Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara dan Syarat Membuka Rekening Saham Online

Cara dan Syarat Membuka Rekening Saham Online - Ingin Tahu Cara memulai investasi saham? Bagaimana cara membuka rekening saham dan mulai membeli saham?

Kali ini Administrasipublik.com akan mencoba membahas tentang petunjuk cara membuka rekening saham dan membeli saham.

Mulailah berinvestasi di saham

Di antara banyak instrumen investasi, saham adalah bentuk investasi yang menarik.

Memang, saham adalah salah satu instrumen investasi yang menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang relatif singkat. Banyak investor ingin berinvestasi di saham, namun ada beberapa hal yang harus diketahui oleh investor pemula sebelum mulai berinvestasi di saham.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara memulai investasi saham, mulai dari membuka rekening saham hingga membeli saham.

Persyaratan Rekening Saham

Proses pembukaan rekening saham cukup sederhana. Sebelum membuka rekening efek, Anda perlu menyiapkan beberapa syarat untuk membuka rekening efek, antara lain:

KTP/KITAS/Paspor, KTP merupakan persyaratan wajib bagi yang ingin membuka rekening efek. Bagi warga negara Indonesia, syarat wajib yang Anda butuhkan adalah KTP, yang tidak bisa Anda ganti dengan SIM card atau paspor. Sedangkan bagi warga negara asing, persyaratan KITAS/Paspor juga merupakan persyaratan wajib.

NPWP juga diperlukan saat membuka rekening efek. Jika Anda tidak memiliki NPWP, Anda dapat meminta surat dari bursa tempat Anda mendaftarkan rekening Anda yang menyatakan bahwa Anda tidak memiliki NPWP, yang Anda tanda tangani dan stempel.

Sampul buklet juga merupakan bagian dari persyaratan. Dengan cakupan buku tabungan, ini memfasilitasi nasihat saham di rekening bank klien. Jika nasabah kemudian ingin menarik dana dari rekening efek, rekening ini menjadi bank induk setiap kali dana ditarik. Anda juga dapat mengintegrasikan rekening bank Anda ke RDI dengan berkonsultasi dengan broker.

Nomor ID KSEI, syarat ini hanya berlaku jika Anda sudah memiliki rekening bersama dan ingin membuka rekening kedua.

Salinan KTP suami Anda, salinan NPWP suami Anda, serta salinan kartu keluarga Anda, yang biasanya harus Anda serahkan jika pekerjaan Anda adalah ibu rumah tangga.

Bea materai Rp 10.000, kamu bisa menyiapkan uang untuk membeli materai. Anda akan membutuhkan antara 2 dan 8 pembalut tergantung pada kebutuhan Anda. Setelah Anda menyiapkan semua persyaratan di atas, Anda dapat mulai menentukan keamanan mana yang Anda pilih.

Jika Anda masih belum yakin saham mana yang harus dipilih, Anda bisa membaca dulu saran kami memilih pialang saham. Saya harap Anda menemukan broker yang tepat untuk Anda.

Membuka Rekening Saham

Setelah Anda mengetahui persyaratannya, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuka rekening saham:

1 Temui broker atau Sekuritas dan buat Akun

Setelah Anda memilih Broker, jika Anda berencana untuk membuka rekening saham online, Anda dapat mengunduh formulir online yang tersedia di website perusahaan sekuritas, kemudian mengisi dan mengirimkannya.

Atau jika Anda memiliki teman yang dapat merekomendasikan broker tertentu, Anda juga dapat membuat janji dengan broker tersebut untuk bertemu langsung dengan mereka untuk membuka akun Anda.

2. Mengisi Formulir dan Melampirkan Persyaratan

Setelah bertemu dengan broker Anda, Anda dapat melengkapi formulir pembukaan rekening, termasuk rekening saham dan rekening reksa dana. Mengisi formulir seperti membuka rekening di bank.

Sebaiknya Anda mengisi setiap kolom formulir pembukaan rekening dengan benar. Jangan lupa lampirkan syarat pembukaan rekening seperti di atas.

3. Memilih dan Membuka RDI

Selain itu, bentuk pembukaan rekening efek ini umumnya terdiri dari 2 bagian yaitu pembukaan rekening efek dan pembukaan rekening dana investasi (RDI).

