Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembangunan Ekonomi Adalah: Pengertian dan Tujuan Dan Unsur - Unsur Pembangunan Ekonomi

Ekonomi - Perkembangan dan perubahan ekonomi suatu negara dapat disaksikan dari pembangunan yang dilaksanakan oleh suatu negara tersebut. Perlu anda kenali bahwasannya pembangunan ekonomi tidak lepas dari yang bernama perkembangan ekonomi. Ke-2 nya mempunyai hubungan yang kuat hingga sama-sama memengaruhi satu sama lain.

Saat ekonomi satu negara berkembang dan tumbuh dengan cepat karena itu pembangunan yang dilakukan makin baik dan optimal.

Beberapa orang yang masih belum pahami pemahaman pembangunan ekonomi secara detail, karena itu di bawah ini ada pembahasan berkenaan pengertian dan tujuan dari pembangunan ekonomi suatu negara.

Pengertian Pembangunan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi ialah sebuah proses yang mempunyai tujuan untuk tingkatkan penghasilan perkapita penduduk atau masyarakat dalam suatu negara dalam jangka panjang dengan perubahan beberapa ciri penting suatu masyarakat, yakni perubahan baik dalam hal tehnologi, sudut pandang masyarakat atau kelembagaan.

Dan dibarengi dengan perubahan fundamental dalam susunan ekonomi dan pemerataan penghasilan untuk penduduk suatu negara.

Pembangunan ekonomi menurut Para Ahli

Adam Smith

Pembangunan ekonomi ialah proses kombinasi di antara tumbuhnya penduduk dan perkembangan tehnologinya. Sedang pengertian pembangunan ekonomi menurut Prof. Meier adalah sebagai proses naiknya penghasilan rill perkapita dalam periode saat yang panjang. 

Pembangunan Ekonomi ini tergantung dari perkembangan ekonomi (economic growth) yang di mana pembangunan ekonomi menggerakkan dalam tumbuhnya ekonomi dan kebalikannya juga, perkembangan ekonomi membuat lancar pada proses pembangunan ekonomi.

Salah satu parameter kesuksesan pembangunan ekonomi ialah di mana penghasilan per kapita warga satu negara secara riil cenderung naik secara terus menerus dalam periode panjang, dengan persyaratan utama jumlah warga yang ada dalam garis kemiskinan absolut tidak berubah dan distribusi penghasilan tidak menjadi timpang.

Tetapi pengertian pembangunan ekonomi tidak boleh cuman disaksikan dari kenaikan penghasilan per kapita tetapi kualitas pembangunan ekonomi yang bagus. Pembangunan ekonomi adalah satu proses kombinasi di antara perkembangan penduduk dan perkembangan tehnologi.

Pembangunan ekonomi wilayah ialah satu proses yang meliputi pembangunan institusi-institusi baru, pembangunan industri-industri alternative, pembaruan kemampuan kerja yang ada untuk hasilkan produk dan jasa yang lebih bagus

Analisis beberapa pasar baru, alih ilmu pengetahuan dan peningkatan beberapa perusahaan baru, di mana kesemuanya ini adalah tujuan utama untuk tingkatkan jumlah dan jenis kesempatan kerja untuk masyarakat di daerah.

Terdapat Perbedaan Pertumbuhan Ekonomi dan Pembangunan Ekonomi yang penting anda ketahui, berikut penjelasannya:

Pertumbuhan ekonomi

  • Proses naiknya produk per kapita dalam periode panjang.
  • Tidak memerhatikan distribusi penghasilan.
  • Tidak memerhatikan perkembangan penduduk
  • Belum pasti bisa tingkatkan tingkat hidup masyarakat.
  • Perkembangan ekonomi belum pasti dibarengi dengan pembangunan ekonomi.
  • Tiap input bisa hasilkan semakin banyak output.

Pembangunan Ekonomi

  • Proses perubahan stabil menuju perbaikan, terhitung usaha untuk tingkatkan produk per kapita.
  • Memerhatikan pemerataan penghasilan, terhitung pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya.
  • Mencatat pertumbuhan penduduk.
  • Tingkatkan taraf hidup masyarakat.
  • Pembangunan ekonomi selalu dibarengi dengan perkembangan ekonomi.
  • Tiap saran selain menghasilkan semakin banyak output terjadi pengubahan-perubahan dalam pengetahuan kelembagaan dan tehnis.

