Cara Mengajukan Pinjaman Pada Bank BSI

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BSI - PT. Bank Syariah Indonesia atau biasa dikenal dengan Bank BSI, merupakan hasil penggabungan dari 3 ( Tiga ) Bank  Yaitu Bank Mandiri Syariah,Bank  BRI Syariah dan Bank  BNI Syariah. Penggabungan ketiga bank tersebut tentunya akan mengarah pada peningkatan layanan perbankan berbasis syariah di Indonesia.

Tidak hanya fokus pada simpanan dan layanan Deposito. Seperti bank konvensional yang ada, Bank BSI juga menyediakan produk pinjaman yang siap membantu masyarakat Indonesia untuk berbagai kebutuhan. Tentunya semua fasilitas kredit yang ditawarkan selalu berdasarkan prinsip syariah.

Dalam penyaluran sarana pembiayaan modal kerja, usaha, investasi dan kebutuhan keuangan lainnya. Bank BSI setidaknya mengacu pada tiga akad, yaitu akad Al Musyarakah, Mudharabah dan Al Muzara`ah.

Cara Mengajukan Pinjaman Pada Bank BSI

Cara Mengajukan Pinjaman Pada Bank BSI
Cara Mengajukan Pinjaman Pada Bank BSI


Daftar pinjaman Bank BSI

Penggabungan tiga bank syariah terbesar di Indonesia yang sebelumnya memberikan sejumlah produk dan fasilitas keuangan. Setidaknya kita masih bisa mendapatkannya dari bank BSI. Juga, seperti yang kami sebutkan sebelumnya, BSI juga berfokus pada program tabungan dan deposito.

Bank BSI juga memiliki tekad yang tinggi dalam membantu sektor usaha mikro dalam negeri. Oleh karena itu, Bank BSI kini juga memberikan kuota kepada nasabah yang mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhannya. Sampai kami mempublikasikan informasi ini, setidaknya ada beberapa PINJAMAN BANK BSI yang dapat nasabah manfaatkan.

Beberapa di antaranya seperti:

  • BSI Griya Hasanah
  • BSI Griya Mabrour
  • BSI Griya Simuda
  • BSI KPR Sejahtera
  • BSI KUR kecil
  • BSI KUR mikro
  • BSI Kur Super Micro
  • BSI Mitraguna Berkah
  • BSI Hasanah Serbaguna
  • BSI oto
  • Berkah Pensiun BSI
  • Mitragun Online

Yang paling umum Pinjaman di Bank Syariah Indonesia meliputi 3 jenis diantaranya:

BSI KUR

KUR BSI adalah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat. Pinjaman ini diberikan sebagai pinjaman bisnis. Besaran modal yang disetorkan bisa mencapai Rp 500 juta untuk jangka waktu 48 hingga 60 bulan.

Petani BSI KUR

Jenis pinjaman kedua ini khusus untuk petani. Pinjaman ada untuk mendukung pertanian berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian Indonesia. BSI usaha mikro

Sesuai dengan namanya, Bisnis Mikro BSI menawarkan pinjaman mulai dari Rp 5 juta hingga Rp 200 juta dengan jangka waktu hingga 60 bulan untuk pembiayaan usaha mikro.

Syarat - Syarat Mengajukan Pinajaman Pada BSI

Anda mungkin menemukan bahwa setidaknya ada cukup fasilitas pinjaman yang dapat kita gunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Ini termasuk pembiayaan untuk kepemilikan rumah, apartemen, atau kepemilikan kendaraan bermotor, mobil atau sepeda motor baru dan bekas.

Namun untuk mengajukan pinjaman bank BSI tersebut tentunya kita harus memenuhi sejumlah SYARAT PINJAMAN BANK BSI, termasuk memenuhi persyaratan jaminan atau agunan yang sesuai dengan produk pinjaman bank BSI yang ingin Anda ajukan.

Misalnya, ketika Anda ingin mengajukan pinjaman BSI KPR atau BSI KUR, Anda setidaknya harus menunjukkan sertifikat real estat atau tanah sebagai jaminan. Begitu pula ketika ingin mengajukan pinjaman bank BSI untuk pembiayaan OTO, agunan atau jaminan yang dibutuhkan adalah  BPKB Kendaraan

Selain berkas persyaratan tersebut, ada juga beberapa persyaratan lain yang harus dipenuhi nasabah, antara lain sebagai berikut:

  • Warga negara Indonesia.
  • Berusia 21 tahun ke atas atau minimal sudah menikah.
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi NPWP
  • Surat Keterangan Usaha
  • Bukti jaminan hak milik
  • Rekening koran minimal 3 bulan terakhir.

Pastikan untuk memenuhi semua persyaratan untuk mengajukan pinjaman bank BSI dasn semua itu tergantung pada jenis pinjaman yang Anda inginkan ajukan. Sedangkan dokumen persyaratan lainnya akan diatur oleh Bank Indonesia Syariah Commercial Credit sesuai dengan syarat dan ketentuan Bank BSI.