Pembukaan rekening efek ini meliputi pembukaan rekening di perusahaan efek, serta pengiriman data ke Pusat Kustodian Efek Indonesia (KSEI). Ini adalah akun inventaris yang Anda miliki.

Sedangkan Rekening Dana Investor (RDI) adalah rekening uang Anda yang terletak di bank, terpisah dari rekening perusahaan efek. Keuntungan dari RDI ini adalah Anda memiliki rekening bank sendiri untuk membayar semua transaksi pasar saham. RDI sendiri bertujuan untuk menghemat uang pelanggan. 

Peraturan tentang pemisahan rekening oleh pemerintah Indonesia ini baru diterapkan, karena sebelumnya semua uang di rekening saham disimpan di rekening saham, jadi uang Anda terikat dengan surat berharga milik investor lain.

Dengan adanya pemisahan ini memang terkesan agak canggung, namun tujuan dari pemisahan ini adalah keselamatan investor.

Pada tahap ini, Anda dapat memilih bank untuk menyimpan uang Anda (bank untuk RDI). Kami merekomendasikan memilih RDI dari bank yang sama dengan rekening pribadi Anda.

Di sinilah Anda bisa menghemat biaya pengurusan seperti kliring dan RTGS jika ingin deposit di RDI atau withdraw dari RDI. 

4 Tunggu proses pembukaan Rekening selesai

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menunggu proses pembukaan rekening. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuka akun ini berbeda-beda tergantung pada RDI yang Anda pilih, tetapi biasanya membutuhkan waktu lebih dari seminggu.

Setelah proses pembukaan rekening selesai, Anda kemudian akan dikonfirmasi dengan nomor RDI yang Anda buka.

5. Menyetor Deposit Awal

Berapa setoran awal untuk membuka rekening saham? Jawabannya bervariasi tergantung pada header yang Anda gunakan. Rata-rata, sekuritas mematok setoran awal Rp 5 juta hingga Rp 10 juta. Beberapa sekuritas asing bahkan memiliki persyaratan margin minimal hingga Rp 50 juta.

Namun, ada juga beberapa judul yang memperbolehkan minimal deposit Rp 250.000 atau bahkan Rp 100.000.

Berapa jumlah yang tepat untuk berinvestasi dalam saham untuk pengembalian yang lebih jelas? 

Anda dapat mempertimbangkan setoran awal sebesar Rp 10 juta untuk ini. Setelah akun dana investasi dibuat, Anda dapat menyetor sejumlah modal yang ingin Anda investasikan ke saham.

Dengan melakukan setoran awal juga untuk mengaktifkan akun yang telah Anda buka.

Anda dapat menyetor uang tunai atau mentransfer uang dari rekening pribadi Anda ke RDI. Setelah melakukan setoran awal, yang perlu Anda lakukan hanyalah menunggu nama pengguna, kata sandi, dan PIN Anda untuk dapat masuk ke akun berbagi online Anda. Selain itu, Anda akan mendapatkan kartu akses KSEI. 

6 Unduh aplikasi perdagangan dan mulai berdagang saham

Setelah menerima nama pengguna, kata sandi, dan PIN, Anda dapat mulai berinvestasi di saham.

Anda dapat mendownload aplikasi trading dari broker setelah menerima ID, password dan PIN.

Anda dapat mengunduh aplikasi perdagangan ini dari situs web broker Anda atau Anda dapat bertanya langsung kepada broker Anda.

Perdagangan dan Opsi Saham

Setelah Anda memiliki akun saham dan modal deposit, Anda dapat berdagang saham. Nah, kini saatnya Anda memilih saham dan membeli saham. Sebelum membeli saham, sebaiknya Anda memilih dengan cermat saham yang akan Anda beli, berdasarkan tujuan keuangan Anda atau tujuan awal Anda membuat akun saham.

Jika Anda berniat melakukan trading saham sebagai trader aktif yang memperdagangkan saham dan bermain short, Anda bisa melakukan analisa teknikal dengan memilih saham, mencari saham yang sedang dalam posisi bullish, sekaligus menggunakan indikator teknikal yang ada seperti Moving Averages, MACD, dan support. /perlawanan.

