Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Faktor Lingkungan Eksternal Organisasi ?

Apa itu Faktor Lingkugan Eksternal Organisasi ?

Organisasi - 
Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi aktivitas suatu perusahaan atau organisasi. Selain factor lingkungan intern, ada juga factor lingkungan eksternal atau factor di luar yang memengaruhi aktivitas suatu perusahaan atau organisasi.

Lingkungan eksternal organisasi ialah faktor-faktor di luar yang mempengaruhi suatu organisasi, yang terdiri dari bermacam jenis unsur, yang sejumlah besar tidak bisa dikontrol dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manager. 

Lingkungan eksternal memberi informasi kepada suatu organisasi berbentuk masukan-masukan yang diperlukan, seperti bahan baku, dana, tenaga kerja, dan energi, yang selanjutnya ditransformasikan jadi produk dan jasa, yang disebut keluaran-keluaran kepada lingkungan eksternal.

Factor lingkungan eksternal organisasi, bisa dibagi jadi dua, yakni :

  • Faktor Lingkungan Eksternal Micro
  • Faktor Lingkungan Eksternal Makro

1. Lingkungan Eksternal Micro. 

Lingkungan eksternal micro ialah unsur-unsur yang berpengaruh langsung pada aktivitas organisasi. Beberapa komponen lingkungan eksternal micro yang paling berpengaruh dan penting ialah :

Para kompetitor yang perlu ditemui perusahaan yang tercermin dari type, jumlah dan etika-etika sikap organisasi kompetitor.

Langganan yang perlu dilayani. Strategi, peraturan dan taktik-taktik marketing perusahaan benar-benar tergantung pada keadaan pasar dan langganan.

Lembaga-lembaga keuangan. Organisasi perusahaan bergantung pada berbagai macam instansi keuangan, seperti perbankan, perusahaan asuransi, dan perusahaan pembiayaan.

Pasar tenaga kerja. Organisasi membutuhkan beberapa pegawai dengan berbagai macam ketrampilan, kekuatan, dan pengalaman.

Para penyuplai barang atau suppliers. Tiap organisasi perusahaan benar-benar bergantung pada sumber-sumber dari sumber daya-sumber dayanya untuk penuhi keperluan bahan baku, bahan pembantu, dan sebagainya.

Perwakilan-perwakilan pemerintah. Suatu organisasi perlu tunduk dan mematuhi aturan-aturan yang sudah diputuskan oleh perwakilan pemerintah.

Selain elemen itu tentu saja masih ada beberapa komponen lain yang berpengaruh langsung pada aktivitas organisasi yang perlu jadi perhatian, meskipun tingkat pengaruhnya berbeda. 

Misalnya aliran distribusi yang dipakai, media, asosiasi-asosiasi bisnis, kelompok-kelompok pecinta lingkungan, dan kelompok-kelompok politik tertentu yang sejumlah besar sebagai perwujudan kekuatan dampak lingkungan eksternal makro.

2. Lingkungan Eksternal Makro. 

Lingkungan eksternal makro ialah unsur-unsur yang tidak berpengaruh langsung pada aktivitas organisasi. Lingkungan eksternal makro terdiri dari 2 hal, yakni :

Kekuatan-kekuatan di luar itu memengaruhi suatu organisasi langsung atau otomatis lewat satu ataupun lebih unsur-unsur lingkungan eksternal micro.

Unsur-unsur lingkungan makro membuat iklim, di mana organisasi ada dan harus memberi respon. Misalkan kecanggihan tehnologi, kondisi ekonomi, dan perubahan-perubahan sosial.

Yang bisa disebutkan sebagai lingkungan eksternal makro ialah tehnologi, ekonomi, politik, dan sosial yang mempengaruhi iklim di mana organisasi bekerja dan berpotensi menjadi kekuatan-kekuatan sebagai lingkungan eksternal micro.

Demikian keterangan terkait dengan beberapa faktor lingkungan eksternal organisasi.

Post a Comment for "Apa itu Faktor Lingkungan Eksternal Organisasi ?"