Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking || Harus Diketahui Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking - Bertransaksi perbankan bukan hanya dapat dilaksanakan melalui ATM dan teller bank saja. Anda beberapa nasabah dapat manfaatkan layanan online yakni Internet Banking dan Mobile banking.

Di mana sebagian besar bank-bank tanah air seperti BRI, BNI, Mandiri, BCA dan bank daerah telah menawarkan dua layanan tersebut. Maksudnya ialah mempermudah transaksi yang ingin dilaksanakan oleh nasabah tak perlu ke ATM atau bank.

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking
Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking
Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Tetapi untuk orang awam, tentu saja di antara dua layanan itu banyak yang menganggap sama. Siapa sangka di antara ke-2 nya yakni Internet Banking dan Mobile Banking mempunyai perbedaan, lantas apa saja perbedaan dari 2 layanan online tersebut?

Untuk Anda yang ingin tahu akan perbedaan-perbedaan yang ada, berikut ini kita akan ulas bersama.

Jadi terus untuk baca ulasan berkaitan perbedaan dari Internet Banking dan Mobile Banking sampai akhir.

Apa Itu Internet Banking

Internet Banking (e-Banking) ialah layanan online yang dipakai untuk melakukan beragam transaksi keuangan di website resmi bank melalui browser. Website ini dapat dijangkau bila pemakai/nasabah tersambung dengan akses internet dan sudah tercatat atau mempunyai akun masuk.

Dengan layanan Internet Banking ini Anda dapat lakukan transaksi seperti transfer uang, metode pembayaran tagihan,pembelian domain dan hosting penyetoran dan yang lain. 

Hingga nanti sesudah daftar nasabah tidak perlu berkunjung ke bank atau ATM untuk melakukan sebuah transaksi. Berikut fitur khusus di Internet Banking:

  • Transfer
  • Pembayaran
  • Pembelian
  • Informasi saldo
  • Mutasi

Apa Itu Mobile Banking

Dan Mobile Banking (m-Banking) sebetulnya tidak berbeda jauh dengan Internet Banking, karena mempunyai fitur nyaris sama dan harus daftar dulu saat sebelum mengaksesnya. Yang membuat beda dengan layanan Internet Banking yakni pada proses pengaksesannya.

Bila Internet Banking dijangkau melalui browser, Mobile Banking dijangkau lewat aplikasi yang berhasil pihak bank keluarkan. 

Tetapi hal tersebut ditegaskan saat ingin terhubung pemakai harus menghubungkan akses internet dengan perangkat yang dipakai untuk membuka aplikasi. Berikut fitur khusus di Mobile Banking:

  • Transfer
  • Pembayaran
  • Info saldo
  • Mutasi
  • Check kurs dan suku bunga

Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

Apabila sudah tahu akan pemahaman dari Internet Banking dan Mobile Banking, seterusnya Anda tinggal mengetahui perbedaan-perbedaan pada dua layanan perbankan yang sebagian besar bank sudah memberikannya. Agar semakin jelas berkenaan perbedaan tersebut, baca sampai akhir.

1. Perbedaan Cara Daftar

Perbedaan pertama datang dari CARA DAFTAR layanan nya. Walau cara daftar dua layanan perbankan yakni Internet Banking dan Mobile Banking sama gampangnya, namun tetap saja ada perbedaan yang perlu dilaksanakan oleh nasabah bank saat lakukan registrasi.

a. Internet Banking

  • Silahkan register di mesin ATM terdekat (sama sesuai bank).
  • Masukan kartu debet dan masukan PIN.
  • Pilih Internet Banking, lalu ikuti tutorial registrasinya sesuai ketetapan.
  • Apabila sudah daftar, maka lanjut dengan pengaktifan Internet Banking dengan cara login ke situs bank.

b.Mobile Banking

  • - Unduh aplikasi Mobile Banking di Google Play Store atau App Store.
  • - Kirim SMS sesuai pola yang ditetapkan oleh pihak bank.
  • - Selanjutnya lanjut buat identitas dan sandi yang hendak dipakai.

Tetapi untuk Anda yang pertama kali membuka rekening bank, dapat sekaligus daftar dan pengaktifan layanan Mobile Banking supaya tidak bolak-balik ke kantor cabang.

2. Perbedaan Cara Memakai

Perbedaan ke-2 di antara Internet Banking dan Mobile Banking ialah berkenaan cara memakainya. Ada ketidaksamaan pemakaian atau pengaksesan dua layanan perbankan tersebut.

a. Internet Banking

Untuk dapat terhubung layanan Internet Banking, Anda beberapa nasabah harus membuka situs web bank. Hal tersebut mengharuskan pemakai untuk buka browser untuk dapat masuk ke halaman Internet Banking.

b. Mobile Banking

Dan untuk terhubung Mobile Banking, ada dua cara dapat dilaksanakan. Pertama ialah mengunduh aplikasi Mobile Banking di HP dan ke-2 , dapat manfaatkan menu provider (Cuman provider tertentu).

3. Perbedaan Keunggulan dan Kekurangan

Perbedaan ke-3 ada dari keunggulan dan kekurangan dari layanannya, di mana di antara Internet Banking dan Mobile Banking mempunyai perbedaan satu sama lain atas keunggulan dan kekurangannya.

a. Internet Banking

Kelebihan Internet Banking ialah pemakai tak perlu install aplikasi yang bisa jadi akan memperberat performa HP/handphone. Itu menjadikan Anda perlu akses internet untuk memulai mengaksesnya. Disamping itu ada pula kelebihan lain misalnya:

  • Bisa dijangkau kapan dan di mana saja.
  • Sistem pelindungan lebih berlapis yang tentu saja semakin aman.
  • Tidak ada biaya pulsa, cuman perlu akses internet.

lantas untuk kekurangan Internet Banking sendiri banyak dirasakan berkenaan ada token dan rawan pada perampokan data, walau telah mendapatkan sistem pelindungan berlapis namun tetap saja Internet Banking mempunyai kerentanan.

b.Mobile Banking

lantas kelebihan Mobile Banking yakni lebih ringkas, tak perlu token dan menawarkan keamanan lebih. Karena saat ada seorang yang coba mengakses/masuk layanan Mobile Banking maka perlu peroleh code OTP dan pemberitahuan SMS.

Dan untuk kekurangan Mobile Banking berbentuk rawan pada serangan virus dan hacker. Disamping itu ada juga beberapa bank yang membebankan biaya pulsa saat transaksi dengan Mobile Banking, umumnya untuk pemberitahuan SMS pada nasabah.

Mungkin itu info berkaitan bedanya di antara Internet Banking dan Mobile Banking. Mudah-mudahan dengan adanya perbedaan-perbedaan di atas dapat menjawab rasa ingin tahu Anda berkenaan dua layanan online perbankan dari bank-bank di tanah air.

Post a Comment for "Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking"