Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Skincare,Bahan - Bahan yang Terkandung didalamnya Cara Penggunaanya

Kehadiran produk skincare berperan besar dalam mewujudkan kulit tubuh dan wajah yang sehat menawan. Produk-produk ini bekerja dengan cara yang beragam sesuai masalah kulit, mulai dari melembapkan, memberikan nutrisi, hingga melindungi lapisan kulit.

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai produk skincare sesuai tipe kulit, sebenarnya apa saja produk-produk perawatan kulit dasar yang sebaiknya digunakan tiap orang?

 Bahan-bahan aktif dalam produk skincare

Manfaat Skincare,Bahan - Bahan yang Terkandung didalamnya Cara Penggunaanya
Manfaat Skincare,Bahan - Bahan yang Terkandung didalamnya Cara Penggunaanya

Produk skincare adalah produk yang cara kerja dan bahan-bahan aktif di dalamnya difungsikan untuk merawat kulit. Pemilik kulit normal, kombinasi, bahkan kulit sensitif kini dapat menemukan rangkaian skincare yang diperuntukkan bagi kulitnya. Bahan aktif yang disebutkan dalam produk perawatan kulit adalah semua bahan yang secara langsung  mengatasi permasalahan kulit penggunanya. Bahan-bahan tersebut telah terbukti secara ilmiah memiliki manfaat atau efek tertentu pada kulit.

Setiap produk perawatan kulit mengandung bahan aktif yang berbeda-beda. Faktanya, produk perawatan kulit alami juga mengandung bahan aktif tersendiri.

Zat inilah yang membantu produk perawatan kulit bekerja secara efektif. Kekuatan suatu bahan aktif sering kali ditentukan oleh konsentrasinya dan apakah bahan tersebut merupakan bahan yang dijual bebas atau dengan resep dokter. Misalnya, bahan aktif dalam krim jerawat  yang dijual bebas mungkin tidak sekuat krim jerawat  dokter.

Ada banyak  jenis bahan aktif yang digunakan dalam produk perawatan kulit dan wajah. Berikut ini beberapa yang paling populer.

1. AHA, BHA dan PHA

AHA, BHA dan PHA merupakan kelompok asam yang  fungsi utamanya adalah untuk eksfoliasi. Ketiga kandungan tersebut bisa ditemukan pada beragam produk seperti toner, pembersih, scrub, serum, masker, dan body lotion.

 AHA (asam alfa hidroksi) umumnya terdaftar sebagai asam glikolat, asam laktat, asam sitrat, dan  banyak lainnya. Produk ini sangat cocok bagi pemilik kulit kering atau  yang memiliki masalah jerawat, warna kulit tidak merata, dan tanda-tanda penuaan.

Meskipun efektif, AHA dapat menyebabkan iritasi jika digunakan secara berlebihan atau dikombinasikan dengan eksfolian tertentu lainnya. Untuk menghindarinya, sebaiknya pilih produk perawatan kulit yang mengandung AHA kurang dari 10%.

PHA (asam polihidroksi) juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang sensitif terhadap AHA. Zat ini memiliki efek yang sama dengan AHA, namun molekulnya yang besar tidak dapat menembus  kulit sehingga risiko terjadinya iritasi  lebih kecil.

Sedangkan bagi yang memiliki kulit berminyak, BHA (beta hydroxy acid) merupakan eksfoliator yang tepat. Zat yang biasa disebut asam salisilat (salicylic acid) ini memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah jerawat, mencerahkan kulit, dan meratakan warna kulit.

Konsentrasi BHA yang dianjurkan untuk mengatasi masalah kulit adalah 0,5-5%. Meski risiko iritasi lebih kecil dibandingkan AHA, namun BHA tetap dapat menyebabkan iritasi kulit jika digunakan secara berlebihan.

 2. Retinol

Retinol (retinoid) merupakan zat yang terbuat dari vitamin A. Retinol bisa Anda temukan pada produk perawatan kulit dengan nama tretinoin, adapalene, tazarotene, alitertinoin, dan bexarotene. Semuanya memiliki fungsi yang sama. Produk perawatan kulit yang mengandung retinol biasanya digunakan untuk menghilangkan jerawat  ringan hingga sedang. Selain itu, retinol juga mengurangi  minyak berlebih pada kulit, mencegah kerutan, dan mengobati kutil.

 3. Niacinamide

Niacinamide adalah sejenis vitamin B3. Biasanya, niacinamide terdapat pada produk perawatan wajah dan kulit dalam bentuk serum. Senyawa ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, namun jenis kulit berminyak akan mendapatkan manfaat paling besar.

