Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Trading Saham Bagi Pemula

Cara Trading Saham Bagi Pemula - Berinvestasi saham ternyata tidak sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang. Banyak  cara trading saham yang bisa dicoba oleh para pemula, seperti trading online melalui smartphone pribadi. Selain itu, banyaknya informasi yang tersedia juga dapat membantu Anda meneliti tren dan kondisi pasar. Tidak ada kata terlambat untuk mulai berdagang saham.

Banyak orang memilih berdagang saham  karena Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu yang  singkat. Orang yang memperdagangkan saham sering disebut Trader.

Jadi apa  yang harus Anda lakukan kapan dan sebelum memulai? Silakan simak informasi berikut ini untuk menghindari kesalahan saat trading saham!

 Bagaimana cara berinvestasi di saham?

Cara Trading Saham bagi Pemula

 Identifikasi indeks pasar saham yang tepat

Terdapat 22 jenis indeks saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pelajari jenis-jenis yang biasa digunakan oleh para pelaku pasar saham. Misalnya, Anda bisa memilih LQ45 atau IDX30, keduanya sangat likuid dan didukung oleh kualitas perusahaan yang dapat diandalkan. LQ45  sendiri merupakan indeks  saham Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari 45 perusahaan. Sedangkan IDX30 mengelompokkan 30 saham dengan likuiditas tertinggi.

Pilih Sekuritas yang tepat

Saat membeli saham, Anda akan menggunakan  perusahaan pialang atau pialang saham yang mengenakan biaya untuk setiap perdagangan. Pilihlah saham yang  persentase biayanya lebih rendah, misalnya 0,20% dari jumlah saham yang dibeli. 

Hal ini membuat keuntungan Anda lebih optimal dan  cara trading saham Anda lebih sempurna. Jadwalkan waktu perdagangan saham

 Ada dua cara untuk memperdagangkan saham tergantung pada jangka waktunya: jangka panjang dan jangka pendek. Dalam jangka pendek, risiko kerugian tentu akan lebih besar, namun keuntungan bisa diperoleh lebih cepat.

Sebaliknya,  peluang Anda untuk mendapat untung lebih besar jika Anda berdagang saham dalam jangka waktu lama. Jika saham tersebut memiliki reputasi yang baik maka fundamental dan kinerjanya akan berjalan dengan baik.

Pelajari aplikasi Trading online 

Cara trading saham selanjutnya adalah dengan meneliti fitur-fitur  aplikasi trading saham yang akan Anda gunakan. Anda perlu memahami apa itu analisa, screening saham, saham unggulan atau masih banyak istilah lainnya.

Aplikasi trading yang banyak digunakan orang saat ini adalah Maxco Future karena kemudahan penggunaannya

Lakukan dengan sabar

Tidak semua metode investasi saham berhasil tanpa kesabaran. Saat memulai, sebaiknya gunakan modal  kecil dan tambah jumlahnya seiring bertambahnya pengetahuan Anda.

Mulailah dengan modal kecil

Memang trading saham  akan lebih menguntungkan jika berinvestasi dengan modal besar. Namun bagi Anda yang baru memulai dan mencoba trading saham, sebaiknya awali dengan modal yang kecil agar jika terjadi kerugian modal Anda tidak habis. Ini juga meminimalkan kesalahan dalam cara perdagangan saham.

 Beli saham saat harga sedang rendah

Anda bisa mencoba  membeli saham pada harga  rendah atau saat mencapai titik support. Namun stok sedikit bukan berarti stok jelek, hari ini bisa dibeli dengan harga murah, besok harga saham  sudah naik.

 Lakukan analisis stok

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu menganalisa saham, memahami indikator atau apapun yang berhubungan dengan perdagangan saham. Jadi ketika Anda bisa menganalisis saham dengan benar, Anda juga bisa memiliki strategi yang tepat saat membeli atau menjual saham.

Pantau pergerakan persediaan secara berkala

Cara terbaik untuk berdagang saham  adalah dengan memantau perkembangan pasar saham secara rutin dan aktif, karena inilah perbedaan antara perdagangan saham  dan investasi. Dengan rutin meninjau kinerja saham, Anda bisa mengetahui saham-saham yang dijual dengan harga murah. 

Begitu pula saat menghadapi kerugian, hadapilah dengan ketenangan hati dan rata-rata turun dengan membeli saham-saham yang  sedang turun.  Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan ketika kondisi pasar kembali stabil. Sebelum melakukan trading saham, sebaiknya Anda juga  mengetahui risiko dan langkah yang tepat dalam berinvestasi saham agar tidak merugi.

Setelah Mengetahui cara cara dan langkah langkah Trading Saham Online Sekarang Anda Bisa langsung mempraktekannya Dengan Aplikasi Maxco  Future Trading

Cara Menggunakan Maxco Future Trading

1. Lead

2. Klik

3. Instal aplikasi Maxco (ikon biru)

4. Daftar di aplikasi Maxco

5. Coba akun demo dengan membeli atau menjual (open dan close position) salah satu produk, misalnya EUR/USD

6. Klik buka Akun Riil

7. Isi formulir dan serahkan ID, NPWP, selfie dengan ID

8. Terima panggilan telepon dari Maxco untuk verifikasi data

9. Dapatkan konfirmasi bahwa akun live berhasil dibuat di aplikasi

10. Klik dan transfer uang deposit

11. Dapatkan konfirmasi bahwa uang deposit telah berhasil ditransfer ke rekening

12. Pengguna membeli atau menjual (membuka dan menutup posisi) salah satu produk