Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan dan Menguntungkan - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Bisnis - 
Usaha Kecil-Kecilan yang Menjanjikan - Tidak boleh meremehkan usaha skala kecil, sebab bisa jadi suatu saat usaha itu akan berharga miliaran suatu saat nanti. Kemungkinan itu menjadi salah satunya nasihat untuk Anda yang menyepelekan usaha skala kecil atau untuk Anda yang ragu untuk mengawali usaha skala kecil.

Kemungkinan Anda rasakan sendiri jika tuntutan hidup makin hari makin bertambah, entah itu dari factor Anda sendiri yang membutuhkan semakin banyak beberapa barang pemuas kebutuhan atau dari factor eskternal seperti peningkatan cost hidup akibatnya karena naiknya bermacam harga barang.

Tidak salah ini jadi permasalahan tertentu, apalagi bila Anda hanya mempunyai pendapatan yang pas-pasan, pasti pendapatan dan tuntutan hidup akan kebalikannya. Karena itu salah satu langkah untuk menangani permasalahan itu dengan cari pendapatan lain.

Banyak cara yang dapat dilaksanakan untuk menambahkan pendapatan setiap hari, dapat itu dengan menambahkan jam kerja (lembur) Anda diperusahaan atau juga bisa dengan jalankan bisnis sambilan. Tetapi jalankan bisnis bukanlah tanpa masalah, banyak masalah yang mungkin akan dijumpai, diantaranya ialah masalah modal.

Dengan pendapatan yang pas-pasan pasti modal usaha bisa menjadi masalah yang lumayan besar. Berbeda cerita bila Anda mempunyai pendapatan yang besar, pasti Anda akan bebas jalankan bisnis tanpa pikirkan modal usaha yang diperlukan.

Oleh kerena itu, dengan pendapatan yang pas-pasan Anda perlu jeli saat menentukan usaha yang selain dengan modal kecil tapi juga menjanjikan. Dalam masalah ini ada banyak usaha yang selain dengan modal kecil tapi juga menjanjikan yang dapat Anda lakukan. Berikut sejumlah usaha skala kecil yang menjanjikan dan menguntungkan :

1. Usaha Kecil-Kecilan Makanan Ringan

Usaha skala kecil yang prospektif yang pertama ialah usaha camilan (makanan ringan). Usaha ini selain dengan modal kecil janjikan karena pecintanya yang banyak. Seluruh orang tentu menyenangi camilan, selain nikmat harga relatif mudah dan gampang didapat. 

Camilan kerap jadi sebagai cemilan disaat senggang, saat melihat film, atau di saat bergabung dengan rekan atau keluarga.

Bermodalkan yang relatif kecil dan dengan kekuatannya yang paling prospektif, beberapa orang yang telah sukses jalankan bisnis ini, bahkan juga ada yang dapat hasilkan beberapa ratus juta rupiah /bulannya cuman dengan usaha jualan camilan.

Camilan sendiri ada beberapa macamnya, misalnya keripik singkong, keripik tempe, keripik kentang, makaroni, molring, dan lain-lain. Anda tinggal pilih tipe camilan yang di rasa menjanjikan dan pas menurut Anda. 

Atau Anda bisa juga pilih Makanan Ringan Ciri khas Daerah sebagai alternative-nya. Dalam masalah ini lihatlah customer yang anda incar kurang lebih mereka akan menyenangi camilan seperti apakah atau Anda dapat bertanya langsung dari mereka, itu lebih bagus. Sesudah mengetahuinya, Anda langsung bisa buka usaha Anda.

Sementara itu beberapa hal yang penting diingat dalam jalankan bisnis ini salah satunya ialah rasa, kualitas, dan harga. Anda harus dapat minimum mempunyai ke-3 keunggulan itu dalam produk camilan Anda, karena ke-3 factor itu umumnya jadi factor pemasti konsumen akan beli atau mungkin tidak camilan yang ditawarkan.

2. Usaha Kecil-Kecilan Counter Pulsa dan Paket Internet

Di zaman digital saat ini, pulsa dan paket internet jadi keperluan yang penting karena tanpa dia handphone semahal apapun tidak berfungsi secara penuh. Ditambahkan lagi transisi info saat ini nyaris semua lewat digital dalam makna memerlukan pulsa dan internet supaya bisa berjalan. Disamping itu saat ini nyaris tiap orang mempunyai smartphone, hingga Anda dapat pikirkan begitu menjanjikannya usaha ini.

Disamping itu usaha ini dapat dilaksanakan bermodalkan yang kecil, bahkan juga bermodalkan beberapa ratus ribu rupiah juga Anda dapat mengawali usaha ini. Coba dengan jual pulsa kesemua orang disekitar Anda sekalian tawarkan paket internet. 

