Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Merawat kesehatan Rambut Dibalik Kerudung

Merawat kesehatan Rambut Dibalik Kerudung
Merawat kesehatan Rambut Dibalik Kerudung

Kesehatan - 
Menggunakan kerudung bukan berarti tidak bisa mengoptimalkan perawatan rambut. Justru dengan menggunakan kerudung, diperlukan perawatan khusus untuk menjaga rambut tetap cantik dan sehat.

Yang penting menjadi perhatian ialah jika kulit kepala dan rambut anda memerlukan perputaran udara yang bagus untuk bernafas. Karena itu, anda sebaiknya memilih kerudung yang dibuat dari kain katun, karena bahan katun bisa menyerap keringat dengan sempurna. 


Apa lagi, untuk kita yang hidup di cuaca tropis yang tingkat kelembapan udaranya lumayan tinggi. Ini sering membuat keringat keluar dari kulit kepala kita. Bila anda ingin memakai kerudung dari kain satin atau bahan yang lain tidak menyerap keringat, seharusnya gunakan ciput memiliki bahan kaos atau katun yang tidak berasa panas di kepala. Memilih bahan kerudung memang memerlukan kecermatan untuk keindahan rambut anda.


Saat memilih untuk mengawali berkerudung, saat itu anda harus sediakan waktu extra untuk lakukan perawatan rambut . Sehingga, bukan berarti rambut yang tertutupi kerudung tak perlu dirawat. 


Beberapa langkah yang perlu anda kerjakan untuk menjaga rambut supaya selalu elok dan sehat ialah :


Menjaga kebersihan rambut. 


Keringat dari pori-pori di kulit kepala yang bersatu debu dapat mengakibatkan rasa gatal. Kotoran dan debu memiliki ukuran yang paling kecil, hingga sanggup menembus bahan kerudung. Karena itu, pastikan untuk membersihkan rambut minimal dua hari sekali. 


Sering membersihkan rambut tidak bagus, sebab bisa menghilangkan susunan lemak alami di tangkai rambut dan sanggup mengakibatkan kerontokan. Janganlah lupa, pakai conditioner untuk jaga kelembapan rambut anda.


Pastikan rambut selalu kering

 

Pastikan semua sisi kepala anda betul-betul kering saat sebelum menggunakan kerudung. Kulit kepala yang lembab sebagai penyebab utama timbulnya ketombe dan kerontokan rambut. 


Bukan hanya itu, menutup rambut yang lembab dengan kerudung dapat memunculkan aroma yang tidak lezat.


Cari model rambut yang tepat. 


Rambut panjang terurai memang kelihatan cantik, ditambah jika disanggul, karena itu penampilan kerudung anda akan kelihatan eksklusif dan anggun. Namun, apa yang terjadi jika rambut kalau rambut selalu selalu diikat saat tertutupi kerudung. Rambut dapat depresi dan mengakibatkan kerontokan rambut. Sebaiknya tentukan model rambut yang gampang ditata.


Aksesori rambut. 


Aksesori rambut yang berkerudung memanglah tidak kelihatan di luar, tetapi penting untuk jadi perhatian. Pilihlah karet yang memiliki bahan halus dan benar-benar elastis untuk mengikat rambut. Sedang untuk bandana, tentukan yang memiliki bahan katun dan tidak begitu ketat. 


Atau anda dapat memakai pencapit rambut yang tidak begitu keras. Dengan begitu hingga rambut anda tidak berasa teraniaya selama seharian.


Selain membersihkan rambut dan memakai conditioner, tidak boleh terlewat juga pemakaian serum dan masker rambut. Serum yang dipakai di kulit kepala berperan memberi gizi dan pelindungan khusus. 


Sedang masker rambut berperan membuat perlindungan susunan kutikula dan tangkai rambut. Disamping itu, konsumsi juga vitamin untuk perkembangan dan perawatan kulit. Misalkan saja vitamin A, C, D, E, dan B kompleks. Banyak konsumsi makanan yang berprotein tinggi dan kaya serat bagus untuk kesehatan dan perawatan rambut.


Pilih sisir terbaik. 


Supaya tidak ada kerontokan, mulai menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang dari susunan yang terdalam, selanjutnya lanjutkan lapis demi lapis. Kemudian, pakai sikat rambut untuk menyisir rambut keseluruhan. 


Menyisir rambut yang benar berperan untuk membersihkan kotoran yang menempel di tangkai rambut dan memijat kulit kepala. Pilih sikat rambut yang tidak begitu keras. Anda dapat pilih sikat rambut yang dibuat berbahan nilon atau metal dengan ujung tumpul atau bulat.


Dengan perawatan rambut seperti pada atas, anda tak perlu khawatir rambut anda jadi kering dan rontok saat berkerudung.