Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendekatan yang Digunakan Dalam Metode Penelitian

Pendekatan yang Digunakan Dalam Metode Penelitian
Pendekatan yang Digunakan Dalam Metode Penelitian

Administrasi -
Dalam melakukan penelitian pendidikan ternya juga memerlukan metode penelitian. Tidak seluruhnya peneliti tahu, bila metode penelitian memiilki prosedur tehnik. Hal - hal Yang termasuk dalam prosedur tehnik, alat penelitian dan masih banyak metode penelitian yang dapat dipakai oleh penelitia.

Lalu, saat sebelum menjalankan sebuah penelitian,ada beberapa  poin penting apa yang perlu di siapkan oleh penulis Menurut Nazir, 1985 peneliti minimal mempersiapkan tiga poin utama, yakni membuat urutan kerja atau membuat prosedur yang akan dilaksanakan dalam penelitian itu.


Ke-2 , peneliti mempersiapkan alat-alat atau instrument yang dipakai untuk lakukan pengukuran. Gunakan pengukuran pengumpul data yang bisa dipakai untuk menganalisa. Paling akhir, persiapkan cara atau metode penelitian yang akan dilaksanakan. Ingat ada beberapa metode penelitian yang dapat diputuskan.


Mungkin kalian merasa kesusahan menjalankan metode penelitian. Berikut rancangan penelitian yang terbagi dalam beberapa proses dan beberapa langkah yang perlu dilalui oleh peneliti.


Sifat Pendekatan Penelitian Pendidikan


Sruyabrata (1983)berpendapat bahwa berdasarkan sifat-sifatnya, metode penelitian dibagi jadi beberapa hal.


  • Penelitian historis


Penelitian historis ialah penelitian yang dilaksanakan dengan merekonstruksi masa lalu. Penelitian ini dilaksanakan secara netral dan tersistematis.


  • Penelitian deskriptif


Penelitian deskriptif dibuat dan diatur secara tersistematis, tepat dan factual. Biasanya dicatat dengan mengambarkan dan mendeskripsikan. Berkaitan faktor yang ditelaah, dapat memakai satu faktor atau lebih dari satu faktor.


  •  Penelitian perkembangan


Ditujukan untuk metode penelitian yang sifatnya memeriksa skema dan pertumbuhan.


  •  Penelitian kasus atau lapangan


Selain penelitian perkembangan, ada pula penelitian kasus atau lapangan, yang pekerjaannya sudah jelas, untuk mengentahui latar belakaan atau hubungan lingkungan object yang ditelaah.


  •  Penelitian korelasional


Pernah kalia  dengar penelitian korelasional? Jenis penelitian ini dipakai untuk mengetahui tingkat keterikatan di antara macam factor berdasarkan koefisien korelasi.


Pernahkah kalian mendengar istilah study korelasional? Study korelasi kerap dipakai untuk pelajari hubungan faktor satu dengan faktor lainnya. Ada pula yang manfaatkan untuk mengetahui menyaksikan koefisien korelasi. Di mana koefisien korelasi ini dipakai untuk mengetes hipotesis satu faktor dan faktor lainnya.


f. Penelitian eksperimen


Penelitian eksperimen dibagi jadi penelitian eksperimen semu dan penelitian eksperimen suguhan. Eksperimen suguhan ditujukan untuk mengetahui hubungan sebab akibat, supaya bisa lakukan kendali atau kontrol. Sedang eksperimen semu ditujukan untuk membahas hubungan sebab akibat object yang ditelaah, tetapi yang tidak bisa dikontrol. metodologi penelitian


Sesungguhnya penelitian eksperimen dapat dikatakan sebagai metode penelitian yang karakternya struktural. Karena metode penelitian ini sanggup menggali sebab akibat. Dan metode eksperimen ini paling sering dipakai untuk penelitian kuantitatif dibanding penelitian kualitatif.


Peneliti yang lakukan metode eksperimen, perlu lakukan tiga persyaratan, yakni mengatur aktivitas, merekayasa dan paling akhir yang terpenting, peneliti bertindak observasi. Adapun dua pembagian kelompok saat kalian akan lakukan penelitian uji coba pada object tertentu, yakni memerhatikan kelompok treatment dan kelompok kontrol.


g. Penelitian kausal komparatif


Bila kalian ingin lakukan penelitian untuk mengetahui peluang hubungan sebab akibat tak perlu bereksperimen, Anda dapat memakai metode observasi, karena itu ini disebutkan penelitian kausal komparatif.


h. Penelitian tindakan


Akan berbeda bila penelitian ditujukan untuk meningkatkan keterampilan, karena itu termasuk dengan jenis penelitian tindakan. Penelitian pendidikan satu ini satu bentuk dari refleksi diri, di mana beberapa simpatisan bisa juga melakukannya. Saat kalian akan memakai metode penelitian ini, tidak ada kelirunya bila kalian memerhatikan tiga komponen penting.


