-->

Administrasi Keuangan Negara:Tujuan,Manfaat dan Fungsinya

Administrasi Keuangan Negara - Istilah pengelolaan keuangan negara bukanlah kata yang asing bagi setiap orang, namun terkadang masih banyak masyarakat awam yang belum memahami arti dari Administrasi Negara. Masyarakat pada umunya beranggapan bahwa administrasi selalu berhubungan dengan Pembayaran.

Secara Terminologi, Pengertian admnistrasi adalah proses pengelolaan sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.

Administrasi adalah ilmu yang mempelajari negara dan kepentingan umum serta bertanggung jawab kepada publik yang dilayaninya

Pengertian administrasi secara luas ialah semua proses kerja sama di antara 2 orang ataupun lebih yang mempunyai tujuan untuk capai tujuan dengan manfaatkan fasilitas dan prasarana tertentu secara memiliki daya buat dan berhasil

Sementara Keuangan adalah hasil dari proses pencatatan, itu adalah ringkasan dari transaksi keuangan yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Uang merupakan kata landasan dari keuangan,  uang disimpulkan selaku Alat tukar atau standard pengukuran nilai (kesatuan perhitungan) yang resmi.

Tanpa keuangan negara, tujuan negara tidak dapat terselenggara sehingga hanya berupa cita-cita hukum. Dapatkan Buku  Administrasi Keuangan Negara

Keuangan mengacu pada istilah yang umumnya terkait dengan studi, pengelolaan dan penciptaan uang, dan penggunaan uang untuk investasi.

Keuangan adalah dasar dari semua aktivitas kami. Diperlukan manajemen yang baik untuk dapat mengelolanya sebagaimana dimaksud. Ini berlaku tidak hanya untuk perusahaan atau negara, tetapi juga untuk urusan individu.

Dari sudut pandang pedagogis, keuangan adalah turunan dari ilmu ekonomi. Terdapat ruangan khusus untuk mempelajari fungsi keuangan, manajemen kekayaan, manajemen keuangan, faktor risiko dan lain-lain.

Di sini, kita akan melihat lebih dekat pada manajemen keuangan, serta apa arti setiap kategori umum dalam keuangan, seperti keuangan publik, pribadi, dan bisnis.

Berdasarkan beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa konsep pengelolaan keuangan negara adalah suatu proses pengelolaan yang meliputi segala kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, penyusunan laporan keuangan dan pencapaian tujuan keuangan, tujuan untuk kepentingan bersama. 

Administrasi Keuangan Negara

Administrasi Keuangan Negara:Tujuan,Manfaat dan Fungsinya


Pada dasarnya pengertian administrai  dapat dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu dilihat arti luas dan arti sempit.

Dalam Arti  Luas

Dalam arti luas, pengelolaan keuangan pemerintahan adalah proses penetapan dan pengaturan kebijakan mengenai pengadaan atau penggunaan keuangan agar tugas pokok organisasi dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif

Dalam Arti Sempit

Sedangkan pengertian manajemen yang sempit berkaitan dengan proses penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran kegiatan akuntansi. Semua kegiatan ini dilakukan berdasarkan peraturan yang berlaku.

Pengertian Adminstrasi Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut beberapa definisi keuangan menurut para ahli, diantaranya:

Liang Gie (1992:169)

Pengertian pengelolaan keuangan negara menurut The Liang Gie adalah proses pengelolaan dan pengoperasian, penyediaan dan penggunaan uang dalam segala usaha bersama sekelompok orang untuk mencapai tujuan. Prosesnya terstruktur dalam menjalankan fungsi penganggaran, akuntansi dan audit keuangan.

Memesah  (1995:14)

Menurut Memesah, konsep pengelolaan keuangan negara adalah rangkaian kegiatan dan tata cara pengelolaan keuangan secara tertib, halal, ekonomis, efisien dan efektif. Manajemen keuangan meliputi pendapatan, sumber, dan pendanaan.

Tujuan Administrasi Keuangan 

Tujuan umum pengelolaan keuangan negara adalah menangani dan mengatur keuangan suatu badan usaha atau organisasi dalam rangka pengelolaan keuangan negara agar suatu badan usaha dapat berjalan secara efektif sehingga dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Beberapa tujuan pengelolaan keuangan negara antara lain:

  • Mempermudah proses keluar masuk nya uang

  • Transaksi keuangan semakin mudah

  • Setiap transaksi yang terjadi memiliki bukti yang dapat dibuktikan. Posisi keuangan perusahaan untuk periode tertentu dapat diketahui

Manfaat Administrasi Keuangan Negara

  • Menjadi teraturnya penerimaan dan pengeluaran organisasi

  • Penggunaan uang dapat lebih dikendalikan dan dikoordinasikan secara baik.

  • Terjadinya kekeliruan dalam pembuatan laporan keuangan menjadi berkurang.

