Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Uang di Indonesia

Perkembangan Uang di Indonesia
 Perkembangan Uang di Indonesia

Perkembangan uang di Indonesia mungkin merupakan satu hal yang tidak pernah Anda perhatikan sebelumnya. Bahkan, ada kemungkinan bahwa Anda sebenarnya tidak begitu mengetahui tentang hal tersebut.

Pada kenyataannya, uang, terutama Rupiah, adalah satu hal yang tidak bisa Anda pisahkan begitu saja dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, pada masa sekarang ini semakin banyak orang mengatakan bahwa segala sesuatu membutuhkan uang, bahkan untuk hal-hal yang dianggap kecil seperti penggunaan kamar mandi umum di beberapa tempat yang Anda datangi. 

Berdasarkan kenyataan seperti ini, ada baiknya jika Anda mengetahui sedikit lebih banyak tentang sejarah uang dan perkembangannya secara lebih spesifik, yaitu untuk mata uang negara yang beredar atau yang pernah beredar di Indonesia. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan tambahan pengetahuan yang mungkin bisa Anda ceritakan kepada anak atau cucu Anda nanti. 

Bagi Anda yang merasa tertarik akan hal tersebut, berikut adalah beberapa informasi singkat mengenai sejarah uang di Indonesia dan juga informasi tentang perkembangan uang tersebut. Dengan informasi ini, tentu nantinya Anda akan lebih mengetahui tentang asal pertama dari uang yang saat ini banyak Anda gunakan dalam transaksi keuangan di dalam hidup sehari-hari.

Nantinya, Anda tak akan lagi menggunakan sesuatu, yang dalam hal ini adalah mata uang negara Indonesia, tanpa mengetahui, walaupun hanya sedikit, tentang asal-usulnya dan juga perkembangannya dari waktu ke waktu yang sebenarnya adalah bagian dari sejarah negara Indonesia.

Mata Uang Pertama di Indonesia

Saat kita berbicara tentang mata uang yang beredar atau tentang perkembangan uang di Indonesia, mungkin Anda berpikir bahwa saat negara Indonesia akhirnya meraih kemerdekaan pada tahun 1945, tepatnya pada tanggal 17 Agustus, Indonesia sudah mempunyai mata uang yang bisa digunakan oleh masyarakat. Pada masa itu rupiah sudah digunakan untuk melakukan segala macam transaksi keuangan dan juga perdagangan. 

Bagi negara yang sudah dikatakan merdeka, mata uang dapat dikatakan sebagai salah satu syarat yang harus dipenuhi. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa pada saat itu sebenarnya Indonesia belum memiliki mata uang sendiri sama sekali. Lalu, bagaimana orang pada zaman itu melakukan transaksi dan juga semua hal yang berhubungan dengan uang jika tidak ada mata uang yang tersedia?

Di masa itu, sebenarnya sudah ada beberapa mata uang yang beredar di Indonesia. Akan tetapi, mata uang tersebut bukanlah mata uang asli Indonesia. Contoh pertama dari mata uang tersebut adalah mata uang Jepang, yang tidak lain adalah negara yang pernah menjajah Indonesia.

Selain itu, ada juga mata uang yang diketahui sebagai mata uang Hindia Belanda. Satu mata uang lain yang juga beredar pada masa itu adalah mata uang De Javasche Bank. Walaupun sudah ada beberapa mata uang yang bisa digunakan pada saat itu, keadaan ekonomi Indonesia sebenarnya menjadi buruk karena lambat laun peredaran dari setiap mata uang tadi menjadi cukup tak terkendali.

Pada akhirnya, walaupun masih dalam usaha mempertahankan kemerdekaan dan juga menjaga keamanan bangsa, pemerintah Indonesia yang waktu itu masih dipimpin oleh Presiden Soekarno memutuskan untuk menerbitkan mata uang negara Indonesia yang lebih dikenal dengan sebutan ORI.

ORI ini sebenarnya adalah singkatan dari Oeang Repoeblik Indonesia atau yang dalam ejaan yang disempurnakan adalah Uang Republik Indonesia. Tentu saja, mata uang yang satu ini adalah mata uang resmi pertama yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Waktu penggunaan pertama dari mata uang ini sendiri adalah sekitar satu tahun setelah Indonesia meraih kemerdekaan. 

