Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atm BRI Meminta Tangal Lahir ? Ini Penyebab Dan Solusinya.

Atm BRI Meminta Tangal Lahir ? Ini Penyebab Dan Solusinya.

Bank BRI - Menjadi salah satu lembaga keuangan milik BUMN Bank BRI tentunya memberikan banyak layanan - layanan dan fasilitas - fasilitas  untuk mempermudah Nasabahnya dalam melakukan Propes transaski keuangan seperti Kartu ATM, MBanking, Mobile Banking, SNS Banking Dll

Pada saat menggunakan fasilitas - fssilitas tersebut tentu saja banyak timbul Kejadian tidak mengenakan mungkin akan terjadi pada siapa saja, Seperti misalnya saat bertransaksi di mesin ATM justru ATM tidak dapat memproses, ATM BRI minta tanggal lahir dan beberapa gangguan lain. 

Dengan kejadian itu, pastinya akan membuat nasabah BRI yang ingin melakukan transaksi keuangan akan tertunda. 

Beberepa teman saya pernah mengalami kendala saat bertransaksi di ATM BRi yaitu ATM BRI MEminta nasabah Memasukan tanggal lahir. Lantas apa penyebab dan cara mengatasi ketika ATM BRI minta tanggal lahir saat transaksi di ATM sedang berlangsung?. 

Terkait kejadian tersebut, pada pembahasan kali ini kami akan sajikan secara lengkap informasi mengenai ATM meminta atau menyuruh nasabah  untuk memasukkan  tanggal lahir. 

Sebenarnya permasalahan ATM minta tanggal lahir sendiri sebenarnya bukan permasalahan yang serius dan tidak mengakibatkan saldo nasabah hilang. 

Namun bagi nasabah BRI yang baru pertama kali menemui kendala seperti ini tentu saja akan merasa bingung dan sedikit cemas. Tidak perlu berlebihan dan nasabah harus bersikap tenang, sehingga nantinya bisa berfikir untuk mengatasi permasalahan ATM minta atau menyuruh memasukkan  tanggal lahir. 

Fasilitas ATM BRI

  • Pendaftaran E-Banking
  • Info Saldo
  • Tarik tunai
  • Ganti PIN
  • Transfer Antar Akun
  • Pembayaran tagihan
  • Isi Ulang Pulsa Seluler

 ATM BRI Minta Tanggal Lahir 

Terkait kejadian ATM minta tanggal lahir sendiri juga kerap dinamakan sebagai ATM BRI disable. Yang mana kartu ATM BRI Nasabah dinonaktifkan oleh pihak bank BRI akibat beberapa hal, 

ATM BRI minta tanggal lahir baik dari penyebab beserta solusi maupun cara mengatasinya kita akan bahas bersama dibawah ini. Sehingga nantinya proses transaksi bisa dilakukan kembali dan berjalan lancar tanpa ada kendala. 

 Penyebab ATM BRI Minta Tanggal Lahir 

Untuk ATM BRI menunjukkan layar notifikasi yang meminta tanggal lahir sebenarnya hal umum yang bisa juga terjadi juga di ATM-ATM bank lain. Itu artinya tidak hanya terjadi pada ATM BRI saja, melainkan ATM minta tanggal lahir bisa juga terjadi di ATM BNI, BCA, Mandiri dan ATM lainnya. 

Kejadian ATM meminta atau menyuruh pengguna untuk memasukkan  tanggal lahir penyebabnya dikarenakan nasabah BRI telah menggunakan kartu ATM tanpa mengganti PIN ATM dalam kurun waktu yang cukup lama (biasanya selama 6 bulan) atau bisa juga tidak pernah mengganti PIN dari waktu pertama kali pembuatan. 

