tabungan dan pilih kartu ATM GPN. Lebih dulu perlu ketahui kelebihan kekurangan atau untung rugi dari kartu ATM GPN tersebut.

Dengan demikian pada kesempatan ini kita akan berikan info tentang kelebihan atau keuntungan dari kartu ATM/debet GPN. Pasti berkenaan kekurangan atau kelemahan dari kartu ATM GPN.

Untuk lebih jelas berkenaan kelebihan dan kekurangan kartu ATM GPN tersebut. Dibawah ini akan membahas dengan jelas dan tuntas mengenai hal tersebut , jadi terus baca artikel kelebihan dan kekurangan kartu ATM ini sampai akhir. Supaya kalian jelas akan kelebihan dan kekurangannya apa saja.

Apa Itu GPN ? 

Kelebihan Kekurangan Kartu ATM GPN : BRI, BNI, BCA

GPN ialah kepanjangan dari Gerbang Pembayaran Nasional, di mana sebuah mekanisme transaksi non-tunai di mana dibuat seaman dan seefisien mungkin. 

Yang mana GPN mempunyai tujuan untuk menyambungkan bermacam jalur pembayaran secara nasional dan dapat dipakai oleh semua warga Indonesia.

Bank Indonesia (BI) dengan berbagai bank lainnya di Indonesia sudah mendatangkan kartu debet dengan simbol nasional yakni gambar burung garuda yang diperlengkapi dengan tehnologi chip (National Indonesian Chip Card Specification/NISCCS).

Maksudnya sendiri yakni membuat perlindungan data dan transaksi keuangan nasabah di semua Indonesia tanpa melalui jaringan luar negeri lagi. 

Jika dahulu bayar dengan kartu ATM harus memakai mesin Electronic Data Capture atau EDC dari bank yang mengeluarkan kartu debet itu, saat ini tidak.

Kelebihan Kartu ATM GPN 

Bicara berkenaan kelebihan atau keunggulan dari kartu ATM GPN, dapat disebutkan lumayan banyak. Tetapi dari jumlahnya untung atau kelebihan itu ada nasabah bank di Indonesia belum mengetahui dengan jelas berkenaan apa segi kelebihan itu. 

Nach berikut akan disampaikan beberapa kelebihan yang berada di kartu ATM GPN, seperti :

  • Untung/kelebihan pertama dari GPN yakni dapat menolong tingkatkan keuangan inklusif dan meningkatkan sistem perdagangan nasional berbasiskan tehnologi e-commerce.
  • GPN dapat tingkatkan pelindungan konsumen dengan penyelamatan data transaksi nasabah.
  • Warga tak perlu lagi bawa uang tunai karena semua proses transaksi pembayaran lokal dapat digerakkan dengan interkoneksi (sama-sama tersambung) dan interoperabilitas (sama-sama dioperasionalkan).
  • Kelebihan seterusnya yakni pihak merchant tak perlu memakai banyak mesin EDC untuk proses pembayaran hingga waktunya lebih efektif.
  • Mulai menekan anggaran operasional dan investasi tehnologi seperti mesin ATM dan mesin EDC. Hingga biaya transfer, tarik tunai, dan komisi pembelian semula ditanggung ke nasabah akan menyusut.
  • Nasabah dapat memakai kartu ATM dan mesin EDC dengan logo GPN untuk lakukan transaksi di semua saluran pembayaran di semua Indonesia. Dengan demikian, mesin ATM dan mesin EDC nanti akan mudah diketemukan di pusat belanja.
  • Nasabah tak lagi dikenai biaya oleh merchant saat lakukan transaksi non-tunai karena telah mendapatkan Merchant Potongan harga Rate.
  • Pemerintah dapat melakukan program Government to Individu (G2P) seperti pendistribusian bansos non-tunai. Juga bisa melakukan Individu to Government (P2G) seperti program elektronifikasi jalan tol dan transportasi lengkap.
  • Diwujudkannya mekanisme bertransaksi nasional yang aman, efektif dan nyaman. Ini sesuai perubahan tehnologi yang diperlengkapi feature keamanan berstandar nasional yang dilaksanakan dalam negeri lewat jaringan transaksi lokal.
  • Kelebihan yang selanjutnya dari kartu ATM GPN yakni transaksi melalui mesin EDC yang dahulunya dikenai biaya 2 - 3% saat ini jadi 1% per transaksi.

Kekurangan Kartu ATM GPN 

Sesudah bicara berkenaan kelebihan sudah pasti kartu ATM GPN mempunyai kekurangan. Lalu apa kekurangan yang dipunyai kartu ATM GPN tersebut? Ada beberapa kekurangan dari kartu dengan logo GPN dari bermacam bank nasional. Berikut kekurangan pada umumnya kartu ATM GPN tersebut, misalnya:

  • Rugi/kekurangan pertama yakni pihak perusahaan keuangan nanti akan alami potensi rugi. Hal tersebut karena ke-2 nya harus cetak dan mengeluarkan kartu ATM dengan logo GPN sebagai ganti kartu dengan logo Visa atau Mastercard.
  • Kekurangan lain yakni kartu ATM dengan logo GPN tidak dapat dipakai untuk pembayaran e-commerce. Misalnya pembelian barang di luar negeri lewat Ebay, Amazon, Alibaba dan yang lain.
  • Kekurangan kartu ATM dengan logo GPN selainnya di aman kartu ATM GPN masih berlakukan cost administrasi bulanan seperti kartu dengan logo Visa atau Mastercard. Besarab biayanya berbeda tipis yakni sekitar Rp 1.000 - Rp 2.000.
  • Kartu ATM GPN tidak dapat dipakai bertransaksi pembayaran di luar negeri, baik itu melalui mesin ATM atau mesin EDC.
  • Rugi/kekurangan paling akhir yakni berkurangnya penghasilan dari fee yang awalannya ditanggung ke merchant sekitar 2 - 3% jadi 1%.

 FAQ 

1. Bagaimana Cara Memperoleh Kartu ATM GPN?

Bila ingin tukar kartu ATM Visa, Mastercard, dan yang lain ke ATM dengan logo GPN, nasabah perlu datang ke bank cabang terdekat.

2. Apa Langsung Jadi Saat Itu Saat Lakukan Penggantian Kartu ATM Dengan logo GPN?

Tidak. Kartu ATM/debet GPN bisa diminta reguler dan bisa diambil sepanjang 14 hari sesudah hari penggantian.

3. Apa Kartu ATM GPN Dapat Memakai Mesin EDC Lain?

Semua kartu ATM GPN yang diedarkan, bisa memakai mesin EDC dari bank yang lain.

Demikian tentang  info kekurangan dan kelebihan  yang berkenaan dari kartu ATM/debet dengan logo ATM. Mudah-mudahan adanya info kelebihan kekurangan di atas, bisa berguna dan bermanfaat untuk siapa yang memerlukan.