Faktor Pembangunan Ekonomi

Ada beberapa jenis hal yang bisa memengaruhi pembangunan dan perkembangan ekonomi, tetapi pada intinya factor pembagunan ekonomi itu dapat dikelompokkan jadi dua, misalkan factor ekonomi dan yang bukan ekonomi. 

Berikut sejumlah beberapa faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi:

1.  Sumber Daya Manusia

 Sumber Daya Manusia adalah kunci berlangsungnya proses pembangunan ekonomi. Sumber daya lain tidak bermakna apa-apa tanpa disokong oleh Sumber Daya Manusia yang mempunyai potensi. 

Ini karena  Sumber Daya Manusia yang tidak berpotensi tidak sanggup mengurus sumber daya yang ada secara maksimal.

2. Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam baik yang berbentuk hayati atau yang berbentuk nonhayati adalah poin utama dalam pembangunan ekonomi satu negara. 

Bila sebuah negara tidak mempunyai suplai SDA atau Sumber Daya Alam yang bisa dibuat karena itu negara itu akan menyuplai ke negara lain, bila hal itu terjadi dalam periode saat yang panjang maka bikin rugi negara itu.

3. IPTEK atau Ilmu Pengetahuan Dan Tehnologi

Ilmu dan pengetahuan adalah fasilitas yang bisa membuat lancar dalam memproses sumber daya alam. Tehnologi adalah alat yang bisa menolong manusia dalam mengoptimalkan kerjanya

4. Keadaan Politik

Keadaan politik termasuk salah satu factor yang memengaruhi pembangunan ekonomi di suatu negara. Jika keadaan politik suatu negara tidak konstan adanya bongkar-pasang ketentuan, maka semakin susah masuknya modal ke negara itu. Dengan susahnya modal masuk, karena itu aktivitas produksi tidak berkembang secara baik.

5. Sosial Budaya

Nilai-nilai sosial budaya yang ada dalam masyarakat tidak kalah pentingnya pada proses pembangunan ekonomi. Suatu negara yang ditempati oleh warga yang kerap alami perselisihan cenderung akan alami stagnasi atau kemerosotan pada proses pembangunannya. 

Dan kebalikannya, negara dengan penduduk yang ramah dan junjung tinggi kesamaan hak dan keharusan akan menggerakkan terbentuknya kestabilan untuk investasi

6. Sistem Pemerintahan

Pemerintah yang berpedoman memahami liberalis akan melepaskan masyarakatnya untuk lakukan berbagai macam terhitung pembangunan ekonomi. 

Pemerintah yang berpedoman memahami sosialis, akan mengendalikan semua faktor kehidupan penduduknya

7. Infrastruktur

Infrastruktur yang komplet dan rata bisa menggerakkan efektifitas dan efektivitas aktivitas produksi yang dilaksanakan satu negara. Dengan infrastruktur yang bagus, karena itu tiap aktor ekonomi bisa capai keringanan dalam jalankan aktivitas ekonominya. 

Dengan keringanan itu, karena itu proses pembangunan ekonomi satu negara akan berjalan secara lebih bagus.

Tujuan Pembangunan Ekonomi

Tujuan pembangunan ekonomi dipisah jadi dua yakni, Tujuan pembangunan jangka pendek dan Tujuan pembangunan jangka panjang. 

Dan berikut tujuan dari Pembangunan Ekonomi.

  1. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam penuhi keperluan pokoknya yang mencakup pangan, sandang, papan, kesehatan dan pelindungan keamanan dari pemerintahan.
  2. Memperlebar distribusi bermacam barang kebutuhan pokok.
  3. Memperluas peluang kerja.
  4. Membenahi kualitas pendidikan.
  5. Tingkatkan penghasilan masyarakat.
  6. Tingkatkan pengetahuan dan perilaku masyarakat dalam junjung nilai-nilai mulia (agama, sosial dan kultural) dan Memperlebar beberapa pilihan ekonomi dan sosial untuk tiap pribadi dan bangsa keseluruhannya. Misalkan: kebebasan dari sikap keterikatan, tidak cuma pada orang atau negara lain tapi pada tiap kemampuan yang mempunyai potensi merendahkan nilai-nilai kemanusiaan.

