Pengertian Media dan jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Media dan jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli

Pengertian Media dan jenis - Jenisnya Menurut Para Ahli

Komunikasi - 
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, media adalah alat (fasilitas) komunikasi, mediator, atau penyambung. Bila dilihat juga dari asal katanya, ‘Medius' (bahasa Latin) yang bermakna ‘tengah', karena itu bisa diambil simpulan jika media mengarah pada suatu fasilitas/ alat yang dipakai untuk menyediakan info.

Media sendiri sering digunakan dalam bermacam sektor kehidupan manusia, khususnya pada proses pembelajaran. Media dipakai untuk memudahkan pengutaraan info, hingga pesan yang di berikan pemberi info bisa diterima secara baik oleh yang menerima info

Ada beberapa ahli yang mendeskripsikan makna media tersebut, untuk menolong kita untuk mengetahui dan pahami berkenaan apakah itu media. 

Di kesempatan kali ini Pakar Komunikasi akan menguraikan beberapa Pemahaman Media Menurut Beberapa Pakar, sebagai berikut ini:

Ahmad Rohani. 

Media adalah segala hal yang bisa ditangkap oleh indra manusia, yang berperan sebagai perantara, fasilitas, atau alat untuk proses komunikasi (proses belajar mengajar).

Ali. 

Media meliputi bermacam jenis komponen dalam lingkungan pelajar, yang bisa merangsang pelajar untuk belajar

Arif S Sadirman. 

Media meliputi semua alat fisik yang bisa menyediakan pesan, dan merangsang pelajar untuk belajar. Misalnya film, buku, atau kaset. 

Arsyad. 

Media bisa disimpulkan sebagai mediator atau pengantar pesan, dari pengirim pesan ke penerimanya. Media di sini bisa berbentuk satu bahan (software) dan/ atau satu alat (hardware).

Association of Education and Communication Technology (AECT). 

Media adalah semua wujud dan saluran yang dipakai penyampaian pesan dan info.

Blake dan Horalsen. 

Media ialah aliran komunikasi . Dipakai untuk sampaikan pesan di antara pemberi pesan (sumber) dengan yang menerima pesan.

Briggs dan Gagne. 

Media ialah alat yang dipakai untuk memberi rangsangan pada pelajar, supaya terjadi proses evaluasi.

Cangara. 

Dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2006) mengatakan jika, media adalah alat atau fasilitas untuk sampaikan pesan dari komunikator ke publik. 

Dalam masalah ini media yang paling mendominasi dalam berbicara ialah pancaindra manusia, seperti mata dan telinga. 

Pesan yang diterima pancaindra selanjutnya diolah oleh pemikiran untuk tentukan reaksi/ sikapnya, baru selanjutnya dipastikan dalam perlakuan.

Degeng. 

Media adalah elemen strategi penyampaian, dapat berbentuk alat bahan atau orang. Komponen ini bisa dimuati pesan yang akan dikatakan dalam pembelajaran

Gagne. 

Media adalah komponen - komponen yang bisa merangsang tekad belajar pelajar. Komponen itu berbentuk komponen yang ada di lingkungan pelajar.

Gerlach dan Ely. 

Media ialah orang/ material/ peristiwa yang bisa membuat keadaan yang memungkinkan pelajar untuk mendapatkan pengetahuan/ ketrampilan/ sikap baru. Media di sini mencakup buku text, guru, rekan seumuran, dan lingkungan dalam atau di luar sekolah.

Heinich, Molenida dan Russel. 

Tehnologi atau media pembelajaran adalah implementasi ilmiah mengenai proses belajar ke manusia. Dalam masalah ini menyangkut pekerjaan praktis belajar mengajar.

Leslie J. Briggs. 

Media ialah alat yang secara fisik dipakai untuk sampaikan isi materi. Bisa berbentuk buku, video recorder, tape recorder, kaset, video camera, gambar, diagram, tv atau computer

Miarso. 

Media meliputi segala hal yang bisa dipakai untuk salurkan pesan, hingga bisa menggairahkan perhatian, pemikiran, hati dan tekad pelajar untuk pelajari suatu hal.sebuah hal.

National Education Asociation (NEA). 

Media ialah fasilitas komunikasi, bagus di dalam wujud bikin atau audio visual. Meliputi tehnologi piranti lunak dan piranti kerasnya.

Sadiman. 

Media meliputi segala hal yang bisa dipakai untuk salurkan/ menyampaikan pesan ke yang menerima pesan, hingga pelajar bisa dirangsang pemikiran, hati, ketertarikan, atau perhatiannya pada proses belajar mengajarkan yang efisien dan efektif.

Santoso S. Hamijaya. 

Media ialah semua wujud mediator yang digunakan seorang untuk menebarkan gagasan, supaya gagasan itu sampai pada penerimanya

Syaiful Bahri Djamarah. 

Media sebuah alat tolong, yang dapat berbentuk apa, dipakai untuk salurkan pesan dalam rencana capai arah tertentu.

Wilbur Schram. 

Media ialah tehnologi pembawa pesan. Tehnologi ini digunakan untuk kepentingan pembelajaran.. Media pengajaran adalah satu benda yang bisa diamankan panca indra, terutamanya indra pendengaran dan pandangan baik yang ada dalam kelas, atau diliar kelas. Dipakai sebagai alat tolong pada proses belajar mengajarkan, dan mempunyai tujuan untuk tingkatkan efektivitas hasil belajar pelajar.

Jenis - jenis Media

Pada umumnya, media sendiri bisa dibagi jadi beberapa jenis yakni:

Media Visual

Media visual meliputi semua media yang bisa dilihar, dibaca, dan diraba. Media visual memercayakan indra pandangan dan/ atau peraba manusia. Media visual dapat diperoleh dengan gampang di sekitar lingkungan kita, atau bisa kita bikin sendiri. 

Contoh media visual misalkan photo .gambar, diagram/ grafik, buku, text, majalah, koran, alat peraga, dll.

Media Audio

Media Audio meliputi semua media yang bisa diamankan oleh indra pendengaran (telinga) manusia. Media ini memiliki kandungan pesan berbentuk auditif, yang bisa menggairahkan pemikiran, hati, perhatian tekad pendengarnya. 

Contoh media audio misalkan suara, musik, lagu, tayangan radio, rekaman suara dalam kaset atau CD, dll.

Media Audio Visual

Media Audio Visual adalah gabungan dari media audio dan media visual. Media ini meliputi semua media yang bisa disaksikan dan didengarkan secara bertepatan, maknanya menggandalkan indra pandangan dan pendengaran manusia secara bertepatan. 

Contoh media audio visual misalkan film, video, sinetron, pertunjukan, tv

Multimedia

Multimedia sendiri sesungguhnya adalah media audio visual, tetapi semakin lebih komplet karena menjadikan satu bermacam pola media seperti text, gambar, diagram, suara, video dan animasi. 

Contoh multimedia ialah internet