Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara ganti nomor hp SMS dan Mobile Banking BNI

BNI - Ganti nomor hp pada layanan SMS BNI, m-banking, dan i-banking kadang dibutuhkan Contoh nomor hangus, terblokir, tidak digunakan kembali, atau berpindah operator mobile. Bisakah caranya tanpa ke bank tetapi cukup hanya ATM?

Transaksi SMS Banking dan Mobile Banking BNI perlu nomor ponsel. Tetapi, tidak sembarangan. Harus yang telah tersambung dengan rekening masing-masing. SIM card-nya dipasang dalam handphone yang ingin dipakai.

Permasalahannya adalah jika kita perlu ganti nomor. Ya, ini dapat menimpa siapapun. Contoh handphone hilang, diculik, chip kartu hancur, nomor hangus/terblokir, atau ingin berpindah ke operator mobile yang lain lebih murah.

Ganti nomor ponsel SMS Banking dan m-banking BNI bisa saja. Biaya bahkan juga gratis alias tidak didenda. Tetapi, harus dilaksanakan secara betul. Supaya nomor barunya bisa dipakai transaksi secara lancar.

Selesai pergantian, pastikan nomor lama terhapus dari database BNI. Sehingga tidak dapat dipakai transaksi lagi. 

Seperti kita mengetahui, nomor hangus akan dipasarkan kembali oleh provider. Jika sampai dipunyai seseorang bikin was-was juga.

Cara ganti nomor ponsel SMS Banking BNI
Cara ganti nomor hp SMS dan Mobile Banking BNI
Cara ganti nomor hp SMS dan Mobile Banking BNI

Walau memakai nomor sama, ke-2 nya masih tetap berbeda. Contoh kalian barusan registrasi SMS banking memakai sebuah nomor ponsel. Itu tak berarti m-banking automatis aktif. Begitu halnya pergantian nomor.

Proses mengganti nomor hape SMS banking akan lebih simpel. Selesai nomor-baru tercatat bisa langsung transaksi. Lain dengan Mobile Banking: aplikasinya perlu diaktivasi ulang lebih dulu.

Pokoknya kalian perlu mengupdate data BNI SMS Banking. Caranya dengan mendatangi kantor cabang terdekat. Untuk yang terbiasa ke sana tentu ingat dengan prosedur ini.

Persyaratan yang perlu dibawa

  • Kartu identitas KTP, SIM, atau paspor
  • Buku tabungan
  • Kartu ATM
  • Nomor handphone yang akan dipakai sebagai pengganti (opsional, ditinggal di dalam rumah tetap bisa).

Langkah-langkah:

  • Datangi kantor cabang BNI terdekat di hari dan jam kerja.
  • Janganlah lupa membawa syarat yang dibutuhkan.
  • Mengambil nomor antrian bagian customer service (Bingung karena pengalaman pertama? tidak boleh malu menanyakan ke security yang menjaga pintu masuk).
  • Tunggu nomor antrian dipanggil.
  • Saat dilayani, katakan kalian ingin ganti nomor ponsel pada fasilitas BNI SMS Banking.
  • Isi formulir.
  • Tidak ada 10 menit, customer service akan mengupdate data account SMS Banking kalian.
  • Selesai.

Cara ganti nomor ponsel BNI Mobile Banking

Persyaratan dan caranya sama dengan di atas. Jika ingin, kalian bahkan bisa menukar ke-2 nya bersamaan. Pokoknya yang dibutuhkan cuman pengsinian data pada sistem BNI: nomor lama dihapus dan diganti sama yang baru.

Berbeda nomor tentu berbeda kartu SIM. Maknanya aplikasi BNI Mobile perlu di pengaktifan ulang. Setelah itu baru BNI Mobile Banking dapat dipakai kembali.

Meskipun begitu, cukup banyak nasabah mengalami masalah sesudah mengganti nomor. Apa lagi bila handphone-nya ganti. Jika merk dan sistem operasinya berbeda (android ke iOS atau sebaliknya) terkadang ada peringatan eror.

Beberapa eror dapat ditangani tanpa mendatangi kantor cabang. Tetapi sebagian lagi perlu bantuan customer service . Maka, agar tidak bolak-balik, saat pergantian nomor BNI Mobile Banking membawa ponsel-nya ke bank.

Kelak saat sebelum pulang pastikan semua kelar. Dapat dicoba memeriksa saldo atau transfer dahulu. Bila tidak berhasil silahkan komplain ke customer service. Mereka tentu menangani sampai tidak ada permasalahan lagi.

