Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )Menurut Para Ahli

Pengertian MSDM - Manusia adalah elemen strategis dalam semua kegiatan lembaga / organisasi. Lebih dari itu, MSDM mengelola dan mengelola sumber daya manusia sesuai dengan visi perusahaan untuk mencapai tujuan organisasi secara optimal. Oleh karena itu, MSDM juga merupakan bagian dari ilmu manajemen yang merujuk pada fungsi manajemen dalam melakukan proses perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, pengarahan, dan pengendalian.

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses pemecahan berbagai masalah dalam ruang lingkup karyawan, pegawai, sekretaris, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat mendukung kegiatan organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

Manajemen sumber daya manusia, disingkat MSDM, adalah ilmu atau metode untuk secara efektif dan efisien mengelola hubungan dan peran sumber daya (Tenaga Kerja) yang dimiliki oleh individu dan dapat digunakan secara optimal untuk mencapai Goal (tujuan) dengan perusahaan, karyawan dan masyarakat. semaksimal mungkin. Manajemen sumber daya manusia didasarkan pada konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia - bukan mesin - dan bukan hanya sumber daya bisnis.

Manajemen sumber daya manusia dikaitkan dengan fungsi manajemen sumber daya manusia yaitu Staffing dan manajemen personel dalam organisasi termasuk analisis pekerjaan / posisi, rekrutmen dan seleksi karyawan potensial, dan orientasi, pelatihan, penghargaan, evaluasi dan pengembangan sumber daya manusia. 

Karena semua atau sebagian tugas menugaskan personel ke pekerjaan yang tepat, orientasi, pelatihan, penghargaan, promosi, disiplin dan evaluasi kerja untuk meningkatkan efisiensi kerja adalah tugas setiap manajer. Every Manager is a Human Resources Manager” maka scope MSDM mencakup seluruh tugas tentang SDM yang diemban oleh setiap manajer.

Dan aspek SDM dan manajemen sangat strategis dan luas sehingga Manajemen SDM menangani banyak aspek, terutama faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan lingkungan eksternal (peluang dan ancaman) organisasi. Tantangan bagi para manajer saat ini adalah merespon perubahan eksternal agar faktor lingkungan internal perusahaan menjadi kuat dan kompetitif. 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Berikut adalah definisi manajemen sumber daya manusia (SDM) menurut para ahli:

Menurut Melayu SP. Hasibuan

Pengertian Manajemen sumber daya manusia Menurut Melayu SP adalah ilmu dan seni mengelola hubungan dan peran tenaga kerja sehingga dapat membantu tercapainya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat secara efisien dan efektif. .

Menurut Hasibuan (2006:10) dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia edisi revisi tahun 2003 mengemukakan sebagai berikut: “Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien untuk membantu tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat”.

Manajemen merupakan kegiatan yang dilakukan dengan memanfaatkan  sumber daya manusia dan sumber daya lainnya cara yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu sebelumnya

Menurut Malayu Hasibuan (2009:10) "ada 6 unsur Manajemen Yaitu, Men ( Orang ) Money ( Uang ), Methode ( Metode ),Materials ( Bahan Baku ) Macine ( Mesin ) dan Market ( Pasar )

  1. Unsur Men (manusia), merupakan faktor penting dalam manajemen. Manusia yang membuat rencana dan manusia juga yang menjalankannya
  2. Unsur (biaya), dalam pelaksanaan proses manajemen pasti membutuhkan biaya untuk dapat mencapai tujuan
  3. Unsur  mettode (Method), dalam pelaksanaan manajemen untuk mengelola unsur-unsur manajemen yang penting ametode standar atau prosedur operasi standar.
  4. Unsur Bahan (Materials), ketersediaan bahan atau bahan yang dibutuhkan di perusahaan manufaktur dalam berurusan dengan sesuatu untuk dijual. 
  5. Unsur  Mesin (Mesin), pengelolaan bahan baku menjadi produk jadi membutuhkan satu set mesin dan peralatan kerja. 
  6. Unsur Market, pasar adalah tempat berdagang produk manufaktur yang dipasarkan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Henri Simamora

MSDM adalah penggunaan, pengembangan, evaluasi, kompensasi, dan pengelolaan anggota individu dari suatu organisasi atau kelompok kerja.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Achmad S. Ricky

Manajemen sumber daya manusia adalah penerapan yang tepat dan efektif dari proses yang efektif untuk memperoleh, menggunakan, mengembangkan dan mempertahankan personel suatu organisasi untuk mencapai pendayagunaan yang optimal dari fungsi sumber daya manusia organisasi dalam mencapai tujuannya. 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Mutiara S. Panggabean

Manajemen sumber daya manusia adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi dan evaluasi.memutus kontrak kerja untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Mutiara S. Panggabaean

Menurtu Mutiara S. Pangabean MSDM  merupakan kegiatan di bidang sumber daya manusia yang dilihat dari dua sudut pandang, yaitu dari sisi pekerjaan dan dari sisi karyawan. Di sisi ketenagakerjaan, ini mencakup analisis dan evaluasi pekerjaan. Sementara itu, di sisi karyawan, kegiatannya meliputi pengadaan tenaga kerja, evaluasi prestasi kerja, pelatihan dan pengembangan, promosi, kompensasi, dan pemutusan kontrak kerja.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Edwin B. Flippo