Cara Mengajukan Pinjaman Bank BSI

Jika syarat di atas sudah terpenuhi, maka prosedur pinjaman bank BSI bisa dilakukan. Namun perlu kami ingatkan bahwa hingga artikel ini kami terbitkan, setidaknya satu-satunya cara untuk memastikan pengajuan adalah dengan mengunjungi kantor bank BSI terdekat.

Adapun cara mengajukan pinjaman bank BSI secara online, sepertinya belum diaktifkan atau diterapkan oleh bank BSI meskipun ada formulir aplikasi pinjaman khusus. Tetapi ketika kami mencoba menggunakan fitur tersebut, tetap tidak berfungsi.

Langkah-langkah pengajuan pinjaman bank BSI adalah untuk semua jenis fasilitas pendanaan Bank Syariah Indonesia seperti KUR, KPR, KTA, OTO dan lain-lain. Hampir semuanya bisa dilakukan dengan cara yang sama. 

Perbedaannya terletak pada profil permintaan dan detail cicilan pinjaman bank BSI. Di bawah ini adalah tata cara pengajuan pinjaman bank syariah Indonesia yang harus Anda pahami

Sebagai langkah awal, mohon siapkan semua dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kunjungi kantor bank BSI terdekat untuk mengajukan pinjaman usaha atau pembiayaan lainnya jika diperlukan.

Dapatkan nomor antrian yang diberikan ke kantor bank BSI dan tunggu nomor antrian dipanggil.

Temui Costumer Service bank BSI dan beri tahu mereka bahwa Anda ingin mengajukan pinjaman usaha/pembiayaan lainnya dari bank BSI.

Mengisi Formulir Pembiayaan 

Anda juga akan diminta untuk memberikan dokumen yang diperlukan.

Setelah semua data diterima, bank akan menganalisis permintaan pendanaan serta dokumen yang Anda kirimkan.

Jika hasil analisis dirilis, akan ada konfirmasi dari bank atas persetujuan atau penolakan aplikasi.

Jika proses aplikasi disetujui, Anda akan diminta untuk mengunjungi kantor bank BSI terdekat untuk menandatangani kontrak atau surat perjanjian. 

Setelah semua dokumen pembayaran bunga selesai, proses pencairan tunai juga ditransfer ke rekening yang didaftarkan oleh bank BSI.

Sebagai informasi tambahan, perlu diketahui bahwa fitur pembiayaan korporasi yang ditawarkan oleh Bank BSI sangat beragam. Termasuk pagu pendanaan, ditawarkan mulai Rp. 1 juta - 5 milyar

Apalagi, jangka waktu cicilan atau pinjaman juga memiliki banyak pilihan mulai dari 12 bulan hingga 360 bulan. Untuk mengetahui berapa plafon maksimal dan jangka waktu pinjaman bank BSI, lakukan simulasi minimal dengan mengacu pada TABEL LIVING BANK BSI agar penentuan jenis & plafon kredit dapat disesuaikan.

 Apakah Bank BSI melakukan Survey ?

Sama seperti produk pinjaman bank biasa dan bank syariah lainnya. Saat mengajukan pinjaman di bank BSI, setidaknya saat bank menerima semua data dan dokumen yang diperlukan.

Kemudian akan dilakukan survey oleh petugas untuk meninjau dan memastikan bahwa semua data yang tercantum pada formulir pengajuan sudah sesuai. Termasuk peninjauan lokasi usaha nasabah

Tips Agar Pengajuan Pinjaman Diterima

Berbagai faktor dapat mempengaruhi apakah lembaga keuangan menerima atau menolak  pinjaman nasabah, termasuk bank BSI. Salah satunya adalah nilai kredit atau ukuran kelayakan kredit seseorang dengan tanda angka yang dihitung menggunakan algoritma khusus untuk laporan kredit.

Selain credit rating, tentunya masih banyak faktor lain yang sangat berpengaruh. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips di bawah ini agar proses pengajuan pinjaman bank BSI berjalan lancar.

Pastikan Anda menyimpan history rekening setiap saat agar saat Bank BSI melakukan verifikasi melalui Cek BI tetap aman dan lolos. 

Pastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan diperlukan dan lengkap untuk jenis pinjaman yang Anda ajukan.

Jika diperlukan agunan, berikan agunan dengan nilai jual yang tinggi.

Dan minimal pengajuan pinjaman usaha harus dilakukan pada saat usaha yang anda miliki sudah berjalan minimal 6 bulan.

Bank Call Center

JIka anda punya keraguan atau pertanyaan - pertanyaan yang ingin diajukan silahkan hubungi Call Center BSI dibawah ini :

Telepon: 14040

Email: contactus@bankbsi.co.id

Facebook: @bankBSI.ID

Twitter: @Bankbsi__id

Instagram: @banksyariahindonesia

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa pengajuan pinjaman bank sementara BSI hanya dapat dilakukan secara offline. Karena cara pengajuan pinjaman BSI online masih belum sepenuhnya terjamin.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat menjadi referensi dan ilustrasi untuk kemudahan pengajuan pinjaman dari Bank Syariah Indonesia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url