Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi - Administrasi Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Peluang Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Komunikasi - Tentu sepakat jika kehidupan kita ini tidak terlepas dari yang namanya komunikasi. Bercakap dengan rekan terhitung berbicara bahkan juga saat kamu memberi code untuk si gebetan itu masuk ke aktivitas komunikasi lho. 

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah sektor study yang pelajari komunikasi dalam bermacam jenjang, dimulai dari pribadi, media, advertensi/publikasi, komunikasi interkultural, komunikasi sosial media sampai seni. 

Pengetahuan komunikasi terkait kuat dengan permasalahan esensial dari hubungan di antara manusia dengan sesamanya dalam bermasyarakat.

  • Pengetahuan dan Ketrampilan
  • Kemampuan bicara di muka umum
  • Kemampuan landasan design
  • Kemampuan landasan photografi
  • Kemampuan memikir secara out of the box
  • Kemampuan menulis inovatif
  • Timwork

Ilmu Komunikasi sendiri adalah induk dari beberapa pengetahuan turunannya seperti Publisistik, Public Relation (Hubungan Masyarakat), Komunikasi Marketing, Advertensi (Periklanan), Penayangan, Design Komunikasi Visual, Performing Arts Communication, dan lain-lain. 

Oleh karena itu, saat kamu masuk di prodi Ilmu Komunikasi, umumnya kamu akan ditujukan untuk ambil peminatan.

Pada dasarnya, pada program study Ilmu Komunikasi kamu akan diberikan berkenaan bagaimana proses komunikasi atau pengutaraan pesan menjadi efisien dan bisa capai target tujuan. 

Ilmu Komunikasi yang akan kamu dalami juga benar-benar luas, karena di kehidupan setiap hari tentunya kamu tidak lepas dari komunikasi. 

So, itu fungsinya peminatan, supaya kamu dapat mempunyai kekuatan yang lebih terpusat pada salah satunya cabang Pengetahuan Komunikasi.

Mengapa Harus Pilih Jalur Pengetahuan Komunikasi?

Banyak keuntungan yang didapat dari alumnus Jurusan Ilmu Komunikasi.

  1. Ilmu Komunikasi tidak akan lekang oleh waktu, sebab dimana saja seorang ada, setiap waktu komunikasi selalu diperlukan.
  2. Lulus dari jurusan Ilmu Komunikasi ditanggung kamu akan punyai kekuatan menulis, bicara, dan dengarkan yang oke. Paket lengkap sekali kan?
  3. Prospect kerja di dunia media terbuka lebar untuk alumnus Ilmu Komunikasi, dimulai dari media tv, radio, koran sampai digital memerlukan Sarjana Komunikasi.
  4. Lulusan Ilmu Komunikasi diperlukan oleh perusahaan, terutamanya pada seksi public relations. Sebab PR di perusahaan mempunyai peran yang cukup penting sebagai ujung tombak perusahaan dalam berbicara dengan faksi lain. Disamping itu, seksi pemasaran memerlukan alumnus Ilmu Komunikasi, lho.
  5. Peluang untuk meneruskan study ke tingkatan pascasarjana yang besar sekali dengan bermacam opsi sektor ketertarikan di beberapa universitas berprestise kelas dunia.

Peluang  Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Kesempatan profesi yang menunggu alumnus Ilmu Komunikasi itu banyako bat Selain jadi wartawan dan public relations, seorang Sarjana Komunikasi dapat masuk di dunia advertensi, pemasaran, atau broadcasting. 

Kamu bisa bekerja di beberapa tipe perusahaan, agen, media, atau, lembaga pemerintahan. Tingkatan profesinya juga cukup beragam. 

Upah awalnya yang dijajakan juga bersaing lho, tetapi tentu saja bergantung pada kekuatan, tempat tempat bekerja, kedudukan, dan pengalaman yang dipunyai.

Berikut sejumlah opsi profesi yang dapat kamu tekuni:

  • Product Manajer
  • Sisi Pemasaran dan Servis (Konsumen Servis)
  • Penyiar
  • Video Editor
  • Akun Executive
  • Public Relations (Humas)
  • Wartawan (Wartawan)
  • Produser TV atau Radio
  • Konten Creator
  • Telemarketer
  • Penulis (Konten Writer)
  • Editor

Dunia Perkuliahan

Pada umumnya sepanjang 4 tahun atau 8 semester kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi kamu akan pelajari semua wujud komunikasi, dimulai dari komunikasi individual. 

Komunikasi khalayak, komunikasi Disamping itu, akan belajar taktik komunikasi dan lakukan bermacam praktik yang terkait dengan media. 

Beberapa mata kuliah yang akan kamu jumpai di jalur ini diantaranya Komunikasi Antar individu, Komunikasi Massa, Komunikasi Organisasi, 

Komunikasi Politik, Komunikasi Lintas Budaya, Media dan Pengkajian Budaya, Tehnik Lobi dan Perundingan, Advertensi, Reportase Informasi Penayangan, Publisistik Kontemporer, dan lain-lain.

Perkuliahan di jurusan Ilmu Komunikasi akan mempertajam kekuatan memikir  secara out of the box hingga seringkali kamu akan menghasilkan ide-ide berkilau dan beberapa ide inovatif yang tidak sempat terpikir seseorang. 

Ini selanjutnya jadi salah satunya nilai plus untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi. Sepanjang kuliah, umumnya kamu bisa banyak ditugaskan dalam bermacam tipe produksi, diantaranya produksi iklan.

Di sini, kekuatanmu bekerja dalam team akan dilatih, seperti bagaimana kamu jadi seorang pimpinan dan bagaimanakah cara kamu mengutarakan gagasan dan sampaikan ide. Hebat, kan? Tidak boleh salah, anak Ilmu Komunikasi ini dapat disebut selalu terbaru lho!

Salah Satu Kampus Yang Memiliki Prodi Ilmu Komunikasi adalah YPPP  SEKOLAH TINGGI ILMU SOSILA POLITIK STISIP MBOZO BIMA. Dengan Akreditasi B