Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nama - Nama Syurga Dan Pintu - Pintu Syurga

Nama - Nama Syurga Dan Pintu - Pintu Syurga

Pengertian Surga. Dalam bahasa Arab, surga disebutkan dengan "al-jannah", yang memiliki arti kebun (al-bustan), yakni tempat yang banyak pohon-pohon. Istilah surga sendiri berawal dari bahasa Sansekerta, yakni "svarga", yang terbangun dari 2 suku kata, "svar" yang memiliki arti cahaya, dan "ga" yang memiliki arti perjalanan. 

Berdasar makna itu, surga bermakna perjalanan ke arah cahaya. Surga sebagai tempat yang dipersiapkan Allah swt buat mereka yang menaati-Nya. Dalam surga ditemui semua jenis kesenangan, kebahagiaan, kesedapan, dan kepuasan yang lain tidak sebanding dengan apa yang telah ada dalam dunia.

Dalam tafsiran QS, Ar-Ra'd : 35 itu, Allah swt menyebutkan di surga ada taman-taman cantik, ada sungai yang mengalir dengan rasa air dan kejernihan mengagumkan. Bahkan juga buah-buahan dan semua makanan di situ tak pernah habis tanpa mengenali musim.

Nama Surga Dalam Al Quran. Dalam firman-Nya, Allah swt mengatakan beberapa nama surga dalam Al Quran. Beberapa nama surga yang ada pada Al Quran, diantaranya ialah :

1. Jannatul Firdaus.

Jannatul Firdaus dibuat dari emas yang warna merah, dan ditujukan untuk orang-orang yang ridha pada ketetapan Allah swt. 

2. Jannatul 'Adn.

Jannatul 'Adn dibuat dari intan warna putih, dan ditujukan untuk orang-orang yang mencintai Allah swt. 

3. Jannatun Na'iim.

Jannatun Na'iim dibuat dari perak yang warna putih, dan ditujukan untuk orang-orang yang betul-betul bertakwa dan beramal shaleh. 

4. Jannatul Khuld.

Jannatul Khuld dibuat dari marjan yang warna merah dan kuning, dan ditujukan untuk orang-orang yang patuh menjalankan perintah dan menjauhi dari larangan-Nya. 

5. Syurga Ma'wa.

Jannatul Ma'wa dibuat dari zarbajud hijau, dan diperuntukkan untuk orang-orang yang selalu takut kepada Allah swt. 

6. Darul Muqamah.

Darul Muqamah dibuat dari permata, dan ditujukan untuk orang-orang yang selalu mengucapkan syukur kepada Allah swt

7. Al-Maqaamul.

Al-Maqaamul dibuat dari emas, dan ditujukan untuk orang-orang yang keimanannya mencapai tingkat muttaqin, yakni, orang yang betul-betul bertakwa kepada Allah swt. 

8. Darussalam.

Darussalam yang berartikan rumah keselamatan. Darussalam dibuat dari yaqut merah, dan ditujukan untuk orang-orang yang kuat iman dan Islamnya, memerhatikan ayat-ayat Allah swt, dan beramal shaleh. 

Pintu-Pintu Surga. Diriwayatkan jika surga mempunyai delapan pintu yang berbeda. Dan tiap pintu ditujukan untuk beberapa orang yang lain, sesuai amal tindakan yang dilakukan saat hidupnya. 

Berikut nama pintu surga seperti disebut dalam hadits tertera di atas :

1. Babus shalah (Pintu Shalat ).

Pintu sholat (babus shalah) ditujukan untuk hamba Allah swt yang tepat waktu dan penuh perhatian dalam doa-doa mereka. Allah swt menjanjikan hadiah besar untuk mereka yang berdoa dengan tulus dan gerbang surga ini bisa menjadi pemenuhan janji.

2. Pintu Jihad (Babul Jihad).

Pintu jihad (babul jihad) ditujukan untuk kaum muslim yang berjihad di jalan Allah swt. 

3. Pintu Puasa (Babus Ar-Rayyan).

Pintu puasa (babus ar-rayyan) ditujukan untuk orang-orang yang berpuasa dengan ikhlas untuk memperoleh ridha Allah swt.

4. Pintu Sedekah (Babus Shadaqah).

Pintu sedekah (babus shadaqah) ditujukan untuk beberapa orang memiliki iman yang beramal dan memberi sedekah karena Allah swt.

5. Babul Ayman (Pintu Kanan ) .

Pintu Kanan (Babul Ayman) ditujukan untuk orang-orang yang bertawakkal kepada Allah swt ang masuk surga tanpa hisab dan tanpa siksa.

6. Pintu Menahan Amarah (Babul Kazhiminal Ghaizha).

Pintu Menahan Amarah (Kazhiminal Ghaizha) ditujukan untuk orang-orang yang sanggup mengatur dan menekan amarah. Mereka selalu memberikan maaf dan memaafkan saudara-saudara mereka sepanjang hidup dalam dunia.

7. Pintu Ridha (Babur Radhiin).

Pintu Ridha (Babur Radhiin) ditujukan untuk orang-orang yang tegar dalam iman kepada Allah swt dan mempercayai keputusan-Nya. Mereka menyerah diri dalam menjalani kehidupan yang disebut pemenuhan atas takdir Allah swt.

8. Pintu Taubat (Babut Taubah).

Pintu taubat (babut taubah) ditujukan untuk orang-orang yang bertobat.

Demikian keterangan terkait dengan pemahaman surga, nama surga dalam Al Quran, dan pintu-pintu surga