Personnel management is the planning organizing, directing, and controlling of the procurement, development, compensation, integration, and maintenance of the people for the purpose of contributing to organizational, individual and social goals”

Manajemen personalia  adalah: Merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan perolehan, pengembangan, kompensasi, integrasi, retensi, dan pemutusan hubungan kerja karyawan, untuk mencapai tujuan perusahaan, individu, anggota karyawan, dan komunitas.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Michael J. Jucius

Manajemen sumber daya manusia adalah bidang manajemen yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian berbagai fungsi penyediaan, pengembangan, pemeliharaan, dan mempekerjakan tenaga kerja untuk:

  • Tujuan untuk mana asosiasi didirikan dan dicapai dengan cara yang efisien dan efektif. Tujuan setiap karyawan adalah untuk dilayani pada tingkat optimal.
  • Tujuan masyarakat diperhitungkan dan dilayani dengan baik.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Gary Desler

Manajemen sumber daya manusia adalah kebijakan dan praktik yang dibutuhkan individu untuk memenuhi aspek 'orang' atau personel dari posisi manajemen, termasuk rekrutmen, seleksi, pelatihan, penghargaan, dan penilaian manajemen.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut T. Hani Handoko

Manajemen sumber daya manusia adalah:

  • Rekrutmen, seleksi, pengembangan, retensi dan penggunaan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan individu dan organisasi.

Dengan definisi diatas yang diberikan para ahli menunjukkan pentingnya manajemen sumber daya manusia dalam mencapai tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. Oleh karena itu, manajemen sumber daya manusia merencanakan, mengatur, mengkoordinasikan, melaksanakan, dan mengawasi penyediaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pembagian kerja untuk mencapai tujuan organisasi sumber daya manusia.

Dalam upaya mencapai tujuan organisasi, permasalahan yang dihadapi manajemen tidak hanya berkaitan dengan bahan baku, alat kerja, mesin produksi, uang dan lingkungan kerja, tetapi juga meliputi staf (SDM) yang mengelola faktor-faktor produksi lainnya tersebut. 

Namun perlu diingat bahwa sumber daya manusia itu sendiri sebagai faktor produksi, seperti halnya faktor produksi lainnya, merupakan input yang diubah oleh perusahaan dan menghasilkan output.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut Musa N. Kiggundu

Secara umum, ungkapan ini memahami MSDM sebagai upaya pengembangan potensi karyawan melalui sejumlah pelatihan, baik yang bersifat umum maupun khusus, yang ditujukan untuk menghasilkan karyawan yang benar-benar berkompeten di bidangnya. 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Notoatmodjo (1992:5) 

Pengembangan sumber daya mikro adalah proses perencanaan pendidikan dan pelatihan serta pengelolaan staf atau pegawai untuk mencapai hasil yang optimal.

Pelacakan ketika seorang karyawan mampu meningkatkan kinerjanya, karyawan tersebut diharapkan bekerja untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sejak awal, baik itu kesuksesan pribadi atau komunitas atau organisasi. Namun untuk memahami pengertian HRM sangat terbatas dan tidak terlalu rumit, sebatas pada upaya mengembangkan dan memberdayakan karyawan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut Tulus

Manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pemantauan pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dalam mendukung tujuan organisasi, organisasi, individu dan masyarakat.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut Amstrong

Manajemen sumber daya manusia adalah pendekatan untuk mengelola orang berdasarkan empat prinsip dasar. 

  • Pertama, sumber daya manusia adalah aset terpenting organisasi, sedangkan manajemen yang efektif adalah kunci keberhasilan organisasi. 
  • Kedua, keberhasilan ini kemungkinan besar akan tercapai jika peraturan atau kebijakan dan prosedur yang berhubungan dengan orang-orang perusahaan saling berhubungan,dan berkontribusi pada pencapaian rencana dan tujuan strategis perusahaan. 
  • Ketiga, budaya perusahaan dan nilai-nilai, suasana organisasi dan perilaku manajemen yang berasal dari budaya tersebut akan sangat berpengaruh terhadap hasil kinerja terbaik. 
  • Dan terakhir, manajemen sumber daya manusia melibatkan integrasi, yaitu semua anggota organisasi anggota berpartisipasi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut Fisher dkk

Manajemen sumber daya manusia mencakup semua keputusan dan praktik manajemen yang berdampak langsung atau memengaruhi semua orang atau sumber daya manusia yang bekerja untuk suatu organisasi.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Fustino Cardoso Gomes

HRM adalah gerakan yang mengakui pentingnya elemen manusia sebagai sumber daya potensial yang harus dikembangkan untuk memaksimalkan kontribusinya bagi organisasi dan pertumbuhan pribadinya.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Gary Desler

MSDM adalah praktik kebijakan yang diperlukan seseorang untuk melakukan aspek "orang" atau personel dari posisi manajemen, termasuk rekrutmen, seleksi, pelatihan, penghargaan, dan evaluasi. 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut Gouzali Saydam

Manajemen sumber daya manusia terdiri dari dua kata, yaitu: Manajemen dan sumber daya manusia.

