Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsumsi Buah Bervitamin A untuk Hidup Lebih Sehat-

Konsumsi Buah Bervitamin A untuk Hidup Lebih Sehat-

Inspirasi - Buah yang mengandung vitamin a identik memiliki kulit atau daging buah berwarna merah.kandungan Beta Karoten padabuah identik dengan keberadaan vitamin A. Seperti vitamin D, E, dan K, vitamin A termasuk vitamin yang larut dalam lemak/minyak. 

Vitamin A memiliki peranan untuk menjaga kesehatan mata. Sehingga jika seseorang memiliki masalah kesehatan pada indra penglihat, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A. 

Namun, tidak lupa pula dengan Anda mengkonsumsi buah bervitamin A juga dapat mencegah terjadinya anemia. Berikut ini harus Anda ketahui buah-buahan yang mengandung sejumlah vitamin A. 

Dijelaskan kandungan vitamin A dalam setiap jenis buah diulas dalam satuan IU atau International Unit. Setiap satu IU setara dengan tiga keutamaan dalam vitamin A. Antara lain 1,3 mcg senyawa retinol ; 0,6 mcg senyawa antioksidan Beta-karoten ; serta 1,2 mcg berupa provitamin A karotenoid.

Si Hijau Bulat Buah Melon dengan Kandungan Vitamin A 3.382 IU

Dapat dikatakan sebagian orang pasti tidak menyangka bahwa buah melon mengandung vitamin A tinggi. Melihat warna dari kulit dan daging buah melon yang hijau, membuat beberapa orang tidak berpikir buah tersebut memiliki kandungan vitaminA. 

Padahal selain terdapat pada buah yang identik dengan warna merah, vitamin A juga terdapat pada buah yang identik dengan warna hijau seperti buah melon. Di dalam 100 gram buah melon, terdapat kandungan vitamin A sebesar 3.381 IUyang setara dengan mengkonsumsi 34 kalori.

Si Orange Buah Aprikot dengan Kandungan Vitamin A 1.926 IU

Buah aprikot memiliki warna dominan orange. Namun, warna dari buah aprikot sendiri juga menunjukkan orange kemerah-merahan. Buah aprikot memiliki kandungan vitamin A sebesar 1.926 IU per 100 gram. 

Mengkonsumsi buah aprikot tidak sama dengan buah melon. Jika mengkonsumsi buah melon sama dengan mengkonsumsi buah berkalori tinggi. Maka dengan mengkonsumsi buah aprikot sama dengan mengkonsumsi buah berkalori rendah.

Si Merah Kecil Buah Ceri dengan Kandungan Vitamin A 767 IU

Buah ceri termasuk buah yang dapat dikatakan gampang-gampang susah dijumpai di Indonesia. Namun, terkait dengankandungan vitamin A, dalam 100 gram buah ceri terdapat 767 IU vitamin A. 

Buah ceri juga memiliki sumber antioksidanyang angat baik untuk menangkal keberadaan dari RB atau Radikal Bebas yang dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Si Merah Bulat Besar Buah Semangka dengan Kandungan Vitamin A 569 IU

Buah semangka kaya dengan kandungan air, namun juga memiliki kandungan vitamin A tinggi. Sebagai buah yangmengandung vitamin a, dalam 100 gram buah semangka terkandung vitamin A sebanyak 569 IU. 

Vitamin A dalam buahmerah bulat besar ini dapat mencegah pertumbuhan dari sel-sel kanker. Seperti kanker rongga mulut dan paru-paru.

Si Coklat Buah Kurma dengan Kandungan Vitamin A 149 IU

Meskipun buah satu ini sangat jarang dijumpai di Indonesia, namun pasti ada saat menjelang bulan Ramadhan. Inilah buahkurma, si coklat yang kaya dengan kandungan vitamin A. 

Dalam 100 gram buah kurma terkandung vitamin A sebanyak 149 IU. Kandungan vitamin A dalam buah kurma jelas dapat menyehatkan tubuh serta menambah asupan energi.

Buah melon, aprikot, ceri, dan kurma adalah buah yang memiliki kandungan vitamin A dengan segala manfaat. Namun, Anda tentu juga diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah-buahan lain yang memiliki kandungan vitamin A. 

Keempat buah di atas adalah perwakilan buah yang tergolong sebagai buah yang mengandung vitamin a.

Semoga bermanfaat