Struktur Penulisan Makalah

Struktur Penulisan Makalah
 Struktur Penulisan Makalah

Para pelajar dan mahasiswa zaman sekarang hampir semuanya mampu membuat makalah, sebab guru di sekolah atau di kampus telah memberikan tugas membuat mekalah hampir di setiap pelajarannya, sehingga pelajar atau mahasiswa tersebut terus berlatih dalam tujuannya  berdiskusi dan memperbincangkan makalah tersebut.

Selain itu mahasiswa juga belajar berbicara di depan umum, berlatih berpikir kreatif, belajar mengemukakan pendapat, belajar cara membawakan acara, belajar etika dalam berkomunikasi atau berbicara atau berpendapat di depan umum, dan sebagainya, begitu besar manfaat dari suatu pendiskusian makalah yang kita buat.

Namun, kadangkala kita sering masih bingung apa saja struktur penulisan makalah itu. Oleh karena itu, ita harus sering berlatih membuat makalah yang baik.

Struktur Penulisan Makalah Sederhana

Berikut ini merupakan contoh struktur penulisan makalah yang sederhana, yaitu:

BAB I

BAB I terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan makalah, manfaat penulisan makalah.

Latar Belakang

Latar belakang penulisan makalah ini berisikan pengertian objek atau tema dari judul pembuatan makalah. Kita harus menjelaskan apa yang dimaksud dengan bla bla bla, mengapa kita menulis makalah tentang tema ini, 5 W 1 H kita rangkum dalam latar belakang sehingga pembaca tahu apa latar belakang atau alasan dibuatnya makalah ini. Lebih baik lagi kita menuliskan judul makalah kita pada kalimat penutup  latar belakang ini.

Rumusan Masalah

Rumusan makalah sangat penting salam struktur penulisan makalah, karena rumusan makalah merupakan dasar kita membuat makalah. Contoh rumusan makalah: Bagaimana narkoba dapat membuat para pemakai narkoba sakau?

Tujuan

Tujuan penulisan makalah menyangkut tujuan umum dan tujuan khusus.

Manfaat

Sebutkan apa saja manfaat dalam pembuatan makalah ini.

BAB II

BAB II ini merupakan BAB yang sebagiannya bersumber dari referensi, yaitu pengertian-pengertian. BAB II merupakan isi dan pembahasan dari rumusan makalah kita.

BAB III

BAB III berisi tentang kesimpulan dan saran. Apa saja kesimpulan dari seluruh isi makalah kita, berikut penjelasan kesimpulan dari uraian perumusan masalah, serta saran untuk membangun tulisan kita lebih baik lagi di masa yang akan datang serta harapan semoga makalah kita ini dapat berguna bagi para pembaca.

Struktur penulisan makalah ini juga harus dilengkapi dengan cover atau sampul depan berisikan nama penulis atau penyusun dan icon-icon lainnya, kata pengantar, daftar isi, dan diakhiri dengan daftar pustaka di bagian belakang. Jika ada lampiran, bisa disisipkan di bagian belakang dari makalah kita. Itulah sebuah contoh struktur penulisan makalah secara sederhana. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url