Fungsi Administrasi Keuangan Negara

Tugas Administrasi keuangan bukan hanya pencatatan. Beberapa fungsi manajemen keuangan dalam suatu perusahaan adalah:

1. Fungsi investasi

Fungsi investasi ini mencakup bagaimana mengelola keuangan menjadi aset yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Sumber keuangan ini bisa dari modal sendiri atau dari luar. Secara umum, keputusan investasi terbagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu:

  • Investasi jangka pendek termasuk investasi dalam bentuk tunai, saham, piutang, dll.
  • investasi jangka panjang berupa rumah, tanah, alat produksi, kendaraan, dll.

2. Fungsi pencarian dana

Fungsi penggalanganataau mencari  dana dapat mencakup pencarian modal yang diperlukan untuk mendanai perusahaan yang di jalankan.

Selain itu, pengelolaan keuangan negara juga berfungsi memilih sumber keuangan yang tepat untuk berbagai jenis kebutuhan. 

3. Fungsi Pembelanjaan (   shopping function. )

Fungsi pembelanjaan ini dapat mencakup kegiatan yang menggunakan dana baik dari dana eksternal maupun dana pribadi yang digunakan untuk membiayai seluruh kegiatan organisasi.

Dalam hal ini, biaya terkait dengan proses pembuatan atau penunjang proses produksi.

4. Fitur Pembagian Laba

Fitur pembagian laba ini dapat bermanfaat dalam menentukan kebijakan pembagian laba usaha. Memang, fungsi insentif ini bisa dimasukkan ke dalam fungsi penggalangan dana. Ini berarti dia ingin mengumpulkan dana di dalam perusahaan itu sendiri untuk memperluas bisnis.

Tugas administrasi keuangan negara

Kegiatannya dalam suatu perusahaan biasanya didelegasikan kepada karyawan (administrator). Stidaknya ada 5 Tugas administrasi Keuangan Negara

Berikut beberapa tugas pengelola keuangan negara:

1. Pembayaran dan Penagihan

Tugas pertama pejabat administrasi keuangan negara adalah membayar tagihan perusahaan. Misalnya, tugas menyelesaikan proses perjanjian pembelian dengan faktur pemasok dan menerima laporannya.

Setelah itu administrasi keuangan negara  akan memastikan bahwa pembayaran dikirim untuk pembelian yang disahkan oleh perusahaan sampai diterima. Karyawan memelihara akun penjualan dan memastikan bahwa faktur sudah benar untuk semua dokumen yang diterima.

 2. Entri Jurnal

Administrator keuangan juga harus melakukan tugas akuntansi seperti menyusun dan penjurnalan secara teratur. Jurnal dalam dasar-dasar akuntansi adalah catatan kronologis dari semua transaksi perusahaan

Entri ini dibuat dalam buku besar bersama yang dibuat oleh akun. Karyawan dapat bekerja dengan departemen akuntansi perusahaan untuk menyelesaikan buku harian ini.

3. Akun Rekonsiliasi dan Penutupan

Administrasi keuangan terlibat dalam kegiatan penutupan organisasi. Kegiatan penutupan ini merupakan proses akuntansi yang meliputi akutansi aset tetap perusahaan, rekonsiliasi selisih persediaan, dan akuntansi informasi penagihan.

Administrator juga berpartisipasi dalam aktivitas penggajian perusahaan dan rekonsiliasi akun dilakukan setiap bulan atau setiap tahun di sebagian besar organisasi. 

4. Penganggaran

Perusahaan melakukan analisis informasi keuangan yang digunakan oleh karyawan untuk menyusun anggaran bulanan. Tugas staf juga termasuk mengawasi anggaran dan melakukan analisis biaya dan peramalan keuangan.

Karyawan dalam posisi administrator keuangan juga bertanggung jawab untuk menyiapkan laporan keuangan untuk manajemen, termasuk laporan pengeluaran dan laporan arus kas. Karyawan juga bertugas mengawasi investasi perusahaan. 

5. Pajak

Tugas Staff Administrasi Keuangan Negara adalah menyiapkan pajak untuk organisasi sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku.

Petugas Administrasi Keuangan Negara 

Untuk melaksanakan tugas-tugas administrasi keuangan negara tersebut di atas, perusahaan seringkali memperkerjakan  beberapa petugas , yaitu:

1. Manager Keuangan

Manajer keuangan bertugas dan bertanggung jawab untuk menerima dan memverifikasi laporan kas kecil dan menyetujui permintaan dana kas kecil.

2. Bendahara

Pada dasarnya tugas dan tanggung jawab bendahara antara lain menerima dan meminta laporan kas dan kas kecil dari pengurus. Atau, seorang kasir akan mengisi uang tunai kecil dalam bentuk cek atau uang tunai.

3. Administrasi Perkantoran

Di bawah ini adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang administrator kantor, yaitu:

  • Menguasai dan bertanggung jawab atas kegiatan keuangan antara manajemen perusahaan dan bank.
  • Lakukan pembayaran pajak atau donasi atas nama bisnis. Menguasai dan bertanggung jawab atas berbagai kas perusahaan, serta mencatat dan menyediakan dana untuk kebutuhan perusahaan dalam jumlah kecil.

Tanpa keuangan negara, tujuan negara tidak dapat terselenggara sehingga hanya berupa cita-cita hukum. Dapatkan Buku  Administrasi Keuangan Negara



LihatTutupKomentar