Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Manajemen Keuangan Publik

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Manajemen Keuangan Publik


MKP
 - Adanya pengendalian keuangan publik oleh pemerintahan sangat penting mengingat bahwa tingkat kesejahteraan warga di Indonesia masih rendah, seperti masih tingginya jumlahnya anggka kemiskinan dengan tingkat penyukupan kebutuhan yang rendah, praktik korupsi yang berlangsung pada tiap sektor pemerintah, penghasilan nasional yang tidak rata, perkembangan ekonomi yang rendah, dan bermacam penyelewengan bujet yang lain. Ini dapat dikarenakan oleh minimnya pengetahuan manajemen keuangan publik yang lebih dalam.

Manajemen keuangan publik penting untuk kehidupan warga luas untuk kebutuhan satu negara untuk perkembangan dan kesejahteraan negara itu

Saat sebelum mengulas mengenai manajemen keuangan publik, sebaiknya Anda mengenali mengenai pengertian keuangan publik lebih dahulu. Pengertian keuangan publik dalam kata lain ialah keuangan negara. Tentang hal pemahaman keuangan negara menurut Pasal 1 UU No. 17 Tahun 2003 berkenaan Keuangan Negara sebagai satu kekayaan pemerintahan yang dibuat dari akseptasi, utang, utang pemerintahan atau dapat dari pengeluaran pemerintahan, peraturan pajak dan peraturan moneter.

Peranan khusus yang dipunyai dari akutansi manajemen bidang publik ialah penyuplai info akutansi yang akan dipakai oleh manager publik dalam lakukan peranan rencana dan pengaturan organisasi. Akuntansi manajemen ialah satu sisi paling penting dari mekanisme pengaturan manajemen yang integral. 

Akuntansi manajemen selaku satu proses pengidentifikasian, pengukur, pengakumulasian, penganalisaan, persiapan, penginterpretasian, dan pengkomunikasian info keuangan yang dipakai oleh manajemen untuk rencana, penilaian, dan pengaturan organisasi dan untuk jamin jika sumber daya dipakai secara pas dan akuntabel.Institute of Management Accountants (1981)

Jadi bisa disebutkan manajemen keuangan publik ialah seluruh aktivitas atau usaha atau rutinitas yang dikerjakan pemerintahan (pusat dan wilayah) dalam mengurus seluruh kepentingan negara, terutamanya yang terkait dengan rutinitas keuangan pemerintah dimulai dari pengendalian akseptasi, pengeluaran sampai peraturan melangsungkan pembiayaan.

Tujuan Dan Peranan Manajemen Keuangan Publik

Sesudah kita pahami pengertian dan pemahaman manajemen keuangan publik itu, bisa kita dapatkan peranan dan arah manajemen keuangan publik itu. Tentang hal arah dalam manajemen keuangan publlik diantaranya selaku berikut ini:

1. Punya pengaruh pada perkembangan ekonomi

2. Jaga kesetimbangan ekonomi satu negara

3. Mengalihkan beberapa sumber ekonomi

4. Menggerakkan pungutan penghasilan

Adanya manajemen keuangan publik bisa mendukung perkembangan ekonomi, ini tujuannya ialah bila manajemen keuangan publik satu negara disebutkan baik tiada cacat, peluang beberapa investor luar akan semakin tertarik untuk tempatkan dana mereka ke satu negara dengan manajemen laporan keuangan publik yang bagus. Adanya dana investor luar itu bisa gerakkan perkembangan ekonomi itu dan makin berkembang.

Peranan Peranan Manajemen Keuangan Publik

Sumber Data dan Bukti

Manajemen laporan keuangan mempunyai tujuan untuk memberi info ke barisan yang mempunyai kebutuhan untuk mengenali bukti dan kisah organisasi lebih komplet.

Ketaatan dan Pengendalian Yang Baik

Dengan membuat manajemen keuangan bermakna bisa jamin pada pihak pemakai laporan keuangan dan faksi otorisasi penguasa jika pengendalian keuangan telah dikerjakan secara baik sesuai hukum dan ketentuan yang telah diputuskan.

Keberlangsungan Organisasi

Manajemen laporan keuangan bisa berperan selaku medium untuk mengenali keberlangsungan organisasi apa mampu dalam soal sediakan barang dan jasanya. Ini bisa berperan mengatur organisasi dan lembaga-lembaga dalam suatu pemerintah itu.

Laporan keuangan dipakai untuk pertanggungjawaban ke publik supaya mengenali performa dan penilaian dari manajemen, mengenali perolehan atas sasaran yang telah diputuskan, memperbandingkan dengan organisasi yang lain semacam dan memungkinkannya untuk faksi luar mengenali ongkos atas barang dan layanan yang sudah diterima dan mengenali efektivitas sumber daya yang sudah dipakai oleh organisasi.

Rencana dan Info Otorisasi

Laporan keuangan berperan untuk bikin rencana, peraturan dan rutinitas di periode mendatang dan dipakai untuk cari info simpatisan mengenai otorisasi pemakaian dana.

Jalinan dengan Warga

Laporan keuangan berperan untuk bikin rencana, peraturan dan rutinitas di periode mendatang dan dipakai untuk cari info simpatisan mengenai otorisasi pemakaian dana.

Secara fungsional dan arah, manajemen keuangan publik itu banyak mempunyai imbas kesemua bidang dan baris di satu negara. Proses pengerjaan laporan keuangan publik jadi poin penting dan jadi hal yang rawan bila tidak bisa terwujud secara baik.

Pentingnya memakai mekanisme akuntansi yang dapat dipercaya bisa menolong mendukung pemercepatan dan ketepatan yang pas dalam laporan keuangan itu. Sama dengan manajemen keuangan di bidang publik, pada bidang usaha sendiri memerlukan manajemen keuangan yang bagus.