Muncul atau dimintanya tanggal lahir ini berguna meminimalisir tindak kejahatan yang dilakukan oleh orang -orang  yang tidak bertanggung jawab. Sehingga secara otomatis sistem bank BRI melakukan verifikasi dengan memunculkan layar tampilan  tanggal lahir dan menyuruh nasabah memasukan tanggl lahir 

Terkait tujuan dari dimintanya  tanggal lahir sendiri sebagai bentuk verifikasi keamanan untuk menghindari hal tidak diinginkan. Banyak nasabah merasa cemas dengan kejadian ini, namun sekali lagi ATM meminta tanggal lahir bukan masalah serius yang bisa berakibat fatal seperti kehilangan saldo. 

Cara Mengatasi ATM BRI Minta Tanggal Lahir 

Setelah mengetahui penyebab ATM meminta tanggal lahir di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui cara mengatasinya. Di mana untuk permasalahan dimintanya  tanggal lahir di ATM cara mengatasinya cukup mudah, nantinya nassabah  hanya perlu melakukan pergantian atau ubah pin lama dengan PIN ATM baru. 

Di mana jika sedang transaksi di ATM kemudian muncul layar yang meminta masukkan tanggal lahir, maka bisa atasi langsung di mesin ATM dengan cara meneruskannya dengan melakukan pergantian PIN ATM. 

Untuk lebih jelas bagaimana cara ganti PIN melalui mesin ATM simak langkah di bawah ini. 

  •  Langkah pertama masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM. 
  • Jika sudah pilih bahasa dan masukkan 6 number pin ATM BRI. 
  •  Saat layar muncul tulisan minta tanggal lahir silakan tekan saja “ Ya”. 
  •  Lalu lanjut isi format tanggal lahir 8 number (Tanggal, Bulan dan Tahun). 
  •  Setelah terisi maka Anda diminta masukkan 6 number Pin ATM BRI lama. 
  • Kemudian masukkan 6 number Pin ATM BRI baru. 
  •  Sekali lagi masukkan Pin ATM BRI baru sebagai langkah konfirmasi. 

Dengan begitu ganti Pin atau aktivasi kartu berhasil dan sudah bisa digunakan kembali untuk bertransaksi. 

Anda juga bisa ganti PIN ATM BRI lewat HP dengan memanfaatkan layanan SMS Banking. Silakan buka HP yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi SMS Banking. Kemudian lanjut buka menu “ Pesan”. Buat pesan baru dan ketik Format SMS PIN (spasi) PIN Baru (spasi) PIN lama setelah itu kirim ke 3300

Bisakah Ganti PIN ATM Melalui BRImo? 

Untuk pertanyaan satu ini, nasabah BRI masih belum bisa melakukan ganti PIN ATM BRI melalui layanan BRImo. Itu artinya jika ingin lakukan pergantian PIN ATM bisa dilakukan lewat mesin ATM secara langsung dengan mendatangi gerai ATM BRI terdekat dengan lokasi Anda berada. 

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan pergantian PI ATM BRI dengan cara datang langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat yang nantinya akan dibantu oleh costumer  service/ CS bank BRI. Namun pastikan nasabah BRI membawa dokumen buku tabungan, KTP dan kartu ATM. 

Demikian pembahasan ATM BRI meminta tanggal lahir lengkap dari penyebab serta cara mengatasi yang dapatpakaiatm.com sajikan. 

Namun jika kartu ATM BRI tetap saja disable atau tidak aktif karena beberapa hal, maka Anda harus lakukan cara enable kartu ATM BRI agar nantinya bisa lakukan transaksi. 

Tips Menggunakan ATM BRI

  • Simpan kartu ATM dan PIN Anda sendiri
  • Ganti PIN Anda secara berkala dengan PIN yang belum pernah Anda gunakan
  • Jaga kerahasiaan PIN dan hafalkan agar tidak tercoret di dompet, ponsel, atau tempat yang terlihat oleh orang lain
  • ATM adalah Layanan Terpadu Anda. Pastikan Anda memanfaatkan fitur ATM untuk kenyamanan Anda

Adanya pembahasan terkait ATM BRI menyuruh memasukkan tanggal lahir di atas semoga bisa bermanfaat. Terutama bagi para nasabah BRI yang menemui kendala atau kejadian serupa di mana meminta nasabah untuk masukkan format tanggal lahir saat bertransaksi di mesin ATM BRI.