Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SUAMI IDAMAN : Suami Surgawi

SUAMI IDAMAN : Suami Surgawi
SUAMI IDAMAN : Suami Surgawi

Apa yang menjadikan suami idaman bagi para wanita? Faktor fisik, kemampuan financial yang mencukupi bahkan berlebih, memiliki ketangguhan mental dalam menghadapi derasnya arus kehidupan, atau karena alasan yang lain?

Banyak hal yang dapat dipikirkan dalam memahami seorang pria. Terlebih lagi yang telah menyandang status sebagai seorang suami dari seorang wanita. Sungguh sangat mulia, jika ada seorang lelaki yang memahamkan dirinya sebagai suami dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, namun sangat langka kita temui.  

Suami Idaman

Suami merupakan status terhormat dan mulia bagi seorang lelaki yang mau dan mampu dalam menjajaki dan mengaruhi episode baru dalam kehidupan manusia. Suami merupakan salah satu tatanan apik yang diciptakan untuk menyeimbang kehidupan seorang wanita. Jika suami dengan tatanan yang apik tersebut mampu dan yakin akan fitrah atau kodrat dirinya sebagai lelaki. Maka ia akan melaksanakan kebaikan dan kemanfaatan dalam episode hidup berumah tangganya.

Jika ada seorang lelaki yang masih dalam status sendiri, dan telah memiliki kemampuan dan kecukupan finansial dan mentalitas yang baik, maka lebih baik untuk disegerakan menikah. Hal itu akan menjadikan lelaki tersebut memiliki kehidupan yang lebih berkualitas dan bemanfaat. 

Sebagaimana hadits nabi Muhammad SAW, ‘Abdullah Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda pada kami: "Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu." Muttafaq Alaihi.

Juga disebutkan dalam hadits yang lain, ‘Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan kami berkeluarga dan sangat melarang kami membujang. Beliau bersabda: "Nikahilah perempuan yang subur dan penyayang, sebab dengan jumlahmu yang banyak aku akan berbangga di hadapan para Nabi pada hari kiamat." Riwayat Ahmad. Hadits shahih menurut Ibnu Hibban. Itulah mengapa Rosul sangat menyenangi lelaki yang bertanggung jawab dan berperilaku baik kepada wanita.

Sifat-Sifat Suami Idaman

Suami idaman merupakan pengejawantahan hidup yang baik dalam pandangan islam. Bagaimana pemberlakuan suami ini dalam aplikasi kehidupan? Berikut ini dipaparkan beberapa sifat yang dimiliki seorang suami idaman.

Sifat Suami Idaman - Tegas dan Adil

Suami tipe ini akan memiliki sifat tegas dalam segala hal. Maksudnya, memiliki ketegasan dalam mengatur rumah tangga untuk memperoleh kebaikan dan kemanfaatan rumah tangga baik dalam hal finansial, pendidikan, sandang, pangan, papan, bahkan seks yang merupakan fitrah dan keutamaan dalam rumah tangga. Jika dilaksanakan karena ibadah untuk memperoleh kebaikan bersama, maka hal tersebut akan semakin berkesan dan menyenangkan.

Suami idaman harus memiliki sifat adil. Adil dalam pelaksanaan kepemimpinannya, dapat berkata benar dan dipercaya atas suatu tindakan yang dilakukan ketika ada permasalahan rumah tangga yang membelit. Adil terhadap setiap anggota rumah tangga, baik istri, anak, mertua, orang tua kandung, bahkan adil kepada dirinya sendiri.

Suami  adalah pemimpin bagi istri dan anak-anaknya. Sehingga ia akan mengabdikan dirinya untuk keluarga secara utuh tanpa alasan dan imbalan apapun. Suami  merasa bahwa itu merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan. Sebagaimana hadits nabi ‘Bertakwalah kepada Allah dan berlakulah adil terhadap anak-anakmu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sifat Suami Idaman - Rajin Ibadah

Seorang suami tipe ini, mutlak harus melaksanakan yang satu ini. Mengarungi rumah tangga adalah suatu keharusan dalam ibadah. Melaksanakan ibadah wajib dan sunnah, baik dalam skala ibadah mikro maupun ibadah dalam skala makro. Keteladanan beribadah dapat menyejukkan rumah tangga, jika suami memiliki tingkat keimanan yang tinggi.

Memiliki keimanan yang tangguh dan kokoh akan menjadikan diri seorang suami banyak dicintai istri dan anak. Mereka akan semakin taat dan patuh dalam pelaksanaan kehidupan berumah tangga, yang juga akan menjadikan mereka (istri dan anak-anak) memiliki kepribadian yang surgawi pula.