Pertama, penelitian tindakan menolong kalian untuk membenahi praktik penelitian. Kedua, penelitian tindakan mempunyai tujuan sebagai peningkatan profesional. Jadi maskudnya sanggup meningkatkan kepemahaman pada praktik. Paling akhir, mempunyai tujuan untuk bahan evaluasi.


Jenis-jenis penelitian


Adapun jenis penelitian lainnya, yang sesungguhnya kerap dipakai untuk lakukan penelitian. Hal paling penting saat membuat penelitian pendidikan, penulis perlu mengetahui jenis metode penelitian dipisah jadi beberapa macam.


Berdasar metode penelitian, dibagi jadi beberapa metode, sebagai berikut.


a. Penelitian Study Kasus


Penelitian study kasus diperuntukan untuk melakukan metode penelitian pendidikan yang alami kasus tertentu. Jadi kasus berikut yang dilaksanakan penelitian.


Adapun point khusus yang jadi perhatian oleh peneliti dalam studi kasus, yakni menelitia perilaku yang mepengaruhi munculnya sikap. Dan pelajari dampak yang diakibatkan dari kasus itu.


Penelitian kualitatif


Terkait metode atau tehnik dapatkan data bisa dilaksanakan secara mendalam. Contoh bisa dimulai dan diawali dengan lakukan pengamatan sikap, dapat lakukan analisis sampai melaukan interviu.


Bahkan juga, Anda dapat lakukan test, bila memang itu dibutuhkan. Kekurangan metode penelitian study kasus ialah subyektif. Satu perihal lagi, hasil study ini sesungguhnya tidak diperuntukan untuk mengetes hipotesis, tetapi untuk menghasilkan hipotesis.


b. Penelitian Survey


Khusus untuk penelitian survey dipakai untuk pecahkan permasalahan pendidikan. Karena wujud penelitian ini berupa survey, karena itu peneliti mempunyai tujuan dan konsentrasi untuk kumpulkan info mengenai faktor kelompok tertentu. Misalnya, sensus penduduk, itu termasuk penelitian survey.


Survey dapat dipakai untuk mempelajari penelitian pendidikan, khususnya untuk mendapati jawaban atas persoalan yang dirasakan oleh peserta didik. Contoh saat dalam pembukaan siswa baru, karena itu survey ini bisa ditujukan untuk jumlah pelajar yang masuk, yang mndaftar.


c. Metode penelitian dan pengembangan


Metode penelitian dan pengembangan adalah penelitian yang sering dipakai untuk tindakan-tindakan penelitian yang karakternya praktik.


Contoh, peneliti lakukan pengembangan produk baru atau memperbaiki produk supaya bisa dicicipi beberapa orang. Wujud penelitian dalam masalah ini bukan hanya berupa hardware, tapi juga bisa software.


Salah satu contoh, mengenai metode penelitian produk hp X yang ingin mengeluarkan fitur baru berbasiskan 5G. Karena itu beberapa peneliti lakukan rangkaian penelitian dan pengembangan produk, supaya penemuannya dapat dicicipi oleh beberapa pemakai hp.


Jenis Metode Penelitian


Menurut mcmillan dan Schumcher (2001) mengatakan jika metode penelitian pendidikan dipisah jadi penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif. Berikut penjelasannya,


a. Penelitian kualitatif


Disebutkan penelitian kualitatif ialah metode penelitian yang dikatakan secara deskriptif. Jadi peneliti lakukan analisis, merujuk pada data.


Jenis penelitian kualitatif diutamakan untuk penelitian yang karakternya non numerik dan yang memiliki sifat menerjemahkan arti dari data. Wajar saja bila metode penelitian ini memiliki sifat subyektif, karena tidak bisa di generalisasikan.


Lalu bagaimanakah dan seperti apakah cara lakukan penelitian metode ini? Anda bisa lakukan penelitian ilmiah dengan memulai lima tahap penelitian. Yakni mengusung persoalan, munculkan pertanyaan penelitian, kumpulkan data yang berkaitan, lakukan analisis data dan jawab pertanyaan riset.


b. Penelitian kuantitatif


Kontradiksi dari penelitian kuantitatif. Bila penelitia kualitatif memiliki sifat subyektif dan bukan dalam non numerik, karena itu pada penelitian kuantatif ialah metode penelitian yang memiliki sifat numerik.


Khusus penelitian kuantitatif, mempunyai karakters khusus, yakni memakai langkah berpikir secara deduktif, atau logis, empiris.


Dan penelitian ini perlu nalar, karena karakternya netral. Adapun arah penelitian ini, yakni membuat pengetahuan nomotetik, atau yang disebutkan dengan pengetahuan yang bisa membuat hukum-hukum atau generalisasi.


Dari paparan pendekatan penelitian pendidikan di atas, apa Anda berasa tertolong? mudah-mudahan dengan tulisan ini, Anda juga terpacu dan kembali semangat lakukan penelitian. entah itu penelitian ilmiah, jurnal, atau penelitian jurnal. Apa saja itu wujud penelitian yang Anda kerjakan, mudah-mudahan hasilnya memberi manfaat untuk warga.

Post a Comment for "Pendekatan yang Digunakan Dalam Metode Penelitian"