Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Page Error – 404 Not Found

Blog - Four oh four alias 404 adalah sebuah kode HTTP request dimana link halaman web yang diminta telah rusak ataupun hilang karena dirubah.


Sebagai seorang blogger mempunyai situs/webmaster tentunya halaman ini harus segera di perbaiki agar tidak terjadi pengindex-an ulang yang dimana mesin pencari tetap saja menemui error 404 ini.


Hal ini tentu sangat tidak bagus demi kelancaran pengindex-an ,penaikan pagerank,seo onpage ataupun untuk memenuhi standarisasi seorang webmaster yang baik dalam memelihara situsnya.


Untungnya Google menyediakan tool bagi para pemilik situs yang bisa dimanfaatkan untuk melancarkan peredaran jalur situs kita dan pengindex-an dengan spider robot mereka agar si crawler ini ga menemui jalan buntu,yaitu halaman 404.Dalam wordpress ini berarti permalink yang telah rusak.


Oops! page not found! please comeback again NEXT YEAR :p


Ada beberapa Cara menghilang Page Error 404 not found, cara yang bisa di coba adalah dengan me-redirect halaman 404,ataupun juga membuat halaman 404 yang punya informasi lebih dan bukan hanya “page not found” saja dan bisa juga dengan membuat robot.txt file.

Lantas bagaimana kalau halaman 404 terlampau banyak? Bagaimana menghilangkan page erorr 404 not found nya ?


Saya maklumi karena masa-masa awal membuat  situs kadang masih mikir-mikir,apa settingan permalink yang terbaik dengan membandingkan kira-kira apakah situs saya ini mau di update tiap hari apa cuma satu atau dua kali dalam seminggu.


Disaat settingan permalink ini ditentukan,maka jadilah halaman yang telah terindex lebih dulu berakhir di jalur buntu page error 404 not found.


Bila memang kita membuat situs berbasis wordpress platform dan juga self hosted,tentu dapat dengan mudah meredirect ataupun mencegah pengindexan dengan bantuan plugin.


Tetapi hal itu hanya dari sisi situs kita saja,karena toh kenyataanya halaman yang telah hilang itu tetap tersimpan di cache/arsip mesin pencari untuk dijelajah.


Bila hal ini dibiarkan maka search engine akan tetap menganggap halaman itu ada dan terus mencoba menjelajahnya dan pastinya lagi-lagi ketemu sama jalan buntu “Four oh Four” ( page error 404 not found ). 


Kita tahu kalau wordpress ngga membuat satu direktori secara real untuk post dan pagenya,dalam artian kalau kita cari yang namanya halaman “about” maka ga ada sama sekali direktori/folder  itu di hosting/public_html kita,itu hanya halaman virtual yang dihasilkan oleh fitur wordpress yang disebut permalink dengan menggunakan perantaraan .htaccess


Kalau punya akun Google tinggal pergi saja ke Google Webmaster Tool lalu kita mulai menghapus halaman itu satu per satu.


Setelah itu klik crawler access dan buka crawl errors di tab yang baru,maksudnya untuk memudahkan kita tinggal mengkopi paste saja nanti URL yang error tersebut untuk di remove .


Lalu di page crawler access,klik remove URL dan pilih New Removal Request Dari sini tinggal kopi paste deh URL yang error satu persatu dari page crawl errors yang kita buka di tab yang baru tadi.


Dan selesailah prosesnya,tinggal menunggu Google menghapus cache halaman itu dari index mereka.


So,berapa page atau permalink kamu yang error? Banyak??? 


Ikuti aja cara diatas untuk memperbaikinya 🤗🤗🤗

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Page Error – 404 Not Found "