  • Manage berasal dari kata manage yang artinya mengatur, mengatur, mengatur, mengatur atau mengendalikan. Oleh karena itu, manajemen pada dasarnya dapat diterjemahkan sebagai pengelolaan, struktur, pengelolaan, pengaturan atau pengendalian.
  • Padahal, sumber daya manusia pada mulanya merupakan terjemahan dari sHUman Rsourc. Namun ada beberapa ahli yang menyamakan SDM dengan tenaga kerja, bahkan ada yang menyamakan pengertian SDM dengan SDM (personalia, kepegawaian,...).

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  Hadari Nawawi

Mengatakan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah:
  • “Proses dimana orang mempekerjakan orang sebagai tenaga kerja agar potensi fisik dan psikisnya bekerja secara optimal untuk mencapai tujuan bisnis”.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  Pak Manullang

MSDM adalah:
  • “Manajemen sumber daya manusia adalah seni dan ilmu menarik, mengembangkan dan menggunakan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan bisnis secara efisien dan antusias dalam semua usaha.” 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  M.T.E. harianja

Manajemen sumber daya manusia, umumnya dikenal sebagai manajemen sumber daya manusia, didefinisikan secara berbeda oleh penulis yang berbeda

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  Mary Parker Follett

Manajemen sumber daya manusia adalah suatu seni pencapaian tujuan organisasi dengan cara mempercayakan orang lain untuk melakukan berbagai tugas yang diperlukan, atau dengan kata lain tidak melakukan pekerjaan itu sendiri.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  Marwansyah

Menurut Marwansyah Manajemen sumber daya manusia dapat dipahami sebagai penggunaan sumber daya manusia dalam suatu organisasi, yang dilakukan melalui fungsi perencanaan sumber daya manusia, rekrutmen dan seleksi, pengembangan sumber daya manusia, perencanaan dan pengembangan profesional, kompensasi dan tunjangan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta tenaga kerja. hubungan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  Mathis dan Jackson

MSDM adalah desain sistem formal dalam suatu organisasi untuk memastikan penggunaan bakat manusia yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut  Sastrohadiwiryo

Sastro hadiwiryo menggunakan istilah manajemen tenaga kerja sebagai alternatif dari manajemen sumber daya manusia. Menurutnya, pengelolaan tenaga kerja adalah penggunaan, pengawasan, pengaturan, pengelolaan, dan pengembangan unsur-unsur tenaga kerja, baik manusia sebagai tenaga kerja, pekerja maupun pegawai dengan segala kegiatannya ditujukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas yang sebesar-besarnya, sesuai dengan harapan. masing-masing perusahaan, organisasi bisnis, perusahaan, organisasi dan instansi.

Menurut Institute of Notary Publication and Development (CIPD) dalam Mullins (2005)

Menyatakan:
  • Desain, implementasi, dan pemeliharaan strategi untuk mengelola orang untuk kinerja bisnis yang optimal, termasuk pengembangan kebijakan dan prosedur untuk mendukung strategi tersebut. (merancang, menerapkan, dan memelihara strategi untuk mengelola orang untuk kinerja bisnis yang optimal, termasuk mengembangkan kebijakan dan prosedur untuk mendukung strategi).

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  Veithzal Rivai

Menurut Veitzal Rivai Manajemen sumber daya manusia merupakan bidang manajemen terpadu yang meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian. Proses ini terdapat pada fungsi atau bidang produksi, pemasaran, keuangan, dan sumber daya manusia. 

Karena sumber daya manusia dianggap memiliki peran yang semakin penting dalam mencapai tujuan bisnis, banyak pengalaman dan hasil penelitian di bidang sumber daya manusia dikumpulkan secara sistematis dalam apa yang disebut manajemen sumber daya manusia. Istilah "manajemen" berarti kumpulan pengetahuan tentang bagaimana mengelola sumber daya manusia.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Menurut  Davis dan Werther

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu sistem yang terdiri dari banyak aktivitas yang saling bergantung, dimana aktivitas tersebut tidak pernah terpisah satu sama lain, setiap aktivitas saling berinteraksi diantara aktivitas sumber daya manusia.

Kesimpulan 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )Menurut Para Ahli
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia ( MSDM )Menurut Para Ahli

Manajemen Sumber Daya Manusia adalah bagaimana seorang manajer mengelola, menimgkatkan sumber daya manusia, mengarahkan sumber daya manusia dan bagaimana memanfaatkan sumber daya manusia yang ada dalam suatu organisasi secara efektif dan seefisien mungkin agar dapat mencapai tujuan yang direncanakan secara efektif dan efisien.

Manajemen Sumber daya manusia adalah bagaimana menempatkan tenaga atau sumber daya manusia sesuai dengan tempat dan keahlia yang dimilikinya sehingga pekerjaan dapan diselesaikan secara efektif dan efisien.