Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Tempat Wisata di lombok yang wajib di kunjungi

Wisata - Lombok adalah salah satu tujuan wisata favorite di Indonesia. Daya tarik yang dijajakan bermacam, dimulai dari pantai sampai pegunungan. Oleh karenanya, tidak salah bila Lombok sering jadi masuk daftar tempat berkunjunng bagi beberapa pelancong.

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Gambar@Griayuni

Salah satu pantai yang terkenal di Lombok, yakni Pantai Senggigi. Terletak di Jalan Raya Senggigi, Batu Monitor, Kabupaten Lombok Barat. Pantai Senggigi mempunyai air laut yang biru dan jernih, hingga benar-benar pas untuk snorkeling dengan panorama bawah laut yang elok. 

Pantai ini mempunyai keadaan ombak yang pas untuk berseluncur, terhitung untuk pemula. Bila pengin nikmati panorama cantik di Pantai Senggigi, pengunjung dikenakan ongkos ticket masuk sejumlah Rp 15.000 per orang. 

2. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan adalah salah satu pantai unggulan yang termasuk masih asri, sebab tidak ada pembangunan sarana di seputar teritori pantai. Pantai Tanjung Aan yang bertemu langsung dengan Samudera Hindia, mempunyai garis pantai lebih kurang 2 km, dan dikitari oleh Bukit Merese. Posisi pantai pas ada di Sengkol, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok tengah. 

Pantai Tanjung Aan

Pantai ini mempunyai dua tipe pasir yang menghampar di sejauh pantai, yakni pasir lembut memiliki tekstur seperti tepung dan pasir memiliki tekstur seperti. Ombak di Pantai Tanjung Aan mempunyai gelombang yang tidak besar, hingga benar-benar pas untuk berenang, snorkeling, dan berseluncur. 

Untuk berkunjung pantai ini, pengunjung dikenakan ongkos parkirkan sejumlah Rp 5.0000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Posisi pantai tidak begitu jauh dari Lapangan terbang Lombok. Pengunjung bisa memakai kendaraan motor atau mobil, dengan waktu pintas sekitar lebih kurang 30 menit. Simak juga: Berekreasi ke Pantai Tanjung Aan Lombok, Dapat Berseluncur dan Berenang

3. Bukit Merese

Bukit Merese

Bukit Merese
Gambar@Ditasafiatidewi

Bukit Merese adalah salah satu tujuan wisata di Lombok tengah untuk melihat matahari tenggelam Bukit Merese adalah bukit yang melingkari Pantai Tanjung Aan. Posisinya berada di Jalan Kuta Lombok, Kuta Pujut, Kabupaten Lombok tengah. 

Bukit ini adalah salah satunya yang paling hits di Lombok, di mana pengunjung bisa nikmati panorama langit dan laut luas, dan daya tarik sunset waktu sore hari. 

Bukit Merese benar-benar pas jadi spot photo Instagramable. Bahkan juga, seringkali jadi untuk tempat photo prewedding. Pengunjung tak perlu bayar ticket masuk, dan dapat didatangi cuman pada jalan kaki dari Pantai Tanjung Aan.

4. Batu Payung

Batu Payung yang tidak jauh dari pantai Tanjung Aan, Kabupaten Lombok tengah, NTB, waktu belum roboh.Batu Payung tawarkan keelokan batu berdiri tinggi yang tercipta proses dari alami. Dilihat dari segi mana saja, batu ini akan memberikan kesan-kesan cantik. 

Dengan keelokan batu yang mempesona, dan panorama seputar yang cantik, tempat ini benar-benar pas untuk spot photo yang Instagramable. 

Posisi Batu Payung ada di samping timur Pantai Tanjung Aan. Untuk capai Batu Payung ppengunjung bisa sewa perahu dari Pantai Tanjung Aan pada harga sewa sekitar Rp 250.000. 

5. Pantai Malimbu 

Pantai Malimbu di Pulau Lombok, NTB.Pantai Malimbu masih bersih, jarang-jarang didatangi, dan tawarkan keelokan yang menarik dan menganakemaskan mata. Pantai ini berada di Dusun Malaka, Kecamatan Juara, Kabupaten Lombok Utara. karang cantik menjadi daya tarik ‘Karang Bolong Malimbu', di mana kerap jadi spot photo tarik. 

Pengunjung bisa jalan-jalan rileks di Pantai Malimbu, nikmati kehalusan pasir, atau berekreasi air berkeliling-keliling di laut dengan sewa kano atau perahu. Bertandang ke Pantai Malimbu tidak dikenakan ongkos masuk atau cuma-cuma.