Unsur-unsur Pembangunan Ekonomi

Pembangunan ekonomi diartikan sebagai suatu proses yang mengakibatkan penghasilan perkapita warga bertambah dalam periode panjang. Ada empat elemen utama yang terkait dengan pembangunan ekonomi.

Pembangunan sebagai suatu proses. Artinya jika pembangunan adalah suatu tahap yang perlu ditempuh oleh tiap warga atau bangsa.
Pembangunan sebagai perubahan sosial. 

Warga sebagai aktor dalam perubahan sosial di mana langsung atau mungkin tidak langsung perubahan sosial akan berpengaruh pada kelancaran pembangunan atau bahkan juga menghalangi pembanguna.

Pembangunan sebagai suatu usaha untuk tingkatkan penghasilan perkapita. Sebagai suatu usaha, pembangunan adalah tindakan aktif yang perlu dilaksanakan oleh satu negara dalam rangka tingkatkan penghasilan perkapita.

Peningkatan pendapatan perkapita harus berjalan dalam jangka panjang. Suatu ekonomi bisa dipastikan pada kondisi berkembang jika penghasilan perkapita dalam jangka panjang cenderung bertambah. Ini tidak berarti jika penghasilan perkapita harus alami peningkatan terus menerus.

Dampak Pembangunan Ekonomi


Pembangunan ekonomi yang berjalan di suatu negara bawa dampak, baik positif atau negatif. Karena itu anda bisa membaca pembahasan di bawah ini berkenaan dampak positif dan negatif dari pembangunan ekonomi.

Dampak Positif Pembangunan Ekonomi


Lewat pembangunan ekonomi, pelaksanaan aktivitas ekonomi akan berjalan lebih lancar dan sanggup percepat proses perkembangan ekonomi.

Ada pembangunan ekonomi bisa saja terbentuknya lapangan kerja yang diperlukan oleh masyarakat, dengan begitu akan mengurangi pengangguran.

Terbentuknya lapangan kerja karena adanya pembangunan ekonomi langsung dapat membenahi tingkat penghasilan nasional.

Melalui pembangunan ekonomi bisa saja ada pengubahan susunan ekonomi dari susunan ekonomi agraris jadi susunan ekonomi industri, hingga aktivitas ekonomi yang dikerjakan oleh negara akan makin bermacam dan aktif.

Pembangunan ekonomi menuntut kenaikan kualitas SDM hingga dalam masalah ini, bisa saja ilmu dan pengetahuan dan tehnologi akan berkembang dengan cepat. Dengan begitu, akan semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dampak Negatif Pembangunan Ekonomi


Adanya pembangunan ekonomi yang tidak terkonsep secara baik hingga mengakibatkan ada kerusakan lingkungan hidup.

Industrialisasi mengakibatkan menyusutnya lahan pertanian.

Tersingkirnya (hilangnya) habitat alam baik itu alam hayati atau hewani.
Berlangsungnya pencemaran air, udara dan tanah dari ketidakdisiplinannya manusia.

Tingkat pembangunan ekonomi sangat punya pengaruh pada perkembangan suatu negara atau wilayah. 

Dengan tingkat pembangunan ekonomi yang tinggi, negara bisa merealisasikan program dan peraturan yang dibuatnya untuk perkembangan negara tersebut.

Ini bermakna pembangunan masih kurang diukur dari penghasilan per kapita saja, tapi peningkatan itu sebaiknya diimbangi dengan berlangsungnya pengubahan tehnologi. 

Tehnologi mempunyai peranan yang penting untuk tingkatkan kemampuan produksi. Karena itu demikian pembahasan di atas berkenaan pembangunan ekonomi, mudah-mudahan info di atas memberikan manfaat untuk pembaca.