Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Mengurus Buku Tabungan BNI Rusak Atau Halaman habis ?

Bank BNI - Buku tabungan BNI relatif tipis. Ia cuman sepuluh lembar. Meski demikian bakalan awet. Apa lagi untuk pemakai yang jarang-jarang print out. Bertahun-tahun tidak habis/penuh halamannya.

Saking lamanya, buku tabungan terkadang hancur lebih dahulu. Dapat lecek, kusam, sobek, basah, atau bahkan juga terbakar dan hilang. Jika sudah ini seharusnya diganti baru.

Pergantian buku tabungan hancur atau halaman habis dibolehkan. Caranya datang ke kantor cabang bank untuk menemui customer service. Janganlah lupa membawa syarat - Syarat  yang dibutuhkan.

Sayangnya, sebagian besar kantor bank cuman buka di hari kerja saja. Akhirnya nasabah yang sibuk juga menanyakan hal - hal : 

Apa dapat diwakili? 

Bagaimana bila berbeda cabang? Selanjutnya berapakah biayanya?

Bagaimana Mengurus Buku Tabungan BNI Rusak Atau Halaman habis ?
Bagaimana Mengurus Buku Tabungan BNI Rusak Atau Halaman habis ?
Bagaimana Mengurus Buku Tabungan BNI Rusak Atau Halaman habis ?

Bagaimana jika tidak diganti?

Bila keperluan kalian cuman transaksi, buku tabungan tidak demikian dibutuhkan. Apa lagi jika rekening terdaftar e-banking. Semua dapat lewat ATM, SMS banking, m-banking, dan i-banking.

Meskipun begitu, peranan buku tabungan lebih dari itu. Dia diperlukan saat fasilitas di atas memiliki masalah. Menangani ATM dan e-banking terblokir, lupa sandi, dan lain-lain di bank harus menyertakan buku tabungan.

Keadaan demikian juga tidak memiliki masalah. Mengurusi e-banking bisa memakai buku tabungan BNI hancur atau halaman habis. Terpenting janganlah sampai hilang agar tidak memerlukan surat kepolisian.

Mengurus buku tabungan BNI rusak dan halaman habis 

Bagaimana juga dianjurkan ganti. Rusak atau halaman penuh, cara mengurusinya tidak berbeda. Silahkan datang ke kantor cabang BNI terdekat. Membawa document berikut supaya memenuhi persyaratan.

Persyaratan 

  • Kartu identitas. Sesuaikan dengan yang Anda gunakan saat membuka rekening. Dapat KTP, SIM, kartu siswa, atau semacamnya.
  • Kartu ATM. Saya kurang tahu alasan harus membawa. Walau sebenarnya tidak diapa-apakan. Jelasnya, customer service akan minta kita menunjukkan.
  • Buku tabungan. Membawa sebagai bukti sudah hancur atau habis. bukti pemilikan rekening.
  • Uang. Ganti buku tabungan tidak gratis. Tetapi tenang, harganya murah. Di bawah Rp5.000,00 + Rp10.000,00 buat bayar meterai yang ditempel pada formulir pengajuan.

Langkah-langkah 

  • Datangi kantor BNI terdekat atau cabang asal pembukaan rekening. Syarat di atas janganlah lupa dibawa.
  • Mengambil nomor antre sesampainya di bank. Bila kebingungan karena pengalaman pertama, tidak boleh ragu menanyakan ke security. Dia stand by di depan pintu masuk.
  • Tunggu sampai nomor antre mendapat giliran dilayani.
  • Saat dilayani, katakan jika Anda ingin ganti buku tabungan karena hancur atau halaman penuh/habis.
  • Sesudah memeriksa kelengkapan persyaratan, customer service selanjutnya memberi Anda formulir pengajuan buku tabungan baru.
  • Isikan dengan data benar dan berikan kembali ke customer service.
  • Dia selanjutnya mengambil buku tabungan kosong dan mencetakkan atas nama Anda.
  • Selesai. Sesudah dibayarkan, buku tabungan baru BNI dapat Anda bawa pulang.

