Manfaat Alpukat Dan Jenis - Jenis Alpukat - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Alpukat Dan Jenis - Jenis Alpukat

 Manfaat Avocad Dan Jenis - Jenis Avocad

Health - Avokad, ataupun lebih fasih disebutkan Alpukat, adalah buah yang sering dikonsumsi menjadi juice. Buah dengan kulit tipis dan biji besar ini termasuk jadi favorite warga Indonesia.

Memiliki kandungan gizi yang bagus, Manfaat avokad belum diketahui banyak orang. Untuk pencinta avokad, Anda harus tahu manfaatnya bila dikonsumsi tiap hari. Berikut manfaatnya bila dikonsumsi tiap hari seperti dikutip dari situs foodprevent

Manfaat Alpukat 

Manfaat Avocad Dan Jenis - Jenis Avocad

1. Turunkan cholesterol

Manfaat avokad yang pertama ialah dapat turunkan cholesterol LDL atau cholesterol jahat. Tidak hanya itu saja, buah ini menolong meningkatkan jumlah cholesterol HDL yang disebut cholesterol baik.

2. Tekanan darah

Manfaat avokad bisa menolong turunkan dan mengatur tekanan darah. Ini karena ada zat potasium yang ada didalamnya.

3. Mengatur gula darah

Manfaat avokad yang ini pas untuk Anda yang pengin mengatur kandungan gula. Kandung lemak tidak jemu tunggal didalamnya menolong menangani kekebalan insulin hingga menolong badan untuk mengatur tingkat gula pada darah.

4. Menahan infeksi

Riset memperlihatkan jika kecuali nikmat, avokad mempunyai gizi yang manfaat nya  menolong kurangi infeksi. Manfaat buah ini dapat digunakan untuk menahan resiko penyakit yang terkait dengan timbulnya infeksi dalam tubuh. 

5. Turunkan berat badan

Anda tidak boleh memikir jika makan semakin banyak lemak bisa menambahkan berat badan sebab rupanya Avocad sesungguhnya manfaat nya bisa menolong Anda turunkan berat badan. Faktanya sebab kandungan lemak dan seratnya kira-kira 14 g per buah, menolong

6. Sehatkan kulit dan rambut

Anda harus tahu, satu avokad sediakan lebih dari 20 persendari jumlah vitamin E.dan manfaat vitamin E  Ini  untuk melebatkan dan menumbuhkan kulit dan rambut yang sehat

Jenis jenis Avocad 

1. Avocad Mentega

Avocad Mentega termasuk dalam buah Alpukat yang dicintai oleh masyarakat  Indonesia. Avocad mentega terhitung ke dalam jenis buah Alpukat  favorit sebab mempunyai buah dengan daging yang tebal, memiliki tekstur kenyal tidak berair, warna kuning pada buahnya terlihat bersih tanpa cacat dan sama dengan mentega.

Buah Avocad Mentega untuk  urusan ukuran  besar buah miliki rata-rata kira-kira 600 gr per buah. Avocad Mentega mempunyai wujud membulat dengan sisi pangkal dan ujung cukup membulat juga. 

Ukuran, terutamanya panjang buah ini seputar 13 sampai 17 cm dan diameter buah 10 sampai 14 cm, sedang tebal kulit buah cuman 1 mm dan tebal daging buah capai 1.9 sampai 2.1 cm. 

Buah tipe ini tidak berbeda dengan Avocad tipe yang lain, walau buah ini berkadar protein 1.37% dan kandungan lemak 7.58%. 

Avocad Mentega ini bisa berbuah sangat rajin selama setahun dan tingkat produksi buah yang berumur dewasa sanggup hasilkan 350 sampai 450 buah per pohon atau seputar 225 kg per pohon.

2. Avocad Wina

Avocad wina ialah jenis Avocad lokal yang dibudidayakan pertama kali oleh kelompok tani di Dusun Jetis, Kabupaten Semarang. Pada intinya adalah jenis Avocad mentega dengan warna kulit hijau mengilap dan tebal. 

