Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem informasi manajemen : Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Manfaat, Sistem Informasi Manajemen

Manajemen - Manajemen adalah sumber informasi terhitung beberapa hal penting untuk memutuskan. Pemrosesan dan pendayagunaan data semakin lebih optimal jika Anda memakai sistem informasi manajemen.

Dalam semua faktor kehidupan, manajemen perlu diaplikasikan. Bahkan juga, dalam organisasi yang paling kecil sekalinya laiknya pribadi dan keluarga. terutama untuk organisasi yang lebih kompleks seperti perusahaan. Salah satu perihal yang perlu jadi perhatian seorang manager ialah berkaitan pengendalian aktivitas dan data.

Pemahaman Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen atau management information sistem. Pemahaman SIM ialah sistem rencana sisi dari pengaturan intern dalam usaha yang terdiri dari pendayagunaan dokumen, manusia, tehnologi, dan proses dalam akuntansi manajemen.

Maksudnya ialah pecahkan bermacam permasalahan dalam usaha yang mencakup service, ongkos produk, dan taktik usaha. Keseluruhnya sistem ini dipakai dalam rencana menganalisa sistem informasi lainnya pada implementasi rutinitas operasional satu organisasi.

Dalam ranah akademik, arti ini mengarah sekumpulan sistem manajemen informasi yang terkait dengan suport dan otomasi pada ambil keputusan seperti sistem ahli, sistem simpatisan keputusan, dan sistem informasi eksekutif.

Beberapa pakar memberi gagasannya berkaitan dengan pemahaman dari SIM. Salah satunya:

 Bodnar dan Hopwood

Management information sistem ialah kelompok piranti keras dan piranti lunak yang direncanakan untuk mentrasformasikan data berbentuk informasi yang bermanfaat. (Accounting Information System)

 L. Jamers Havery

Management information sistem ialah proses rasional dan logis untuk lakukan atau membuat satu serangkaian elemen yang terkait keduanya.

 Azhar Susanto

Sistem informasi manajemen adalah kelompok atau group dari sub sistem atau sisi atau elemen apa saja biak fisik atau non fisik yang sama-sama terkait keduanya dan terkait dengan pengaturan, pengevaluasian, dan pembaruan berkepanjangan.

Ludwig Von Gagalanfy

Management information sistem adalah seperangkat elemen yang sama-sama berkaitan pada suatu antar rekanan antara unsur0unsru itu dengan lingkungan.

Peranan Sistem Informasi Manajemen

Ada beberapa faedah dan peranan dari sistem informasi manajemen. Peranan sistem ini tak terbatas kepada pihak manajemen saja, tetapi untuk organisasi keseluruhann.   berikut peranan sim :

Tingkatkan keproduktifan dan penghematan dalam soal ongkos dalam organisasi

Tingkatkan kualitas dari SDM karena unit sistem kerja semakin lebih terkoordinasi dan struktural

Memudahkan faksi manajemen dalam lakukan pemantauan, rencana, pembimbingan dan pendelegasian performa kesemua departemen yang memiliki pengaturan dan jalinan.

Tingkatkan efektivitas dan efektifitas data yang lebih realtime dan tepat.

Contoh Sistem Informasi Manajemen

Wujud dari sistem informasi manajemen semakin lebih gampang dimengerti lewat contoh. Supaya lebih terang, sila Anda baca misalnya yang dapat Anda aplikasikan dalam usaha. Berikut secara lengkap:

1. Executive Suport Sistem (ESS)

Sistem di atas akan menolong manager untuk dapat berhubungan dengan lingkungan perusahaan. Yaitu dengan menggunakan kontribusi dari diagram dan simpatisan dari komunikasi lainnya.

2. Grup Decision Suport Sistem (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work Sistem (CSCWS)

GDSS berperan untuk cari jalan keluar atas persoalan untuk penghimpunan pengetahuan pada barisan dan bukan individu. GDSS umumnya mempunyai wujud quesioner, diskusi, dan skenario. Contoh dari GDSS ialah e-government.

3. Ahli Sistem (ES) dan Artificial Intelligent (AI)

Sistem informasi ini menggunakan kepandaian bikinan dalam menganalisa perpecahan permasalahan memakai pengetahuan tenaga pakar yang telah diprogram kedalamnya. Contoh dari ES dan AI ialah sistem agenda teknisi.