Satu hal lagi yang penting, jika Anda trading untuk tujuan day trading, tetapkan Stop Loss agar modal Anda tetap terjaga.

Tetapi jika Anda berniat memperdagangkan saham sebagai sarana investasi jangka panjang, Anda mungkin ingin mempertimbangkan opsi saham Blue Chip.

Anda perlu mempertimbangkan analisis fundamental saat menilai perusahaan tempat Anda akan membeli saham.

Saat memilih saham investasi, Anda harus melakukan analisis terhadap keadaan bisnis, apakah kesehatan bisnisnya baik?

Keuntungan selalu meningkat? Analisis teknikal dalam hal ini juga dapat membantu Anda menentukan kapan harus membeli saham-saham tersebut.

Setelah memilih saham yang ingin dibeli, langkah selanjutnya adalah membeli saham tersebut.

Jika Anda mendaftar untuk akun perdagangan online, Anda dapat membeli saham secara online.

Bagaimana mekanisme pembelian saham? Untuk membeli dan menjual saham, Anda perlu mengetahui beberapa mekanisme yang berlaku di pasar saham. Diantaranya :

#1 Tiga jenis pasar

Dalam mekanisme perdagangan, ada 3 pasar, yaitu:

  • Pasar Bersama (RG), yaitu pasar utama Bursa Efek. Di pasar reguler, transaksi yang dilakukan dengan mekanisme lelang berlangsung terus menerus selama periode perdagangan.
  • Exchange market (NG), yaitu pasar yang transaksinya dilakukan berdasarkan negosiasi individual antar anggota berdasarkan kurs terkini di pasar reguler.
  • Pasar Tunai (TN), merupakan pasar yang memiliki model yang sama dengan pasar reguler, namun sistem pembayaran tunai tanpa menunggu hari ketiga.

#2 bagian Harga

Di pasar reguler dan pasar spot, kenaikan harga lelang ditentukan oleh rasio harga. Misalnya lihat tabel di bawah ini, pada kelompok harga Rp 500-2.000, rasio harganya adalah Rp 5. Artinya pada kelompok harga ini, perubahan harga saham merupakan kelipatan 5.

Oleh karena itu, saham tersebut tidak bisa dijual seharga Rp 763 karena harganya harus kelipatan Rp 5.

#3 Unit komersial (lot)

Tidak seperti pecahan harga, Anda hanya dapat memperdagangkan saham di pasar reguler dan pasar spot dalam unit perdagangan “lot”, di mana 1 lot saat ini sama dengan 100 saham.

Anda hanya dapat berdagang dalam lot ganjil (kurang dari satu lot) di pasar pertukaran, di mana perdagangan daun diperbolehkan. #4 Biaya Pialang

Bahkan ketika membeli saham, ada biaya. Bergantung pada jenis sekuritas yang Anda gunakan layanan ini, biaya yang Anda bayarkan dapat bervariasi, namun dalam setiap transaksi yang kami lakukan ada biaya.

Misalnya, Anda menggunakan layanan XY Securities dan biaya keamanan 0,15% untuk biaya pembelian dan 0,25% untuk biaya penjualan, maka berikut detail yang harus Anda bayarkan:

Contoh pembebanan untuk jual beli

Untuk biaya pembelian 0,15%:

0,043� adalah komisi dari Bursa Efek Indonesia

0.107� adalah komisi broker Anda, dimana rinciannya adalah:

0,0972� adalah komisi broker

0,0097� adalah PPN yang Anda bayar.

Untuk komisi penjualan adalah 0,25D

€440,043 adalah biaya untuk Bursa Efek Indonesia

0,1� adalah pajak penghasilan dari penjualan saham

0.107� adalah komisi broker Anda, dimana rinciannya adalah:

0,0972� adalah komisi broker

0,0097� adalah PPN yang Anda bayar.

Misalnya, jika Anda ingin membeli 600 lot saham ABCD seharga Rp950, maka modal yang Anda butuhkan adalah:

Harga saham x Jumlah lot x 100 saham = Total harga

Kavling 950 x 600 Rp x 100 lembar = Rp 57.000.000

Total harga x eBroker = Total biaya broker

Rp57.000.000 x 0,15% = Rp85.500

Total Harga + Total Biaya = Total Modal

Rp57.000.000 + Rp85.500 = Rp57.085.500

Jadi untuk membeli 600 lot saham dengan harga Rp950 per saham, jumlah yang Anda butuhkan adalah Rp57.085.500

#5 Harga Penawaran dan Permintaan

Hal berikutnya yang perlu Anda ketahui adalah perbedaan antara harga bid dan ask.