Hal tersebut dapat terjadi karena mereka (istri dan anak) menyaksikan pemimpin mereka bertauladan, berperilaku, dan memiliki amanat terhadap keluarganya. Kecintaan istri dan anak kepada seorang suami akan menjadikan rumah tangga kokoh dan tidak mudah terombang ambing jika dilanda permasalahan kehidupan apapun.

Sifat Suami Idaman - Tidak canggung Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Ini penting untuk diingat. Mengingat banyak suami yang masih ogah-ogahan dalam membantu kegiatan atau pekerjaan rumah tangga bersama. Dengan adanya komitmen ini, dimana pekerjaan rumah tangga dikerjakan bersama dengan kapasitas kemampuan masing-masing, baik istri ataupun suami, dapat disimpulkan perjalanan rumah tangga akan semakin mengasyikkan.

Sifat Suami Idaman - Bekerja Keras

Bekerja keras dalam mencari nafkah. Ini sudah merupakan kodrat suami. Lelaki harus atau wajib dalam menafkahi istri dan anaknya. Hal ini merupakan kewajiban yang tidak dapat ditawar lagi, karena suami akan berusaha semaksimal mungkin dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga bersama. Tentu saja hal ini juga diimbangi pengertian seorang istri akan kepayahan dan kesanggupan suami dalam memenuhi kebutuhan bersama.

Sifat Suami Idaman - Suka Bercanda dan Berkasih sayang

Suka bercanda dan berkasih sayang terhadap anggota keluarga. Rosulullah SAW mencontohkan kepada kita untuk senang dengan bersenda gurau atau bercanda secara tidak berlebihan. Hal ini dapat menguatkan ikatan batin antara suami dengan istri dan anak. Begitu pula berkasih sayang. Jika suami memiliki perasaan ini, akan semakin memperkokoh semangat berumah tangga menuju rumah tangga yang penuh dengan kebaikan dan kemanfaatan.

Sifat Suami Idaman - Bijaksana

Suami tipe ini akan memimpin keluarganya yaitu istri dan anak-anaknya dengan cara dan sikap yang bijaksana. Suami dapat memberikan solusi dalam berbagai macam permasalahan dengan selalu mengajak berkomunikasi dengan baik sang istri.

Begitu pula dengan sang istri hendaknya mampu mengkomunikasikan kesulitan dalam rumah tangga kepada suami. Kesulitan-kesulitan tersebut misalnya bagaimana pengelolaan keuangan rumah tangga, mengenai pendidikan dan pengasuhan anak. 

Selain itu, suami juga harus memberikan istri kesempatan untuk dapat mengutarakan pendapat atau solusi jika suami tidak dapat menemukan penyelesaian yang baik. Dengan begitu, sang istri merasa banyak dan lebih dihargai.

Sifat Suami Idaman - Model Keluarga

Suami tipe ini merupakan inspirasi keluarga yang menjadikan dirinya model atau miniatur dalam keluarga untuk segala hal, misalnya tindakan, tutur kata. Rasulullah mendapatkan julukan Al-quran berjalan, dimana segala macam permasalahan dan semua solusi Rasulullah adalah contoh nyata dalam kehidupan.  

Mengapa sifat-sifat itu harus ada pada suami idaman? Semua harus dipenuhi dan dilakukan oleh suami ini. Dengan keadaan yang telah disebutkan di atas, kebaikan dan kemanfaatan rumah tangga dapat tercipta secara dinamis dan harmonis. Begitu pula dengan istri yang memberikan perimbangan perilaku dalam pencapaian tujuan tersebut. Semua dilakukan ketika dan dalam keadaan apapun, suami siap akan segala kemungkinan yang terjadi dalam mengarungi rumah tangga bersama istri.

Suami idaman di mana engkau sekarang? Zaman telah semakin maju, tidak ada yang tidak mungkin dilakukan dan ditemukan saat ini. Semua telah ada bahkan yang belum ada pun bisa diadakan asalkan memiliki kemampuan batas di luar nalar manusia umumnya.

Suami idaman engkau telah hilang dimakan zaman. Namun aku yakin , masih ada dan langka di antara bermilyar lelaki di dunia ini, engkau, terselip di sana. Semoga wanita sholihah dan mulia yang akan menemukan engkau. Begitu juga dengan engkau, akan menemui istri idaman yang engkau nantikan.   

Post a Comment for "SUAMI IDAMAN : Suami Surgawi"