Memiliki bentuk cukup bundar, ukuran jumbo dengan berat capai 1,5 - 2 kg per buah. Dengan rasa nikmat, halus, renyah, dan sedikit manis, tidaklah aneh bila Avocad wina dipastikan mempunyai kualitas super.

3. Avocad Miki

Avocad miki adalah salah satu jenis Avocad unggul spesial daratan rendah yang sudah ditingkatkan oleh Pusat Pengkajian Buah-buahan Tropika IPB dengan periset Dr. Sobir dan teman teman. Tanaman Avocad miki ini memiliki buah memiliki ukuran besar yang rerata capai berat 400-600 gr/buah. 

Buah Avocad miki mempunyai penampilan daging buah tebal warna kuning dan memiliki manis tanpa rasa getir.

Tidak cuman terhitung jenis Avocad spesial daratan rendah, tanaman Avocad miki ini mempunyai karakter yang genjah atau gampang berbuah. 

Tanaman Avocad miki mulai dapat hasilkan buah di saat umur 2 - tiga tahun saja, di mana wajarnya tanaman Avocad mulai akan masuk periode produksi pada umur di atas 5 tahun.

4. Avocad Hass

Avocad Hass ialah jenis Avocad yang dari Australia. Avocad yang ini dinamakan Hass berdasar penemunya, seorang pakar holtikultura namanya Rudolph Hass. Buah Avocad yang ini dari wujud dan warna benar-benar gampang dibedakan dengan jenis Avocad yang lain.

Sebab rasa, jumlah panen yang tinggi, dan lama waktu proses pembusukan, Avocad ini adalah tipe Avocad yang terpopuler dimakan di beberapa penjuru dunia. 

Di Amerika Serikat misalkan, 80% Avocad yang ada ialah tipe Avocad Hass. Begitupun halnya di New Zealand, Avocad tipe ini ialah tipe yang terbanyak ditanamkan secara luas.

5. Avocad Jambon

Avocad mentega jambon dari segi perkembangan Avocad ini termasuk bongsor, banyak cabang, dan saat tumbuh tunas baru karena itu pohon ini serempak dari dahan paling bawah sampai atas, keunikan variasi ini bila bertunas muda warna pink dengan bahasa jawa jambon.

Dari sisi wujud buah berupa oval, yang tidak kalah menarik buahnya tahan disimpan 5 sampai 7 hari karena berkulit semi tebal. Dengan berat buah rata - rata 4,5 ons per buah.

Salah satu kelebihan Avocad ini ialah bila berbuah susul susul, bila ada buah yang tua karena itu diimbangi dengan buah yang kecil, berbunga dan akan bunga.

6. Avocad Pluwang 

Tanaman Avocad pluwang ini dari waktu ke waktu makin populer saja. Lantas apa yang membuat Avocad ini demikian spesial?. Tanaman Avocad pluwang ini mempunyai keunggulan sama ukuran buahnya yang super jumbo, pikirkan saja, berat sebuah Avocad hawai jumbo ini dapat mencapai berat 2 kg/buah lho.

Disamping itu, daging buah Avocad pluwang ini termasuk tebal dengan struktur yang lebih padat. Yang paling spesial dari Avocad pluwang ini ialah buah Avocad ini tawarkan rasa sensasi yang lebih manis serta lebih renyah bila dibanding dengan tipe Avocad lokal yang lain. 

Kombinasi di antara rasa manis dengan gurihnya daging buah Avocad, membuat buah Avocad pluwang ini membuatnya  banyak di buru oleh para penggemar alpukat.

Ada beberapa gelar yang dipakai oleh tanaman buah Avocad pluwang ini diantaranya Avocad hawai jumbo, Avocad green star dan Avocad pangeran. 

Secara penampilan, tanaman Avocad pluwang ini hampir serupa dengan tipe Avocad lokal yang lain, namun, tanaman Avocad pluwanga ini populer dengan bentuk badannya yang termasuk pendek hingga benar-benar memudahkan waktu proses panen. 

Disamping itu, salah satu ciri-ciri dari buah Avocad pluwang ini ialah kulit buahnya warnanya  lebih hijau gelap dan mengkilat. 