Niacinamide membantu membentuk keratin,  protein yang menjaga kulit tetap sehat dan lembut. Senyawa tersebut juga menjaga lapisan pelindung kulit, mengurangi sebum berlebih, mencegah kerusakan akibat sinar matahari, dan menunda penuaan kulit.

kerusakan akibat sinar matahari dan menunda penuaan kulit.

 4. Centella asiatica (daun centella)

Centella asiatica (daun pegagan) banyak digunakan dalam produk perawatan wajah karena kandungan bioaktifnya. Ramuan berbentuk kipas ini berperan sebagai antioksidan, antibakteri, antivirus, dan antimaag untuk membantu pengobatan luka.

Manfaat utamanya dalam perawatan kulit adalah meningkatkan produksi kolagen, bahan pembangun utama kulit agar tetap elastis. Kulit juga lebih cepat pulih dari bekas luka dan stretch mark serta terlindungi dari penuaan dini.

 5. Asam Hyaluronic 

 Asam hialuronat atau hyaluronic acid  merupakan zat transparan yang terdapat pada jaringan kulit dan dibentuk secara alami oleh tubuh. Fungsi utamanya adalah melumasi jaringan kulit agar kulit tetap lembab dan kenyal.

Manfaat asam hialuronat pada rangkaian produk perawatan kulit tidak berbeda jauh. Produk yang mengandung senyawa ini membantu mengurangi kerutan  wajah, melembabkan kulit, dan memperbaiki kulit yang terbakar sinar matahari.

6. Alfa-arbutin

Alpha-arbutin adalah versi sintetis dari zat yang disebut hidrokuinon. Alpha-arbutin terbuat dari berbagai  tanaman dan buah-buahan, seperti stroberi, blueberry, cranberry, kulit pir, dan rumput gandum.

Zat ini  larut dalam air sehingga manfaatnya  lebih mudah diserap kulit. Manfaat alpha arbutin antara lain mencerahkan kulit wajah tanpa  iritasi, mengurangi flek hitam dan memudarkan flek hitam akibat bekas jerawat di kulit.

Setiap produk perawatan kulit mempunyai fungsinya masing-masing. Produk yang sama  dapat dibagi lagi menurut jenis kulit masing-masing orang dan masalah yang dihadapinya. Itu sebabnya Anda akan dengan mudah menemukan puluhan variasi produk saat mencari produk perawatan kulit.

Namun, sebenarnya ada langkah-langkah perawatan kulit umum yang dapat diikuti oleh siapa saja, apa pun jenis dan masalahnya kulit. Setelah Anda memahami langkah-langkahnya, Anda akan lebih mudah menemukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Cara Penggunaan Skincare

Berikut urutan penggunaan produk perawatan kulit dasar yang sebaiknya Anda ikuti untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

 1. Mencuci Muka

Mencuci muka merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum menggunakan produk lainnya. Mencuci muka akan membuka pori-pori, melembutkan kulit, dan membersihkan kotoran sehingga  produk selanjutnya dapat terserap lebih baik.  

Ingin wajah Anda terlihat lebih bersih dan lembut? Coba bersihkan wajah Anda dalam dua langkah pembersihan ganda. Langkah pertama bersihkan wajah dengan cleanser atau makeup remover, langkah kedua cuci muka dengan sabun atau Facial Wash Adera

 2. Eksfoliasi

Pengelupasan kulit melibatkan pengangkatan sel-sel  mati di lapisan terluar kulit. Jika tidak melakukan eksfoliasi, sel kulit mati akan menumpuk sehingga menyebabkan kulit kusam dan komedo semakin banyak. Perawatan ini biasanya dilakukan hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Untuk Eksfoliasi ini anda dapat menggunakan Darkspot Serum Penghilang Flek Hitam

Ada dua metode eksfoliasi, mekanis dan kimia. Pengelupasan mekanis dilakukan dengan menggunakan exfoliator, kuas, kristal gula atau garam, dan spons. Sedangkan chemical exfoliation menggunakan bahan kimia seperti AHA, BHA,  PHA.  

3. Toner

Toner adalah cairan yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi sejumlah masalah kulit. Setiap tonik dapat menghasilkan efek yang berbeda-beda, tergantung bahan aktif yang dikandungnya.