Berbeda kantor cabang bank

Pada dasarnya, kalian bebas mengganti nomor mobile dan SMS banking di cabang BNI mana saja. Tidak harus pada tempat asal membuka rekening. Berbeda domisili juga tidak jadi masalah. Sepanjang penuhi satu syarat berikut ini:

DATA KARTU IDENTITAS SAMA DENGAN DATABASE BNI. Contoh saat membuka rekening, nama Muhamad. Selang beberapa saat tukar KTP. Bila nama masih tetap Muhamad dapat mengurusi pergantian di cabang BNI mana saja.

Tetapi bila beralih menjadi Muhammad (dobel huruf "m" di tengah), kalian kemungkinan ditolak bila berbeda cabang. Harus harus menukar nomor ponsel SMS dan Mobile Banking BNI di cabang asal.

Bagaimana apabila sudah berpindah rumah dan lokasi cabang asal jauh? 

Jika masih tetap ada, bawa KTP lama. Masih tetap ditolak? Membuka rekening baru. Alihkan semua saldo ke situ. Selanjutnya rekening lamanya ditutup.

Proses mengalihkan saldo dapat lewat ATM atau teller. Dengan membuat rekening baru, keuntungannya adalah sesuai data KTP yang berlaku sekarang ini. Hingga lebih mudah saat perlu mengurusi apapun.

Gunakan ponsel (code perintah, aplikasi, dan call center)

Bilang saja kalian malas mendatangi kantor cabang bank. Atau gugup bertemu customer service yang good looking. Tak perlu alasan sakit, repot kerja, di luar kota/negeri, dan lain-lain. Hingga maunya mengurusi lewat handphone.

Baik. Saya tidak suka antri di bank. Namun, tadi malam suntuk saya mencari cara tidak bertemu. Code perintah SMS Banking dan menu transaksi Mobile Banking sama tidak memberikan fasilitas ganti nomor.

Ok, mungkin tujuan kalian ganti nomor ponsel Mobile Banking dan SMS Banking lewat BNI call-center. Sayangnya saya tidak punya pulsa . Maka tidak dapat menghubungi. Kapan-kapan atau kalian coba saja sendiri. Nomornya 1500046.

Lewat ATM

Mendaftarkan e-banking lewat ATM bisa. Tanpa pengaktifan di bank bisa transaksi keuangan. Namun, cuman berlaku bila rekening kalian belum tercatat Mobile dan SMS Banking sama sekali.

Alih-alih ingin mengganti, artinya telah ada nomor yang aktif. Sepengetahuan saya, ATM tidak punyai menu ganti nomor. Hapus yang sudah tercatat pun sepertinya belum.

Bagaimana jika ngotot menambah nomor baru tanpa menghilangkan yang sebelumnya? Menurut info, BNI Mobile Banking dan SMS Banking BNI jangan terkait dengan 2 nomor ponsel. Lain dengan internet banking yang satu account dapat memuat banyak rekening.

FAQ

  • Ganti nomor ponsel pada layanan BNI Mobile Banking dan BNI SMS Banking dibolehkan ?

Cara paling aman adalah dengan berkunjung kantor cabang terdekat. Bukan gunakan ponsel, ATM, atau call-center.

  • Selain pada jam kerja dan bawa syarat lengkap, Anda juga harus datang ke sana sendiri. Maksudnya tidak diwakili seseorang ?

Jangankan rekan, diwakili saudara/keluarga/pasangan (suami/istri) juga tidak boleh walau membawa surat kuasa.

  • Bagaimana Jika Buku tabungan hilang ?

Jika persyaratan kurang- contoh buku tabungan atau kartu debet hilang-bawalah surat kehilangan dari kepolisian. Di bank kelak sekalian urus buku dan kartu pengganti yang baru.

  • Berapa Biaya Administrasinya ?

Untuk ganti nomor ponsel SMS Banking atau BNI Mobile Banking tidak dikenai biaya. Bila kalian diminta paling cuman Rp 6.000 atau Rp 10.000 rupiah. Harga itu untuk meterai yang ditempel pada formulir pengajuan.

  • Apa saja operator yang mendukung layanan Monile Banking ?

Operator mobile apa bisa dipakai. Baik Telkomsel (Simpati/AS), Indosat (Mentari, IM3), Tri, XL, dan lain-lain. Prabayar atau pascabayar tidak jadi masalah. Terpenting aktif dan punya sendiri.

  • Berapa Lama Nomor Yang baru terdaftar baru  aktif ?

Nomor baru SMS Banking dan Mobile Banking BNI langsung aktif. Tak perlu menunggu 1×24 jam. Dimulai dari User ID, PIN/MPIN, dan Sandi Transaksi tidak ada yang berbeda. Semua tetap sama seperti sebelumnya.

Post a Comment for "Cara ganti nomor hp SMS dan Mobile Banking BNI"