6. Bukit Malimbu 

Bukit Malimbu tawarkan pemandangan sunset yang menarik dan bergandengan dengan panorama yang mengagumkan. Bukit ini mempunyai dua titik untuk nikmati panorama, yakni pada segi timur dan barat, berada disamping Pantai Malimbu, di Dusun Malaka, Kecamatan Juara, Kabupaten Lombok Utara. 

pengunjung bisa menyaksikan panorama dari Gunung Agung di Bali, Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Sekalian nikmati panorama Bukit Malimbu, 

7. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika benar-benar pas untuk yang mencintai olahraga air, seperti berseluncur, snorkeling, sampai diving. Sarana di Pantai Kuta ini termasuk komplet seperti tempat parki, toilet, warung makan, ATM, masjid, pondokan, dan pneyewaan alat watersport. 

Pantai Tanjung Aan

Pantai Kuta Mandalika ada tidak jauh dari Lapangan terbang, persisnya di Dusun Pujut, Lombok tengah, bisa dilakukan dengan motor atau mobil dalam waktu pintas kurang dari 30 menit. Pengunjung tidak dikenakan ticket masuk, cuman dikenakan ongkos parkirkan kendaraan Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil. 

8. Pantai Ampenan 

Pantai Ampenan berada di Jalan Pabean, Ampenan, Kota Mataram. Tempat ini benar-benar pas dan kerap jadi tempat untuk berkumpul sama rekan-rekan. Pelancong yang tiba kesini umumnya nikmati senja sekalian santai nikmati minuman dan makanan yang dipasarkan oleh pedagang-pedangang.

Nikmati pemandangan sunset tetapi tidak mau pergi jauh dari kota, Pantai Ampenan ialah opsi terhebat. Pengunjung tidak dikenakan ongkos masuk, perlu bayar ongkos parkirkan jika bawa kendaraan sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

9. Islamic Center Mataram

Islamic Center Mataram
Gambar@Ditasafiatidewi

Islamic Center Mataram

Islamic Center Mataram adalah salah satunya simbol Pulau Lombok. Posisinya ada di Jalan Udayana, Gomong, Selaparang, Kota Mataram. Salah satunya wisata religius yang perlu didatangi di Lombok itu mempunyai luas sejumlah 74.749 mtr. persegi. Mushola yang mempunyai nama lain Mushola Hubbul Wathan ini mempunyai bangunan istimewa dan elok. 

Berkunjung mushola ini tidak diambil ongkos atau cuma-cuma, tapi pengunjung yang pengin berkunjung menara tinggi untuk menyaksikan panorama Kota Mataram, akan dikenakan ongkos sejumlah Rp 5.000 per orang.

10. Pura Meru

Pura Meru adalah salah satunya pura paling tua yang dibuat di tahun 1720 dan jadi pura paling besar di Lombok. Posisinya ada di Jalan Selaparang, Cakranegara, Kecamatan Mataram,Kota Mataram. Pura ini benar-benar keramat dan jadi kebanggaan masyarakat Lombok, benar-benar pas untuk wisata riwayat dan religius. 

Sarana di Pura Meru seperti tempat parkirkan, pedagang minuman dan makanan, ATM, dan toko souvenir. Berkunjung Pura Meru tidak diambil ongkos. Pengunjung cukup memberikan bantuan sesukarelanya dan bisa didatangi dimulai dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore Waktu Indonesia Tenggara.

11. Taman Mayura

Taman Mayura mempunyai situasi alam yang asri dan spiritual yang terbagi dalam tempat taman dan tempat pura. Di Taman ditanam beberapa pohon manggis yang ada di sekitar taman dan sarat dengan rumput hijau dan diperlengkapi dengan kolam yang ada bangunan di tengah-tengahnya. 

Tempat ini benar-benar pas untuk lakukan wisata riwayat dan memberi ketenangan kesejukkan. Pengunjung akan dikenakan ongkos masuk sebesar Rp2.500 per orang, dan dibuka start pukul 8 pagi sampai jam 5 sore.

12. Gili Nanggu

Beberapa pelancong Nusantara berangkat dari Pelabuhan Tawun di Dusun Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, , satu pulau di tengah-tengah laut yang tawarkan wisata berenang di air laut jernih, 

Sekotong jadi tujuan favorite ke-2 sesudah Senggigi yang ramai didatangi pelancong lokal dan luar negeri.Gili Nanggu tawarkan daya tarik bawah laut yang mempesona dengan terumbu karang yang elok dan ikan-ikan kecil berwarna-warni. Pulau ini benar-benar pas untuk lakukan snorkeling dan diving. 