Bid adalah harga antrian beli yang ditetapkan oleh pihak yang ingin membeli dan Bid Vol adalah jumlah lot yang ditempatkan oleh pembeli dalam harga beli.

Sedangkan bid adalah harga antrian beli yang ditetapkan oleh mereka yang ingin menjual dan mencuri bid artinya nomor lot yang ditetapkan oleh penjual pada harga beli.

Dalam kasus di atas, kita dapat melihat bahwa ada antrian penawaran di Rp 520 dan antrian penawaran di Rp 525.

Dari antrian ini, kita dapat mengartikan sebagai berikut:

pada saat kita ingin membeli saham tersebut langsung tanpa antri kita beli dengan harga Rp 525 dan sebaliknya jika kita ingin menjual langsung jual dengan harga Rp 520. Mekanisme ini berlaku untuk pasar reguler dan pasar spot, tetapi tidak untuk pasar put-through.

Di pasar jual beli, bahkan ketika harga bid dan ask bertemu, harus ada negosiasi langsung antara pembeli dan penjual sampai kesepakatan harga dan pengiriman dinegosiasikan.

#6 Waktu perdagangan

Bursa Efek Indonesia sebagai bursa efek memiliki jadwal tersendiri bagi anggotanya untuk memperdagangkan saham.

Seperti jam kerja normal, bursa hanya buka dari Senin hingga Jumat. Dan tidak termasuk hari libur nasional. Jam perdagangan saham juga dibatasi. Saham hanya dapat diperdagangkan pada pukul 08:00

45 WIB pukul 15:00:

15 WIB, berikut adalah wawasan pasar yang biasa.

Informasi Senin-Kamis Jumat

Anggota Bursa sebelum pembukaan melakukan order beli dan jual, hanya berlaku untuk saham LQ45 08:.45-08: 55

Pembukaan Klaim dan Penawaran yang dimasukkan selama pra-pembukaan akan dilakukan pada saat pembukaan 08: 55-09: 00

Sesi 1 09: 00-12: 00 09: 00-11: 30

Jeda Selama jeda pasar, tidak ada saham yang diperdagangkan

Sesi 2 13: 30-14: 49 14: 00-14: 49

fik jam perdagangan di atas hanya berlaku untuk pasar reguler. Di pasar perdagangan dan pasar spot, mekanisme pra-pembukaan, pra-penutupan, dan pasca-penutupan tidak berlaku. Selain itu, bahkan di pasar spot, jam perdagangan hanya berlaku untuk sesi 1. Rahasia untuk investor baru

Berinvestasi di saham memang tidak semudah berinvestasi di instrumen lain seperti reksa dana atau P2P lending.

Tapi Jangan khawatir, kami telah menyediakan semua hal yang perlu Anda ketahui sebelum berinvestasi di pasar saham.

Untuk memulai Trading Forex anda bisa mendaftar di HSB Forex, selain perdagangan mata uang di HSB Forex anda juga bisa membeli saham, komoditas dan Berdagang Emas, perak dan Minyak. Silahkan lihat disini untuk Cara Mendaftar HSB Forex dengan Mudah atau bisa langsung ke Aplikasinya untuk belajar secara langsung. ( HSB Forex Online ) Di HSB Forex juga bisa buka Akun Demo untuk pemula yang ingin belajar trading

Silakan beli buku  berikut ini.

Mari mulai berinvestasi saham

Setelah mengetahui detail cara membuka rekening saham, cara membeli saham dan mekanisme jual belinya, kini Anda bisa mulai memilih broker dan mulai berinvestasi saham.

Dalam perdagangan saham, Anda tidak perlu terlalu mempedulikan pasar spot dan pasar spot, karena jika Anda membuka rekening saham dan berdagang, hampir semua aktivitas perdagangan saham hampir pasti akan terjadi di pasar reguler.