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia setelah munculnya mata uang ORI ini bisa dikatakan cukup lambat. Hal ini mungkin berhubungan dengan fokus pemerintah yang masih tertuju pada pertahanan keamaanan negara yang sebenarnya masih dalam tahap mencari kestabilan. Beberapa tahun kemudian, akhirnya keamanan Indonesia mencapai kestabilan, perkembangan ekonomi di Indonesia menjadi lebih tertata lagi.

Pemerintah Indonesia juga sudah mulai merancang rencana untuk mencari kestabilan harga sehingga nantinya ekonomi di Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi dan tentunya sehat untuk semua masyarakat.

Perkembangan uang di Indonesia dari ORI Menjadi Rupiah

Saat Anda mengetahui bahwa sebenarnya Rupiah yang kita gunakan pada masa sekarang ini bukanlah mata uang pertama dari negara Indonesia, mungkin Anda bertanya-tanya tentang bagaimana pada akhirnya ORI bisa berubah menjadi Rupiah. Sebenarnya, tidak diketahui secara pasti mengapa pada akhirnya ORI diganti menjadi Rupiah.

Beberapa sumber menyebutkan, bahwa ORI mempunyai nilai yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mata uang lain pada saat itu, terutama mata uang De Javasche Bank. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan digantinya ORI dengan Rupiah. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa ada satu mata uang Indonesia lagi yang muncul setelah ORI dan sebelum Rupiah. 

Mata uang tersebut disebut dengan nama RIS. Setelah itu, baru mata uang yang bernama Rupiah muncul tentu saja dengan nominal yang cukup berbeda dengan nominal Rupiah di masa sekarang. Nama Rupiah sebenarnya merupakan satu hal yang cukup menarik untuk kita bahas. Hal yang menjadikannya menarik adalah karena ada beberapa anggapan tentang pemilihan nama Rupiah itu sendiri.

Dari beberapa versi, ada dua yang dikatakan paling mendekati arti Rupiah sebagai mata uang. Pertama, kata rupiah dianggap berasal dari kata Rupee yang tidak lain adalah mata uang Hindia yang juga pernah digunakan pada masa penjajahan dan beberapa saat setelah kemerdekaan Indonesia.

Anggapan lainnya adalah bahwa kata Rupiah sebenarnya diambil dari salah satu kata di bahasa Mongolia yaitu Rupia yang berarti perak. Hal ini mungkin mejadi penyebab kenapa orang Indonesia sering menggunakan kata perak sebagai pengganti kata Rupiah. 

Contohnya saja, saat mereka hendak menyebutkan 100 Rupiah mereka lebih sering memilih untuk menyebutkan 100 perak. Sekarang, Anda tak lagi bingung mengenai penyebutan kata perak sebagai pengganti rupiah, bukan? 

Mengenai definisi dari Rupiah itu sendiri, sebenarnya kedua asal kata yang sudah disebutkan tadi mempunyai arti yang cuktup sesuai dengan mata uang Indonesia yang satu ini. Hal semacam ini cukup menarik untuk Anda ketahui, bukan? Terlebih lagi, sekarang Anda mempunyai tambahan pengetahuan mengenai mata uang Indonesia dari ORI menjadi Rupiah. 

Anda juga sudah mengetahui tentang perkembangan awal dari mata uang negara ini. Penggunaan Rupiah yang disertai dengan pengetahuan dasar tentangnya tentu saja adalah satu hal yang lebih disarankan karena ini juga bisa menjadi wujud rasa cinta Anda terhadap tanah air kita ini.

Melalui perkembangan uang rupiah ini, Anda dapat melihat perjalanan sejarah Indonesia dari sejak merdeka sampai saat ini. Sejarah tersebut menjadi gambaran keadaan tanah air ini.

Semoga saja informasi mengenai perkembangan uang di Indonesia dan juga beberapa informasi lain yang berhubungan dengan hal itu yang sudah dipaparkan kepada Anda di sini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi Anda.

Post a Comment for " Perkembangan Uang di Indonesia"