Bila pemasaran Anda menjanjikan karena itu Anda mulai bisa buka gerai counter Anda sendiri. Apa lagi bila Anda mempunyai banyak rekan dan tinggal dipemukiman padat warga tentu kekuatan keuntungannya akan jauh janjikan.

Banyak hal yang penting diingat dalam jalankan bisnis ini salah satunya yakni operator pulsa, harga, dan kecepatan transaksi bisnis. Dalam masalah ini Anda harus pilih operator pulsa yang paling dipercaya, memberi harga yang murah untuk dipasarkan kembali, dan kecepatan transaksi bisnis yang cepat hingga customer tidak kecewa menanti karena pulsa yang dia membeli tidak juga masuk.

3. Usaha Kecil-Kecilan Cuci Motor

Kenaikan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia dari tahun ke tahun makin bertambah, ini disokong dengan kenaikan kesejahteraan warga dan murahnya credit kendaraan motor hingga seluruh orang dapat dengan gampang memperolehnya.

Bertambahnya jumlah kendaraan motor disertai dengan bertambahnya keperluan perawatan atas kendaraan itu, seperti keperluan akan suku cadang, keperluan bengkel, keperluan bahan bakar, dan keperluan tempat pencucian kendaraan. Hingga ini jadi kesempatan tertentu untuk Anda yang tertarik menjalankan bisnis di bagian itu.

Katakanlah Anda tertarik memulai usaha cuci motor, Anda dapat pikirkan begitu besar potensi dari usaha ini. Modal usaha yang reletif kecil, ditompang dalam jumlah kendaraan yang banyak dan semakin meningkat, ini ialah gabungan yang paling prospektif.

Tak perlu mengawali bermodalkan yang besar, Anda cukup membersiapkan perlengkapan seperti pompa air, compressor, kain lap, sabun motor, dan perlengkapan semir ban motor. Dengan perlengkapan itu Anda dapat mengawali usaha ini di rumah Anda. Apa lagi bila rumah Anda ada di tepi jalan dan perumahan yang cukup padat, karena itu potensinya makin lebih janjikan.

4. Usaha Kecil-Kecilan Jasa Laundry

Diakui atau sedikit orang yang tidak punyai waktu untuk mengurus pekerjaan rumah dan inginkan kepraktisan dalam kehidupan karena begitu repot bekerja. 

Mereka tidak mempunyai waktu sekedar untuk memcuci bajunya. Karena itu ini digunakan oleh orang yang cermat melihat kesempatan dengan buka jasa laundry.

Usaha laundry sebagai usaha yang berkembang dengan cepat sekian tahun akhir-akhir ini. Usaha ini lebih banyak berjamur khususnya di beberapa tempat padat warga, seperti perumahan, perhotelan, kost-kostan dan lain-lain. Karena usaha ini memang paling prospektif.

Bila Anda ada dikawasan-kawasan itu, karena itu usaha ini benar-benar prospektif untuk Anda lakukan. Selain menjanjikan, usaha ini memerlukan modal yang relatif dapat dijangkau, rata-rata memerlukan modal sejumlah Rp. 6 juta rupiah. Rp. 6 juta rupiah ini untuk beli mesin cuci, mesin pengering, timbangan, deterjen, pewangi, setrika, pelastik dan lain-lain. Supaya modalnya jadi lebih kecil, Anda dapat mengendalikan peralatan-peralatan yang diperlukan ini demikian rupa hingga mendapatkan harga keseluruhnya yang tambah murah.

5. Usaha Kecil-Kecilan Warung Nasi

Keperluan akan makanan sebagai keperluan primer yang karakternya tidak dapat dibatalkan. Tiap orang saat sebelum memehui keperluan lain, pasti usaha untuk memehui keperluan ini bagaimana juga triknya. 

Karena itu beberapa orang yang rela banting tulang untuk memehui keperluan makanan untuk diri kita atau untuk keluarga. Karena itu dengan argumen berikut usaha ini akan janjikan, baik itu dalam tingkat usaha sekala besar atau usaha kecil.

Dalam masalah ini kemungkinan Anda berpikir jika seseorang akan penuhi keperluan ini dengan triknya sendiri seperti belanja sembako lalu membuat makanannya sendiri di dalam rumah. Ini memang logis tetapi harus diingat jika tidak seluruhnya orang dapat lakukan itu, entahlah itu karena kebatasan kekuatan, biaya, atau waktu. 

Hingga orang cenderung pilih beli makanan dasar yang telah masak ke warung nasi yang lebih ringkas dan mengirit waktu.

Umumnya orang yang memerlukan warung nasi ini ialah mereka yang diperjalanan, anak kos, pegawai yang tidak bawa bekal di dalam rumah, ibu rumah-tangga yang tidak mempunyai waktu untuk bikin makan pagi, dan ada banyak kembali.

Bila Anda mempunyai lokasi yang vital yang dekat sama kosan, penginapan, perumahan, tempat kerja, dan tempat vital yang lain kemungkinan usaha ini akan paling prospektif untuk Anda lakukan. Tinggal bagaimana Anda usaha untuk bikin makanan yang nikmat dan ruang usaha yang bersih, karena ke-2 factor itu bisanya akan punya pengaruh pada usaha ini. Tak perlu memaksain untuk memuai usaha ini bermodalkan yang besar, cukup hanya modal yang kurang lebih Anda sanggup untuk memuai usaha warung nasi ini.

6. Usaha Kecil-Kecilan Toko Sembako

Toko sembako sebagai tipe usaha yang tidak pernah mati, karena toko sembako ialah sisi proses dari penyukupan kebutuhan manusia sekarang ini. Sebagian besar barang kehidupan setiap hari berada di toko sembako, dimulai dari beras, minyak, gula, dan keperluan yang lain. Tidaklah aneh toko sembako jadi salah satunya usaha yang akan diperlukan dimana saja mereka berada.

Karena toko sembako sediakan bermacam keperluan setiap hari, karena itu ruang lingkup pasarnya jadi benar-benar luas hingga bisa tingkatkan kekuatan keuntungan yang didapat. Makin komplet barang yang disiapkan oleh toko sembako, karena itu makin bagus potensi keuntungannya.

Apa lagi bila didukung dengan peletakan toko yang vital yang dekat sama permukiman warga.

Jalankan bisnis toko sembako sesungguhnya tidak perlu diawali bermodalkan yang besar, dalam makna Anda dapat mengendalikan besaran modal yang ingin Anda keluarkannya dengan cuman beli beberapa barang yang paling diperlukan oleh customer Anda hingga besaran modal bisa Anda kontrol.

Disamping itu, beberapa poin utama yang perlu jadi perhatian saat mengawali usaha sembako ini salah satunya yakni status toko, di mana makin dekat sama permukiman warga maka semakin bagus. Lalu kelengkapan barang, sama seperti yang telah disentil di atas jika makin komplet barang yang dipasarkan di toko sembako Anda karena itu ruangan cakupan pasarnya akan makin besar dan itu akan memberikan keuntungan Anda.

Dan yang paling akhir ialah harga, upayakan beberapa barang yang dipasarkan di toko sembako Anda mempunyai harga yang berkompetisi dalam makna bila Anda tidak dapat menjualnya dengan harga terjangkau karena itu upayakan supaya harga sama dengan nilai jual di toko sembako lain. Anda dapat memperoleh harga yang tambah murah dengan cari supplayer barang dari produsennya langsung hingga beberapa barang yang Anda peroleh akan lebih murah.

7. Usaha Kecil-Kecilan Minuman Kekinian

Anda juga pasti mengetahui jika belakangan ini usaha minuman kekinian makin tumbuh subur di beberapa kota dan di beberapa tempat, ini bukan tanpa alasan mengingat memang potensi usaha ini besar sekali. Dengan bermacam variasi minuman yang bermacam dimulai dari yang memiliki bahan dasar juice, coklat, kopi, susu, sirup, buah-buahan dan lain-lain, ditambah lagi pasar yang luas dan terkenalnya minuman modern ini karena itu patutlah bila usaha ini paling prospektif.

Selain keunggulan itu, usaha ini relatif tidak memerlukan modal yang besar hingga siapa saja mulai bisa memulai usaha ini tanpa terhalang modal. Hal yang penting diingat dalam jalankan bisnis ini ialah penyeleksian tipe minuman yang bakal dipasarkan. Karena sejumlah besar konsumen usaha ini umumnya ialah anak muda, karena itu pilih tipe minuman yang pas sama mereka, inovatif dan inovatiflah hingga mereka berminat untuk beli produk minuman Anda.

Dalam masalah ini Anda dapat berkreatifitas dengan minumannya atau mungkin dengan paketannya, misalnya dengan menambah kalimat manis dalam paket minuman atau beberapa cara yang lain bisa mengundang perhatian customer.

Itulah contoh-contoh usaha skala kecil yang menjanjikan dan menguntungkan yang dapat Anda lakukan. Anda dapat jalankan salah satunya usaha di atas atau usaha yang lain yang menurut Anda lebih janjikan. Mudah-mudahan salah satunya contoh usaha skala kecil itu dapat memberikan inspirasi Anda dalam mengawali usaha Anda sendiri. Kata akhir, tidak perduli berapa kecil usaha Anda, Anda akan sering jadi bosnya.