Semua proses di atas tidak lama. Cuman kira-kira 10-30 menit (di luar waktu antre).

Biaya ganti buku tabungan 

Harga buku tabungan BNI benar-benar murah. Taplus—rekening yang sering digunakan nasabah—cuma Rp1.500 Begitupun dengan Taplus Muda yang tidak memakai e-statement.

Jenis lain bahkan juga gratis. Web sah BNI sendiri tidak memberikan harga. Berdasar pengalaman, saya buat deposito dengan 2 helai bilyet tidak diminta biaya pembuatan.

Meskipun begitu, masih tetap dianjurkan membawa uang di bawah Rp 50.000,00. Buat jaga-jaga jika ketentuan ganti buku tabungan BNI berbeda. untuk bayar meterai Rp10.000,00.

Lupa bawa uang tidak jadi masalah. Anda dapat ambil di ATM. Pada tempat bank biasanya ada. Bila tidak, minta bantuan ke customer service untuk memotong langsung dari saldo.

Biaya di atas dikenai cuman sekali. Lain dengan biaya administrasi yang tiap bulan di tanggal tertentu.

Ganti buku tabungan berbeda cabang 

Mengurusi buku tabungan BNI tidak memerlukan surat info domisili. Tetapi, akan dipermudahkan di kantor bank sewilayah dengan KTP. Bahkan juga jika dapat cabang asal pembukaan rekening.

Meskipun begitu tidak ada salahnya dicoba. Contoh Anda buat rekening di Kota A. Selanjutnya berpindah rumah ke Kota B. Bila lokasi A benar-benar jauh, silahkan coba ganti buku tabungan yang hancur di Kota B.

Sepanjang kartu identitas tetap sama seperti saat membuka rekening (tidak ganti nama, alamat, dan lain-lain.) semestinya langsung dilayani. Bila ada perubahan,di saran kan membawa kartu identitas yang lama juga.

Tetap ditolak walau sebenarnya perlu sekali buku tabungan? Buka saja rekening baru di cabang tersebut. Anda dapat mendapat buktab waktu itu juga. Namun nomor rekening berbeda dengan sebelumnya.

Dapatkah ganti buku BNI diwakili? 

Mengurusi buku tabungan hancur/habis harus datang ke bank. Tidak dapat lewat telephone atau online. Sayang, sebagian besar kantor cabang bank cuman membuka Senin—Jumat. Itu juga dari jam 8.00-16.00 saja.

Permasalahannya adalah nasabah sibuk di hari dan jam segitu. Bila ingin ganti buku tabungan, apa dapat diwakili seseorang? Rupanya tidak, walau perwakilannya orang paling dekat: keluarga, saudara, dan lain-lain.

Untunglah bila Anda tinggal di kota besar. Di situ ada 1-2 kantor cabang BNI yang membuka walau akhir minggu. Bila tertarik, silahkan membuka link untuk ketahui lokasi banknya.

FAQ

  • Apa buku tabungan hancur dan halaman habis dapat digunakan? 

Jelasnya, rekening masih tetap aktif. Anda dapat transfer dan transaksi yang lain lewat e-banking. Begitupun jika ditransfer. Uang akan masuk.

  • Apa ganti buku tabungan BNI membuat nomor rekening berbeda? 

Tidak. Norek masih sama seperti sebelumnya.

  • Apa buku tabungan BNI diganti bisa mengakibatkan saldo hilang? 

Tidak. Walau buku beralih menjadi baru dan banyak halaman kosong, sepanjang nama dan nomor rekeningnya sama maka jumlah saldo didalamnya tidak menyusut atau semakin bertambah.

Itu dia cara mengurus buku tabungan  BNI risak atau halaman penuh mudah mudahan bermanfaat.