Tanaman Avocad pluwang ini memiliki daun yang memiliki ukuran 3x lipat semakin besar dibanding dengan Avocad lokal, bunganya  memiliki ukuran yang semakin besar.

7. Avocad Mega Murapi

Ada banyak kelebihan Avocad Mega Murapi ini. Misalkan, pada sebuah pohon dapat hasilkan 350-450 buah atau sama dengan 180-225 kg per pohon tiap tahunnya. Berat tiap buah 400-600 gr dengan ketebalan daging seputar dua cm. 

Rasanya manis, pulen, kering, halus, warna daging kekuningan seperti mentega, dan warna kulit hijau dengan permukaan kasar.

Avocad ini berbuah terus-terusan seperti buah sawo. Wujud buahnya bundar cukup lonjong, tetapi bijinya bundar. 

Cara  pembudidayaannya termasuk mudah, yaitu dengan tehnik okulasi atau ikat puncak. Nah, dari okulasi sampai berbuah memerlukan waktu seputar 2 tahun. 

DiBanding dengan Avocad biasa, yang dapat memerlukan waktu sampai lima tahun. Tanaman ini juga dapat ditanamkan di tanah di ketinggian sampai 600 mtr. di permukaan laut (dpl). Bahkan juga cukup semakin tinggi sedikit dari itu masih tetap dapat tumbuh dan berbuah.

8. Avocad Kendil

Avocad Kendil adalah tipe unggul Avocad yang dari persilangan di antara tipe Avocad Kendal dan Avocad Gunung Pati. Avocad kendil mempunyai ukuran yang termasuk jumbo. Berat rata - rata Avocad kendil ialah seputar 1,7 kg / buah. Buah maksimal dapat memiliki bobot 2 kg / buah.

Buah Avocad kendil mempunyai rasa yang sedap, terhitung tipe mentok Avocad. Buah Avocad kendil hasilkan struktur yang tebal dan pulen. Keunggulan lain dari Avocad kendil ialah daun Avocad kendil pun tidak dicintai oleh ulat bulu hingga untuk anda yang takut ulat tidak boleh cemas.

9. Avocad Aligator 

Avocad aligator adalah variasi dari buah Avocado yang cukup unik. Ukuran buahnya yang besar dan berupa kerucut dan berat buah yang capai 1,13 Kg membuat buah ini sering dipanggil "Giant Avocado".

Avocad tipe ini mengundang perhatian pencinta buah sebab ukuran yang besar. Bukan hanya bentuknya yang besar, buah ini mempunyai daging yang tebal. Bukan hanya unggul dalam ukuran, Avocad ini mempunyai rasa yang spesial, sebab tidak mempunyai rasa pahit. 

Struktur buahnya lembut dan halus tanpa serat, menjadikan buah Avocad aligator ini jadi incaran pencinta buah.

10. Avocad tanpa biji (Persea americana) 

Sesungguhnya Avocad tanpa biji (Persea americana) mempunyai beberapa ciri fisik yang serupa dengan Avocad berbiji, tangkai warna cokelat dengan daun lonjong warna hijau di atas atasnya dan kuning kecokelatan di atas bawahnya. Wujud buahnya juga sama dengan Avocad berbiji.

Hingga saat ini bibit Avocad cuman bisa didapat secara generatif (lewat biji) dan vegetatif (sambungan puncak/enten dan sambungan mata/okulasi). Dari ke-3 cara tersebut, bibit yang didapat dari biji kurang untung sebab tanaman lama berbuah (6-8 tahun) dan ada peluang buah yang dibuat berbeda dengan induknya. 

Sedang bibit hasil okulasi atau enten bisa lebih cepat berbuah (1-4 tahun) dan buah yang didapatnya memiliki karakter yang serupa dengan induknya.

Untuk Avocad tipe Persea americana dapat dikembangbiakkan dengan tehnik ikat puncak atau okulasi. Tanaman Avocad tanpa biji lebih efisien ditanamkan di tanah yang remah, memiliki sifat lempung berpasir dan banyak terkandung elemen hara.