Cara Membuat Makalah, Ciri - Ciri, Jenis,Serta Fungsinya.

Cara Membuat Makalah – Jika kalian masih duduk dibangku sekolah atau bangku kuliahan, kalian akan sering diberikan tugas berupa makalah dasri pengajar kalian. Makalah  adalah karya tulis yang bersifat ilmiah dan berisi pembahasan mengenai topik tertentu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Makalah didefinisikan dalam dua cara. 

Yang pertama didefinisikan sebagai sebuah tulisan resmi mengenai topik tertentu yang dibuat untuk dibacakan di muka umum atau dalam suatu kelas.

Yang kedua didefinisikan sebagai karya tertulis siswa sebagai hasil dari menyelesaikan tugas sekolah atau perguruan tinggi.

Namun, masih banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam penulisan makalah. Ada berbagai faktor yang menjadi penyebabnya seperti susunan pembahasan yang kurang tepat, tata bahasa yang buruk, format halaman yang buruk, dll. 

Salah satu dari kalian pasti sering mengalami hal seperti ini kan? Kalian pasti sangat malas untuk memperbaiki makalah kalian, jangan khawatir. Sekarang kita akan memberikan beberapa contoh makalah  dan cara membuat makalah.

 Cara Membuat Makalah,

Cara Membuat Makalah, Ciri - Ciri, Jenis,Serta Fungsinya.
 Cara Membuat Makalah, Ciri - Ciri, Jenis,Serta Fungsinya.


Ciri - Ciri,fungsi dan Jenis makalah

Sebelum kita membuat sebuah , kita akan membahas terlebih dahulu mengenai ci - ciri,fungsi dan jenis makalah

1. Ciri - Ciri Makalah

  • Merupakan senuah Hasil laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan terkait dengan permasalahan yang dihadapi.
  • Menunjukkan pemahaman teoritis atau kemampuan untuk menerapkan pendekatan pemecahan masalah. 
  • Menunjukkan kemampuan untuk memahami teori dan sumber informasi yang digunakan dalam menulis makalah.
  • Menunjukkan keterampilan dalam menyusun berbagai sumber informasi untuk memecahkan masalah.

2. Fungsi Makalah 

  • Melatih diri kita untuk menulis karya ilmiah secara akurat dan cermat.
  • Ia menawarkan ide-ide dalam bentuk konsep teoritis dan praktis. 
  • Untuk memperluas wawasan
  • Ini bermanfaat bagi pengembangan konsep ilmiah dan pemecahan masalah.

3. Jenis Makalah

Setidaknya ada tiga jenis makalah yaitu makalah deduktif,makalah induktif,dan makalah campuran

Makalah Deduktif adalah karya yang didasarkan pada penelitian teoritis yang berkaitan dengan masalah yang sedang dibahas.

Makalah induktif adalah karya yang ditulis berdasarkan data empiris yang objektif tentang apa yang tersedia di lapangan, namun tetap relevan dengan pembahasan. 

Makalah campuran adalah makalah yang telah diedit atau ditulis atas dasar penelitian teoritis dan data empiris. Karya campuran ini merupakan gabungan dari Makalah deduktif dan induktif.

Cara membuat Makalah yang baik dan benar 

Bagi yang masih bingung bagaimana cara menulis sebuah makalah. Berikut ini Cara membuat makalah  sederhana yang digunakan untuk menyelesaikan tugas dsari guru ata Dosen.

1. Tentukan topik/ Tema

Hal pertama yang harus dilakukan saat menulis sebuah makalah adalah menentukan topik yang ingin dibahas. Kalian perlu mengetahui terlebih dahulu topik apa yang ingin kalian bahas dan topik mana yang menarik. 

Keputusan penentuan tema memiliki dampak besar pada keberhasilan pada pembuatansebuah makalah dan proses pengerjaannya. Jadi pilihlah topik yang kalian pahami sebanyak mungkin untuk memudahkan diskusi. 

2. Tentukan judulnya

Setelah kalian memutuskan topik yang akan dibahas, langkah selanjutnya adalah menentukan judul makalah yang akan kalian buat. Buatlah judul yang mudah diingat,menarik, spesifik, dan jelas. Hal ini dimaksudkan agar judul makalah dapat mewakili pokok pembahasan  utama makalah, dan penyusunan makalah hanya berfokus pada topik pembahasan.

3. mengumpulkan bahan referensi

Kumpulkan referensi kalian dan tulis artikel kalian menggunakan referensi dari sumber yang jelas. Bahan untuk dijadikan referensi tersedia dari berbagai majalah, buku, dan artikel internet. Khusus untuk artikel internet, pastikan sumbernya jelas dan dapat di pertanggungjawabkan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kredibilitas makalah kalian.