Kebanyakan toner membantu melembabkan kulit sehingga kulit dapat menyerap bahan aktif dari produk lain dengan lebih baik. Namun ada juga toner yang mampu menyeimbangkan pH kulit, mengencangkan pori-pori, dan mengatasi jerawat. 

Untuk Toner anda Bisa Menggunakan Toner Adera Cosmetik 

4. Masker

Seperti halnya pengelupasan kulit, masker wajah tidak boleh digunakan setiap hari. Anda bisa menyesuaikannya dengan tujuan perawatan atau masalah kulit yang ingin Anda atasi, apakah itu melembapkan kulit, menghilangkan komedo, dan masih banyak lagi.

Masker hadir dalam berbagai bentuk, baik masker alami seperti  madu maupun masker sintetis seperti masker lembar yang mengandung bahan aktif. Penggunaannya bisa disesuaikan dari satu  hingga  tiga kali per minggu.

Untuk Masker ini anda dapat menggunakan Masker Wajah Peel Off Mask Adera

5. Serum

Serum wajah berbentuk gel transparan dengan tekstur ringan dan bebas minyak. Produk perawatan ini mengandung berbagai bahan aktif, seringkali beragam vitamin, retinol, atau ekstrak tumbuhan tertentu.

Serum dapat  dengan mudah dan merata meresap hingga ke bagian kulit terdalam. Sehingga penggunaan serum seringkali ditujukan untuk mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik, seperti jerawat, flek hitam, atau kulit kusam.  Cobalah Menggunakan Serum Adera 

6. Produk perawatan kulit esensi

Produk esens memiliki efek yang hampir sama dengan serum namun memiliki tekstur lebih halus dan lembut di kulit. Essencenya juga mempunyai efek meningkatkan penyerapan produk selanjutnya yang akan digunakan pada kulit.

Meski fungsinya serupa, banyak ahli yang menyarankan penggunaan serum sebelum serum karena teksturnya yang lebih ringan. Anda bisa menggunakannya langsung setelah tonik, dua kali sehari, pagi dan sore. Face dan Body Sunscreen 

7. Pelembab

Pelembab merupakan salah satu produk perawatan kulit dan wajah yang tidak bisa Anda abaikan. Meski memiliki kulit kering, normal, atau berminyak, Anda tetap perlu menggunakan pelembap karena langkah ini akan melindungi sel kulit dari kerusakan dan iritasi.

Kulit hanya bisa berfungsi dengan baik saat kondisi basah. Jika kulit cukup terhidrasi, lapisan pelindungnya akan cukup kuat  melawan  kuman, kekeringan, dan kerusakan akibat  sinar matahari.  

Kulit  berminyak sendiri belum tentu lembab dari dalam sehingga perlu selalu diberikan pelembab, terutama kulit kering atau sensitif yang mudah pecah-pecah dan rusak.

Gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Oleskan pada pagi dan sore hari, terutama setelah mandi saat kulit masih agak lembap. Ini adalah cara terbaik untuk melindungi kulit jika terjadi masalah.

 8. Tabir surya

Bukan rahasia lagi kalau paparan sinar matahari dalam waktu lama bisa merusak kulit. Faktanya, kulit yang tidak terlindungi memiliki risiko lebih tinggi mengalami penuaan dini dan kanker. Oleh karena itu, kulit perlu dilindungi dari sinar matahari.

Tabir surya berupa tabir surya dan tabir surya dapat melindungi kulit dari risiko tersebut. Keduanya mempunyai fungsi serupa. Bedanya, tabir surya berfungsi seperti layar yang menyaring sinar matahari, sedangkan tabir surya memantulkan cahaya tersebut.

Tabir surya biasanya memiliki tekstur yang lebih kental dan dapat digunakan di seluruh bagian tubuh. Sedangkan tabir surya cenderung ringan sehingga cocok  untuk kulit wajah yang lebih tipis. Seperti Body Face And Sunscreen Adera

Dengan beragamnya produk perawatan kulit dan perawatan wajah yang tersedia, mungkin tidak mudah  untuk mengikuti semua langkahnya. Jadi Anda bisa memulainya dengan mengikuti langkah-langkah di atas.  Pada akhirnya, setiap orang memiliki kebutuhan perawatan yang berbeda. 

Dengan mencoba setiap  produk perawatan kulit selangkah demi selangkah, Anda dapat mengetahui produk mana yang paling Anda butuhkan setiap hari.

Untuk Paket Perawatan Komplit seperti :

Serta untuk perawatan Kewanitaan lainya seperti 

anda Bisa menggunakan Produk dari Adera, Silahkan Cek Disini