Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Syarat Dan Cara Mengajukan Pinjaman Di Bank BRI

KUR BRI - Usaha Micro Kecil Dan Menengah ( UMKM ) adalah usaha yang dikelola atau dijalankan oleh seorang individu, badan usaha kecil maupun rumah tangga untuk meningkatakan taraf  hidup atau perekonomiannya.

dalam membuka usaha tersebut tentunya pelaku usaha membutuhkan modal yang tidak sedikit untuk menjalankannya, modasl usaha tersebut bisa dasri modasl pribadi, kerja sama, maupun pinjaman dari berbeagai pihak termasuk meminjam dari bank.

hampir setiap bank memberikan pinjaman kepada masyarakat atau pelaku usaha micro dengan jaminan tertentu misalnya sertifikat tanah, rumah, BPKB Mobil dan lain - lain.

salah satu bank yang memberikan Pinjaman ( KUR ) kepada UMKM adalah Bank BRI dengan jaminan aset apa yang dimiliki atau di ajukan oleh nasabah dalam mengajukan pinjaman tersebut

namun sebelum mengajukan pinjaman ( Kur ) ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh nasabah seperti syarat - syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman tersebut.

Syarat Dan Cara Mengajukan  Pinjaman Di Bank BRI

Syarat Dan Cara Mengajukan  Pinjaman Di Bank BRI
Syarat Dan Cara Mengajukan  Pinjaman Di Bank BRI


Adapun ketentuan nasabah yang dapat mengajukan pinjaman adalah

  • Mempunyai usaha tetap
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan ( jika di daerah saya Cukup keterangan usaha saja )
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lainnya yang dapat dipersamakan ( tergantung wilayah, kalau di daerah saya cukup keterangan usaha saja dari desa )

Adapun syarat - syarat berkasnya yaitu : 

  • Keterangan usaha 
  • Identitas diri
  • Keterangan Domisli Suami - Istri
  • Sertifikat/ aset jaminan
  • Buku Nikah Suami Istri ( Jika Sudah Menikah )

Keterangan Usaha

nasabah yang mengajukan pinjaman di bank bri harus memiliki surat keterangan usaha yang dikeluarkan oleh Kantor Desa setempat, nasabah bisa langsung ke kantor kelurahan/kantor desa setempat untuk meminta keterangan usaha tersebut dan jangan lupa membawa berkas - berkas yang dibutuhkan, seperti KK,KTP

Syarat Dan Cara Mengajukan  Pinjaman Di Bank BRI
Syarat Dan Cara Mengajukan  Pinjaman Di Bank BRI

Identitas Diri

Identitas diri ini seperti KTP Dan KK

Sertifikat atau Aset Jaminan

Membawa aset atau sertifikat yang akan dijadikan jaminan pinjaman. Bagi nassabah yang menggunakan sertifikat atau Jaminan milik orang lain diharuskan membawa surat kuasa yang diberikan oleh pemilik aset/sertifikat. bisa dibuat sendiri atau dibuat di kantor desa/keluarahan setempat dengan stempel mengetahui kepala desa / lurah setempat.

Surat Keterangan Domisili Suami - Istri

Untuk surat keterangan domisili suami - istri ini bisa mengambil blanko nya di bank, tapi ada juga desa/ atau kelurahannya menyediakannnya.

Jika tidask ingin bolak - balik dari bank ke kantor desa lagi nasabah bisa meminta pejabat kelurahan untuk mengeluarkannya sekalian mengisinya.
Syarat Dan Cara Mengajukan  Pinjaman Di Bank BRI
Surat Keterangan usaha


Syarat Dan Cara Mengajukan  Pinjaman Di Bank BRI
Keterangan usaha Suami Istri


Cara Mengajukan Pinjaman Di Bank BRI

Menyiapkan Bahan


Pertama - tama persiapkan terlebih dahulu  berkas - berkas yang dibutuhkan, cek lagi dan lagi agar tidak ada yang terlewatkan

Kunjungi kantr Bank BRI


datangi kantor bank BRI terdekat atau kantor bank bri yang ingin anda ajukan pinjaman, sampaikan pada satpan maksud kedatangan anda, maka satpam akan mengarahkan kemana dan apa yang harus anda lakukan

Menunggu Giliran

Jika banyak orang maka anda bisa menunggu beberapa saat sebelum nama anda di panggil
Sampaikan Maksud anda
Setelah tiba giliran anda dan nama anda dipanggil, silahkan masuk, sampaikan maksud kedatangan anda.

Menyerahkan berkas


setelah itu petugas akan meminta berkas - berkas yang dibutuhkan dan serahkan semua berkas yang diminta tersebut.

Setelah itu petugas akan mengecek kelengakapn berkas anda dan jika sudah lengkap dan tidak ada masalah maka petugas akan memprosesnya, silahkan tunggu beberapa saat.

Setelah semua berkasnya sudah selesai dan diterima oleh bank  maka petugas akan memberitahukan kapan pinjaman itu bisa dicairkan, biasanya untuk pencairan membutuhkan waktu beberapa hari bahkan beberapa minggu, silahkan anda menunggu panggilan daari pihak BAnk BRI.

Itu dia syarat dan cara mengajukan opinjaman di bank BRI, jika ada kekurangan silahkan berkomentar biar bisa saya perbaiki, Terimakasih


Post a Comment for "Syarat Dan Cara Mengajukan Pinjaman Di Bank BRI"