4. Baca buku referensi tentang topik serupa

Sebelum kalian mulai menulis makalah kalian, disarankan agar kalian terlebih dahulu membaca beberapa makalah dari berbagai sumber yang berhubungan dengan topik yang sama. Ini akan membantu kalian mengetahui seperti apa makalah kalian nantinya. 

Namun jangan lupa untuk membatasi jumlah makalah yang kalian baca agar tidak kehilangan fokus pada topik pembahasan. Mohon untuk tidak menyalin karya tersebut. Ya, membaca karya tentang topik serupa dimaksudkan untuk memperdalam pemahaman kalian tentang topik yang kalian pilih.

5. Menulis makalah secara sistematis

Tulis makalah kalian secara sistematis menggunakan struktur makalah. Dimulai dengan pendahuluan dan diakhiri dengan kesimpulan yang jelas. Jangan menyimpang dari penulisan makalah. Karena topik yang kita bahas bisa jadi ambigu. Gunakan referensi yang kalian dapat  sebelumnya saat membuat makalahmu. Ini adalah bagaimana hasil dasri makalah kalian dapat dipertanggungjawabkan.

6. Tambahkan kutipan

Pada isi pembahasan makalah sering membutuhkan kutipan untuk mendukung data yang diperoleh. Ada dua jenis kutipan: kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. 

Kutipan langsung ialah tulisan  yang dibuat persis seperti aslinya tanpa perubahan apa pun. 

Kutipan tidak langsung adalah kalian sebagai penulis makalah, memotong bagian-bagian tertentu dari sumber dan mencampurnya dengan pendapat kalian sendiri.

7. Pengeditan Makalah

Pertama, periksa apakah makalah kalian sesuai dengan struktur makalah yang ada atau tidak .Periksa setiap penulisannya untuk memastikan tidak ada kesalahan ejaan, tanda baca, atau bahasa.

Struktur Makalah lengkap

Sebelum kita membuat Makalah, terlebih dahulu kita perlu melihat seperti apa struktur makalah tersebut agar nantinya dapat dengan udah kita membuatnya

1. Cover

Cover adalah sampul dari makalah dan mencantumkan judul logo, identitas pengarang, tempat terbit dan tahun terbit. Untuk halaman sampul, perataan tengah jauh lebih baik.

2. kata pengantar

Ini  juga merupakan salah satu bagian penting dari sebuah makalah. Seperti namanya, kata pengantar memainkan peran pengantar agar pembaca bisa mendapatkan gambaran umum tentang karya yang telah kita tulis.

3.Daftar Isi

Daftar isi adalah halaman yang berisi informasi halaman untuk sebuah makalah. Untuk membantu pembaca menemukan informasi spesifik dengan mudah, kita  harus memberikan deskripsi halaman untuk setiap bab dan sub bab dri makalah kalian. 

4. Pendahuluan

Pendahuluan biasanya terdiri dari tiga subbab: diantaranya : latar belakang, Rumusan masalah, dan tujuan. 

Latar belakang, selain menjawab pertanyaan, harus ditulis dengan jelas dan mudah dipahami. Latar belakang juga harus memuat data atau fakta pendukung. Bagian Rumusan Masalah memungkinkan kalian untuk memasukkan beberapa pertanyaan yang akan dibahas nanti di bagian Diskusi. 

Akhirnya, kalian akan dapat dengan jelas dan ringkas menjelaskan manfaat makalah kalian.

5. Pembahasan

Pembahasan adalah bagian terpenting dari makalah. Ini adalah bagian yang berisi uraian pokok dari masalah yang dibahas. Bagian pembahasan harus konsisten dengan latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan yang kalain tetapkan sebelumnya. Biasanya, pembahasan mencakup landasan teori uraian materi, solusi, dan solusi untuk memecahkan masalah.

6. Penutup

Bagian akhir biasanya berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi tentang ringkasan hasil diskusi tentang makalah yang kalian buat. Untuk membuat bagian ini, kalian harus  menggunakan poin-poin penting dari setiap bagian sebelumnya untuk menarik kesimpulan.

Saran  adalah bagian dari makalah yang ditujukan kepada penulis. Saran dapat mencantumkan keinginan kalian sebagai penulis makaalh agar makalah kalian  bermanfaat bagi pembaca. 

7. Daftar Pustaka

Daftar Pustaka berisi daftar referensi yang digunakan saat menulis makalah. Referensi dapat diperoleh dari buku, jurnal, atau informasi valid yang tersedia di Internet.

Demikian ulasan dan contoh makalah yang dapat diterapkan dalam penulisan makalah.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url