Pengunjung dapat jalan rileks di atas pasir putih melingkari pulau. Gili Nanggu ada di Sekotang Barat, Kecamatan Sekotang, Lombok Barat, bisa didatangi dengan menyeberang memakai perahu di dermaga penyebrangan di Dusun Tawun. Harga sewa perahu sekitar sejumlah Rp 300.000 yang muat sampai 10 orang, dan telah terhitung untuk berkunjung Gili Sudak dan Gili Kedis.

13. Gili Sudak

Gili Sudak adalah pulau kecil yang benar-benar asri, dengan pasir putih, air laut biru yang paling jernih, dan terumbu karang elok memiliki ukuran besar. Di pulau ini, pengunjung bisa lakukan snorkeling nikmati panorama bawah laut yang cantik. Rutinitas lain yaitu naiki kano, sampai melahap seafood di warung makan. 

Menyuguhkan pemandangan sunrise dan sunset yang menarik, pulau kecil ini sering disebutkan pulau yang sangat romantis. Langkah capai pulau ini dapat dengan sewa perahu dari Dermaga Tawun pada harga sejumlah Rp 300.000, dan telah terhitung untuk berkunjung Gili Nanggu dan Gili Kedis.

14. Gili Kedis

Gili Kedis belum begitu terkenal dan banyak didatangi. Ukuran pulau ini benar-benar kecil dan masyarakat di tempat menyebutkan pulau ini Gili Kedis yang bermakna ‘Pulau Burung Pipit'. Pulau yang benar-benar asri ini mempunyai panorama yang teduh dan menarik, dengan pasir putih dan batu karang di air laut yang demikian jernih, benar-benar pas untuk lakukan snorkeling. 

Jalan-jalan rileks melingkari pulau di atas pasir putih cuman memakan waktu 10 menit saja karena ukuran pulau benar-benar kecil. Untuk capai pulau ini, pengunjung bisa sewa perahu dari Dermaga Tawun pada harga sejumlah Rp 300.000, dan telah terhitung untuk mengunjingi Gili Nanggu dan Gili Sudak.

15. Taman Wisata Sesaot

Taman Wisata Sesaot biasa disebutkan dengan wisata aik nyet adalah teritori rimba dan sungai jernih seta mempunyai situasi asri. Posisinya ada di Sesaot, Narmanda, Lombok Barat. Tempat ini benar-benar pas untuk jadi tempat rekreasi dengan keluarga, ada gazebo-gazebo untuk santai. 

Taman Wisata SesaotTaman Wisata Sesaot

Di Taman Wisata Sesaot ini ada spot photo tarik, seperti luncuran air terjun, bebatuan besar di atas air terjun, dan masjid yang serupa dengan klenteng. Sarana dalam tempat ini cukup dikelola seperti masjid, tempat istirahat, kamar mandi, tempat parkirkan, sampai warung yang jual bermacam minuman dan makanan. Pengunjung akan dikenakan ticket masuk sebesar Rp5.000, dan telah terhitung ongkos parkirkan dari pagi sampai sore hari.

16 Air Terjun Sendang Gile



Air Terjun Sendang Gile


Air Terjun Sendang Gile
Gambar@Ditasafiatidewi

Air Terjun Sendang Gile menyuguhkan air terjun di tebing bertngkat dengan udara sejuk dan panorama hijau ang asri. Air terjun ini ada di kaki Gunung Rinjani persisnya di Dusun Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. 

Air terjun dengan ketinggian 30 mtr. ini, memberi air jernih yang beri kesegaran dan memberikan kesan membahagiakan dari pancuran air yang mengucur dari ketinggian. Pengunjung akan dikenakan ongkos masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk rasakan kesejukan dan keelokan panorama di Air Terjun Sendang Gile.

17 Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep di Senaru, Kabupaten Lombok Utara, Air Terjun Tiu Kelep adalah air terjun eksotis dari pulau Lombok, dan digadangkan selaku air terjun paling romantis, hingga benar-benar pas untuk berlibur bersama pasangan. Air terjun ini ada di kaki Gunung Rinjani seperti Air Terjun Sendang Gile sebab posisi yang bersisihan, persisnya di Dusun Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. 

Tempat ini tawarkan panorama yang asri dan beri kesegaran mata, pengunjung dapat nikmati refleksi pelangi dari kolam di saat spesifik. Pengunjung dapat mengisap wewangian rimba hujan tropis dan wewangian bunga kopi yang merebak. Pengunjung harus bayar ongkos masuk sebesar Rp10.000 per orang.