Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komunikasi : Contoh Interaksi Antar Komponen Pada Lingkungan

Komunikasi - Di dalam suatu lingkungan ada beberapa komponen yang sama-sama berinteraksi satu sama lain. seperti suatu komponen-komponen komunikasi.

Interaksi yang terjadi itu bisa menyangkut hubungan di antara makhluk hidup semacam yang sama-sama berinteraksi, maupun hubungan atau interaksi yang berjalan di antara makhluk hidup yang tidak sejenis, terhitung juga dengan lingkungan abiotiknya.

Ini dikarenakan oleh suatu lingkungan tersebut yang terbagi dalam bermacam jenis atau macam elemen di dalamnya. Interaksi antar elemen dalam lingkungan sendiri bisa disaksikan dari jenjang pribadi, populasi, komunitas, ekosistem, bahkan biosfer. 

Apa Saja Contoh Interaksi Antar Komponen pada Lingkungan ?


Interaksi Antar komponen pada lingkungan setidaknya ada Enam diantaranya : 

1. Interaksi antar Individu

Pertama ialah contoh  interaksi antar individu yang terjadi di dalam lingkungan. Individu adalah organisme tunggal yang hidup pada suatu lingkungan atau habitat. Sebagai contoh ialah seorang manusia, satu ekor kucing, dan lain-lain.

Beberapa individu itu tentunya akan lakukan hubungan satu sama lain sebagai suatu elemen di pada lingkungan. Interaksi antar individu ini nanti akan membuat suatu komunitas.

2. Interaksi antar Populasi

Populasi tercipta karena ada interaksi antar individu dalam lingkungan, di mana populasi adalah satu sekumpulan makhluk hidup yang sejenis yang tempati ruang dan waktu yang serupa.

Sebagai contoh seperti ada populasi masyarakat Jawa, sekumpulan semut, dan lain-lain. Sama seperti interaksi antar individu, interaksi antar populasi nanti akan membuat satu komunitas.

3. Interaksi antar Komunitas

Interaksi yang terjadi antar populasi membuat satu komunitas. Komunitas adalah satu perkumpulan dari populasi-populasi yang tidak semacam tapi masih tempati tempat dan waktu yang sama.

Sebagai contoh seperti komunitas padang pasir yang terbagi dalam populasi hewan kalajengking dan populasi kaktus, dan lain-lain. interaksi antar komunitas selanjutnya membuat satu ekosistem, dan hubungan antar ekosistem akan membuat biosfer.

4. Interaksi antar Komponen Abiotik

Di dalam suatu lingkungan tentu terbagi dalam komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik sendiri adalah satu komponen yang tidak hidup yang ada dalam ekosistem atau lingkungan. Beberapa diantaranya seperti cahaya matahari, udara, air, dan temperatur.

Salah satu contoh interaksi antar komponen abiotik ialah ada kenaikan pada temperatur bumi secara global, hingga memberi dampak buruk pada mencairnya kutub yang mengakibatkan volume lautan jadi bertambah.

5. Interaksi antar Komponen Biotik

Berkebalikan dengan komponen abiotik, komponen biotik di dalam lingkungan adalah beberapa komponen yang hidup atau komponen lingkungan yang terbagi dalam makhluk hidup.

Beberapa diantaranya ialah manusia, hewan, dan tumbuhan. Salah satu contoh hubungan antar elemen biotik di pada lingkungan ialah ada proses hubungan sosial yang berjalan di antara manusia di dalam lingkungan tersebut,

6  Interaksi antar Komponen Biotik dan Abiotik

Contoh interaksi antar bagian dalam lingkungan yang paling akhir ialah hubungan yang terjadi di antara komponen biotik dan abiotik sebagai salah satu alasan banyaknya jenis-jenis interaksi sosial pada suatu lingkungan.

Sebagai contoh seperti interaksi di antara cahaya dengan tumbuhan, di mana cahaya matahari diperlukan tumbuhan untuk lakukan fotosintesis.

Juga manusia memerlukan udara dan air sehari-harinya, di mana keadaan itu termasuk juga dalam interaksi antar komponen yang terjadi di dalam lingkungan hidup. 

Selain ke-2 contoh itu ada banyak lagi contoh yang lain, karena komponen biotik dan abiotik akan terkait satu sama lainnya.

Itu dia Contoh - contoh interaksi antar kompon pada lingkungan. 

Post a Comment for "Komunikasi : Contoh Interaksi Antar Komponen Pada Lingkungan "