Fungsi Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan

Fungsi Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan

Komunikasi -
Komunikasi menjadi kebutuhan yang fundamental di kehidupan sehari-hari. Komunikasi dipandang seperti asupan utama makhluk hidup. Komunikasi yang kerap dikatakan sebagai sebuah kode kehidupan dalam masyarakat. 

Manusia yang tidak bisa berbicara baik dalam wujud komunikasi verbal atau komunikasi non verbal ini diibaratkan terisolasi oleh lingkungan.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang komunikasi yang terkait dengan dunia pendidikan. Dunia pendidikan terkait dengan pengetahuan, pengetahuan, wacana, guru, sekolah, seragam, buku, dan lain-lain.

Manusia berkewajiban untuk berpendidikan karena pendidikan sanggup membuat hari esok seorang jadi lebih baik. Pendidikan menentukan bagaimanakah cara seorang mendapatkan kekuasaan atau kedudukan pada suatu perusahaan atau lingkungan. 

Pendidikan adalah suatu langkah, proses, tehnik dalam mekanisme pembelajaran berkenaan pengetahuan dan ketrampilan untuk sekumpulan orang yang akan diturunkan ke angkatan selanjutnya. Hubungan komunikasi dengan pendidikan ialah komunikasi sebagai dasar awal dalam melangsungkan pendidikan

Komunikasi yang bagus akan mempermudah seseorang dalam langsungkan pendidikan. Pendidikan biasa dikenal bernama sekolah yang sesungguhnya adalah pendidikan berbentuk formal. Pendidikan bukan hanya berupa sekolah formal, pendidikan bisa didapat lewat seminar, pengalaman baru, dan wujud yang lain yang tidak didapat dibangku sekolah. 

Orang yang mempunyai background pendidikan yang bagus dilandasi adanya management di dalamnya. Management adalah satu strategi yang dipakai oleh seseorang dalam melakukan proses pekerjaan.

Manajemen pendidikan ialah strategi yang dilaksanakan dalam sektor pendidikan untuk capai tujuan tertentu. Manajemen pendidikan ini diperuntukkan untuk memberikan keringanan seseorang pada proses aktivitas seperti adanya sebuah perencanaan, koordinasi, pembimbingan, s/d mencapai tujuan. 

Manajemen pendidikan ini memercayakan komunikasi. Komunikasi yang efisien bisa berpengaruh pada perubahan suatu pendidikan seorang jadi lebih baik

Lalu Apa Fungsi Komunikasi Dalam Manajemen Pendidikan ?

Adapun fungsi dari komunikasi dalam manajemen pendidikan sebagai berikut ini:

  • Pengendali
  • Perencanaan
  • Koordinasi
  • Laporan
  • Pengaturan Anggota
  • Pencapaian Tujuan
  • Memotivasi
  • Penyeleksi Informasi

Pengendali

Fungsi komunikasi dalam management yang pertama sebagai pengontrol di antara guru dengan siswa atau kepala sekolah dengan guru. Pengendalian dalam pendidikan bisa dilaksanakan lewat komunikasi yang intens di antara guru, siswa, dan kepala sekolah. 

Tujuan yang lain ialah supaya seorang guru bisa mengatur sikap dan sudut pandang murid-muridnya, sedang komunikasi yang dilaksanakan dari kepala sekolah ke gurunya sebagai pengatur aktivitas guru.

 Perencanaan

Perencanaan adalah suatu strategi atau tehnik yang dilaksanakan dengan seorang pimpinan dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. 

Komunikasi dalam manajemen pendidikan ini berperan sebagai perencanaan yang dilaksanakan oleh kepala sekolah untuk membuat pendidikan yang lebih baik di sekolah yang dia pimpin dan untuk membenahi tenaga kerja di pada lingkungan sekolah tersebut.

Koordinasi

Koordinasi yakni mengendalikan sedemikian rupa suatu organisasi supaya terorganisir atau aktivitas yang dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku. 

Komunikasi yang berperan sebagai manajemen dalam pendidikan ini berperan sebagai pengordinasi hubungan di antara kepala sekolah dengan guru dan staff sekolah, guru dengan siswa, atau wali siswa dengan guru atau kepala sekolah

Laporan

Komunikasi dalam manajemen pendidikan ini berperan sebagai laporan di antara guru dengan kepala sekolah. Namun komunikasi dalam pendidikan ini kerap dipakai oleh guru sebagai laporan berkenaan aktivitas dan perubahan anak di sekolah ke wali siswa. Laporan ini mempunyai tujuan untuk menilai seorang siswa supaya sanggup tingkatkan prestasinya dalam pendidikan

Pengaturan Anggota

Pengaturan anggota dalam komunikasi pendidikan ini dilaksanakan dengan seorang kepala sekolah karena kepala sekolah mempunyai kuasa penuh pada lingkungan sekolah. 

Pengaturan anggota sekolah yang dilaksanakan oleh kepala sekolah ini mempunyai tujuan untuk tingkatkan performa beberapa tenaga pendidik pada suatu sekolah.

Pendidikan yang dikatakan berbentuk pendidikan yang sesuai ketentuan yang berjalan dan mekanisme mengajarkan diterapkan secara baik ke siswa.

Pencapaian Tujuan

Fungsi khusus komunikasi dalam manajemen pendidikan ialah mempermudah seorang pimpinan beserta tenaga kerja untuk mencapai suatu tujuan yang sudah diputuskan. 

Komunikasi yang bagus bisa mengoptimalkan sistem manajemen yang berada di lingkungan sekolah baik manajemen pada sistem kerja, waktu, dan lain-lain.

Memotivasi

Komunikasi yang intens di antara guru dengan siswa bisa menjalin hubungan dan harmonisnya suatu hubungan. Disamping itu, komunikasi yang bagus bisa berikan motivasi seorang siswa dalam aktivitas belajar mengajar. 

Memotivasi seorang siswa adalah pekerjaan utama seorang guru. Memotivasi jadi salah satunya fungsi komunikasi dalam manajemen pendidikan.

Penyeleksi Informasi

Fungsi yang paling akhir ialah komunikasi dalam pendidikan sanggup memberi info ke siswa atau tenaga pendidikan yang lain. Manajemen di dunia pendidikan berperan untuk menyortir info apa yang bisa dikonsumsi oleh siswa dan info apa yang jangan dikonsumsi. 

Keperluan info di antara siswa dengan tenaga kerja pendidikan pasti berbeda. Manajemen pendidikan ini mempermudah seorang dalam menyortir info yang berkualitas.

Demikian yang bisa disampaikan berkenaan dengan Fungsi Komunikasi dalam Manajemen Pendidikan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.