4. Decision Suport Sistem (DSS)

Setlanjutnya, sistem informasi  menolong manager untuk memutuskan dengan memperhatikan lingkungan dalam perusahaan. Contoh dari DSS ialah link elektronik.

5. Informatic Management Sistem (IMS)

IMS mempunyai peranan untuk memberikan dukungan spektrum pekerjaan dalam organisasi. IMS bisa juga digunakan dalam menganalisa pengerjaan keputusan. Fungsi-fungsi informasi dan program komputerisasi dapat digabungkan dalam IMS.

6. Office Automation Sistem (OAS)

Contoh sistem informasi setelah itu OAS atau Office Automation Sistem. Program ini mempunyai peranan untuk memperlancar komunikasi antara departemen dalam perusahaan. Triknya dengan mengintegrasi server computer di tiap pemakai perusahaan. Contoh OAS ialah lewat e-mail.

7. Suplai Chain Management (SCM)

Pada sistem SCM, faedah yang didapat dari manajemen ialah memadukan data penting seperti supply dari penyuplai, produsen, sampai retail. Bahkan juga, sampai ke customer terakhir. Umumnya sistem ini jadi satu dengan sistem pembukuan perusahaan pada software akuntansi.

Bila usaha Anda belum memakai software akuntansi, Anda dapat berusaha untuk memakai software akuntansi berbasiskan cloud seperti Akirate Online yang memilik feature stok yang akan membuat manajemen rantai suplai Anda bertambah lebih terarah. Ketarik?

8. Enterprise Resource Rencana (ERP)

Banyak perusahaan besar yang memakai sistem informasi manajemen ERP. Namun, sistem ini bisa juga dipakai dalam rasio kecil. ERP umumnya digunakan pada pengendalian manajemen dan lakukan pemantauan yang terpadu antara unit-unit perusahaan.

Manfaat Sistem Informasi Manajemen

SIM mempunyai beberapa faedah yang perlu dalam kelangsungan perusahaan atau organisasi. Beberapa faedahnya akan diulas pada beberapa poin berikut ini:

Sediakan informasi yang dipakai dalam perhitungan harga dasar produk, layanan, dan arah yang lain diharapkan oleh manajemen.

Sediakan informasi yang dipakai untuk berencana, mengatur, menilai, dan lakukan pembaruan yang berkepanjangan.

Sediakan informasi dalam memutuskan penting.

Unsur Sistem Informasi Manajemen

unsur sistem informasi manajemen fungsional ialah komponen dan elemen yang mempunyai jalinan dengan pemrosesan data, tehnik penghimpunan data, penyimpanan, dan laporan informasi di mana sistem ini diperlukan manajemen.

Dalam SIM, ada lima unsur yang mencakup:

Sistem Administrasi dan Operasional

Sistem ini mencakup bagian-bagian dari manajemen yang lakukan rutinitas dengan proses yang sudah dipastikan. Proses ini ada di bagian personalia, administrasi, dan lain-lain. Elemen ini perlu dipantau secara cermat karena jika ada perombakan karena itu bisa selekasnya diperhitungkan.

Sistem Laporan Manajemen

Sistem laporan manajemen yang disebut elemen informasi manajemen yang meliputi sisi mana yang mempunyai pekerjaan khusus untuk membuat laporan performa baik secara periodik atau secara teratur.

Sistem Penelusuran

Sistem penelusuran ialah elemen yang memberi macam informasi yang diperlukan perusahaan. Wujud sistem penelusuran tidak terancang tapi penting untuk memutuskan.

Sistem Database

Sistem ini ialah elemen yang mempunyai faedah untuk simpan seluruh data dan informasi berkenaan aktivitas dari perusahaan.

Manajemen Data

Manajemen data ialah elemen dalam sistem informasi yang memberikan kejelasan jika macam data yang dipunyai lebih tepat, modern, aman, dan siap dipakai.

Manajemen data berperan selaku penyambung di antara database dengan macam elemen sistem informasi lainnya. Sistem ini memakai software yang akan menolong memperoleh, memiara, mengatur, dan memproses sampai akses data lebih gampang untuk dipakai.

Post a comment for "Sistem informasi manajemen : Pengertian Menurut Para Ahli, Fungsi, Manfaat, Sistem Informasi Manajemen"