Dasar - Dasar Manajemen

Dasar - Dasar Manajemen -  Manajemen adalah seni atau kemampuan seseorang untuk mengelola, mengatur, dan menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain atau mendelegasikan tugas untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi. Dasar-dasar manajemen dapat didefinisikan sebagai ilmu, seni, profesi, atau proses.

Dalam pengertian lain, manajemen diartikan sebagai suatu proses perencanaan (planning), pengorganisasian (Organization), pengkoordinasian (coordinating) dan pengendalian (control) semua sumber daya yang tersedia dan dimiliki dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama agar lebih efektif dan efisien.

Manajemen adalah seni atau kemampuan seseorang untuk mengelola, mengatur, dan menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain atau mendelegasikan tugas untuk mencapai tujuan bersama dalam organisasi. Dasar-dasar manajemen dapat didefinisikan sebagai ilmu, seni, profesi, atau proses.

Manajemen adalah proses yang berbeda yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian, dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan dengan menggunakan orang dan sumber daya. 

Untuk lebih lengkapnya mengenai Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli silahkan baca Manajemen Menurut Beberapa Ahli

Dasar - Dasar Manajeman
Dasar - Dasar Manajeman

Dalam pengertian lain, manajemen diartikan sebagai suatu proses perencanaan (planning), pengorganisasian (Organization), pengkoordinasian (coordinating) dan pengendalian (control) semua sumber daya yang tersedia dan dimiliki dengan tujuan untuk mencapai tujuan bersama agar lebih efektif dan efisien.

Konsep Dasar Manajemen

Secara umum terdapat 4 (empat) konsep dasar manajemen, yaitu manajemen sebagai ilmu, manajemen sebagai seni, manajemen sebagai profesi, dan manajemen sebagai proses.

1. Manajemen Sebagai Ilmu

Manajemen dapat dipelajari sebagai ilmu. Dengan kata lain, ilmu manajemen dipelajari secara sistematis dan teoritis, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana orang-orang dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau organisasi, dengan sistem dan metode yang telah ditetapkan sebelumnya. 

2. Manajemen Sebagai Seni

Manajemen juga dapat dipahami sebagai seni. Secara umum pengertian manajemen adalah seni yaitu seni memperoleh hasil yang maksimal dengan usaha yang minimal untuk kemakmuran dan keberhasilan yang maksimal bagi para pemimpin dan pekerja suatu perusahaan atau organisasi.

3. Manajemen Sebagai Sebuah Profesi

Manajemen juga dapat berfungsi sebagai suatu profesi atau bidang pekerjaan. Dalam hal ini, orang yang bekerja di bidang manajemen sering disebut sebagai manajer, yang mengkhususkan diri dalam mengarahkan, merencanakan dan menyelenggarakan kegiatan manajemen perusahaan di bidang produksi, pemasaran, keuangan dan sumber daya manusia.

4. Manajemen Sebagai Sebuah Proses

Manajemen dapat didefinisikan sebagai proses tertentu. Dengan kata lain, manajemen didefinisikan sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian tindakan yang diambil secara konsisten dan sistematis untuk mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

Prinsip Manajemen

Menurut Henry Fayol, ada 14 prinsip manajemen kunci, antara lain sebagai berikut. 

  • Pembagian kerja (division of labor)
  • Authority and Responsibility ( wewenang dan tanggung jawab
  • Disiplin (diciplin)
  • Kesatuan Perintah ( Unity of comand )
  • Unit pengarahan ( unity of direction )
  • Order ( Ketertiban )
  • Rantai Hierarki ( Scalar chain )
  • Pemusatan ( Centralization )
  • Subordination of individual Interest
  • Penggajian Pegawai ( Remuneration )
  • Kesetaraan ( Equitity
  • Kondisi kerja yang stabil (senioritas staf yang stabil)
  • Inisiatif (inisiatif)
  • Persatuan dan Semangat (esprit de Corps)

Bidang Manajemen

Tergantung pada domainnya, ada 5 (lima) jenis manajemen. Berikut ini, kita akan membahas bidang manajemen dan definisi serta interpretasinya.

Manajemen produksi, khususnya kegiatan yang mengoptimalkan dan memaksimalkan kegiatan produksi dengan mengatur faktor-faktor produksi seperti sumber daya, bahan, tenaga kerja, alat dan mesin, dll

Manajemen pemasaran, khususnya bidang manajemen yang berhubungan langsung dengan konsumen serta pemasaran dan distribusi produk dari produsen ke konsumen.

Manajemen keuangan, adalah bidang manajemen yang berfokus pada pengelolaan keseluruhan dana dan keuangan bisnis agar berjalan lebih efisien dan efektif. Manajemen sumber daya manusia (SDM), khususnya bidang manajemen yang berfokus pada kegiatan yang berkaitan dengan tenaga kerja atau karyawan suatu perusahaan.

Manajemen/Manajemen Akuntansi, khususnya bidang manajemen, berfokus pada penyediaan layanan informasi di bidang akuntansi dan administrasi untuk menentukan kebijakan dan operasi perusahaan.

Teori Manajemen

Dalam ilmu manajemen, terdapat 6 (enam) teori manajemen utama yang mencakup arus yang berbeda.

Aliran klasik, yaitu thread yang mendefinisikan manajemen menurut fungsi manajemennya dalam penerapan fungsi tersebut.

Aliran manajemen ilmiah, menggunakan matematika dan statistika untuk mengembangkan teorinya dengan pendekatan kuantitatif. Aliran Perilaku, yang berfokus pada studi aspek manusia dan manajemen perlu memahami tindakan dan perilaku manusia.

Alur manajemen didasarkan pada hasil, khususnya aliran yang berfokus pada pemikiran tentang hasil yang dicapai, bukan interaksi aktivitas karyawan.

Garis analisis sistem, khususnya, yang memfokuskan pemikiran pada masalah yang terkait dengan bidang lain untuk pengembangan teori.

Aliran manajemen mutu secara khusus merupakan aliran pemikiran yang menitikberatkan pada upaya pencapaian kepuasan pelanggan.

Nah itulah pembahasan dasar-dasar manajemen termasuk pemahaman tentang alur manajemen, area bersama, prinsip dan teori dengan penjelasan lengkap. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang dasar-dasar manajemen.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url