Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prospek Kerja Kulyah Jurusan Ilmu Komunikasi

Komunikasi - Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan di perkuliahan yang mempunyai pecinta lumayan banyak. Ini karena, umumnya beberapa mahasiswa ini ingin menghindari mata kuliah yang biasanya banyak mengandalkan penghitungan dan membosankan.

Walau nampak gampang, tetapi bukan berarti kalian dapat mudah melakukannya, karena semua perlu usaha. 

Nah untuk kalian yang barusan lulus kuliah, berikut akan diberi referensi prospek kerja untuk sarjana komunikasi yang pas dan memberikan keuntungan, baca penjelasannya di bawah ini.

1. Media

Prospek kerja untuk sarjana komunikasi yang pertama kali ini ialah ada di lingkup media. Ini karena banyak lulusan ilmu komunikasi yang mengejar supaya bisa masuk di dalam perusahaan media terkenal.

Dengan background ilmu komunikasi, karena itu anda juga dapat memilih beberapa macam pekerjaan yang dijajakan oleh industri yang satu ini. Kenali berbagai jenis beberapa jenis hubungan media dalam komunikasi yang bisa anda ketahui dengan cermat.

Dalam industri ini, anda dapat pilih dari segi broadcasting semacam jadi kameramen sampai penulis naskah, di bagian off line seperti publik relation atau team kreatif, atau juga bisa di bagian online semacam jadi wartawan online atau media sosial.

Dapat disebutkan jika perusahaan media ini bisa saja prospek kerja yang paling pas untuk lulusan ilmu komunikasi, karena pada industri media ini benar-benar diperlukan calon yang mempunyai kemampuan komunikasi yang paling aktif. Disamping itu, upah yang ditawarkan juga termasuk lumayan besar.

2. Marketing, Periklanan, dan Public Relations

Prospek kerja seterusnya untuk kalian lulusan ilmu komunikasi ialah pada sektor pemasaran, perikalanan, atau publik relations. Yang memikat, ke-3 sektor ini jadi jenis pekerjaan yang mempunyai peran penting dan diperlukan oleh setiap perusahaan besar.

Dengan ini, karena itu kalian juga dapat mempunyai satu dari ke-3 sektor di atas tadi, dan tentunya anda juga mempunyai peluang untuk meniti jenjang karier yang prospektif. Selain upahnya yang besar, ke-3 sektor pekerjaan di atas barusan memungkinkan kalian untuk berjumpa orang baru yang menarik.

Untuk kerjanya tentu sudah jelas ya, di mana anda dituntut mempunyai ketrampilan dalam mempromokan satu produk atau program dari perusahaan anda ke audiens atau pasar yang tepat. Strategi pemasaran produk baru yang pas ini harus betul-betul dikuasai secara baik bila menginginkan progress tinggi.

Bila sukses meyakinkan audience, pasti ini akan membuat kalian mendapatkan prestasi, dan peluang akan memperoleh bonus dari perusahaan. Dalami beberapa ciri pemasaran yang bagus hingga bisa memancing ketertarikan banyak calon customer pada suatu hal yang kalian pasarkan.

3. Layanan Konsumen

Prospek kerja untuk sarjana komunikasi seterusnya yang dapat kalian tekuni dengan menjadi perwakilan konsumen dari sebuah produk. Tetapi untuk kaliqn yang berminat untuk menekuni pekerjaan ini, dianjurkan mempunyai kesabaran tingkat tinggi.

Pasalnya pekerjaan yang diambil ini nanti haruslah menghadapi keluahan dari beberapa konsumen setia. Dan berikut tehnik komunikasi Terapeutik yang dapat anda aplikasikan dengan bagus di dalam hadapi hal semacam itu.

Disamping itu, jadi seorang layanan konsumen ini anda diwajibkan mempunyai kemampuan untuk membuat tiap konsumen setia yang ajukan protes merasa dihargai. Oleh karena itu, tidak boleh bingung bila umumnya mereka yang bekerja pada sektor ini dibekali dengan rasa empati yang demikian besar.

4. Sales

Jika pekerjaan yang ini benar-benar sangat tepat bila diberikan kepada mereka beberapa lulusan sarjana ilmu komunikasi. Sales Individu atau bahasa kerennya sebagai Accounting Executive, Sales Representative, atau Sales Agent.

Dalam pekerjaan berikut memang mengharuskan beberapa calonnya kelak mempunyai networking yang luas dan kuat, dan mempunyai empati yang tinggi ke seseorang. Strategi komunikasi pemasaran dalam usaha berbasiskan mix media ini kemungkinan bisa kalian aplikasikan.

Jadi bukan hanya memercayakan kemampuan komunikasi yang bagus saja, tetapi kalian harus mempunyai jiwa sosial yang tinggi, empati, target driven, dan mempunyai personalitas yang mudah menyesuaikan dengan lingkungan baru atau beberapa orang baru.

Bila semua kemampuan ini kalian punyai, maka tidak akan menjadi hal yang sulit untuk kuasai sektor itu. Dan selain memperoleh kenalan-kenalan baru, kalian bisa pasarkan produk yang termasuk sukses.

5. Event Organizer

Bila kalian  tidak mau bekerja ikut seseorang, serta lebih menyenangi jadi pebisnis, karena itu Event Organizer (EO) ini jadi prospek yang paling prospektif. Bekerja pada bagian EO ini dituntut mempunyai kemampuan komunikasi yang bagus, karena akan bergelut dan berhubungan dengan banyak orang.

Umumnya bekerja di bagian EO ini bekerja untuk mengadakan bermacam event, seperti DBL Indonesia, Ismaya, Live Nation, dan ada banyak lagi. Ada pula beberapa event yang lain kemungkinan untuk acara hiburan seperti ulang tahun, acara musik, wedding, dan ada banyak lagi.

Dengan mempunyai EO, karena itu kalian  juga dapat bekerja bersama dengan rekan-rekan yang lain mempunyai ketertarikan yang sama atau mempunyai karier yang ada hubungannya dengan EO itu. Dan sebagai promo-nya, kalian dapat pahami berkaitan karakter poster yang baik ini.

Nah itu barusan beberapa prospek kerja untuk sarjana komunikasi yang dapat dibagikan untuk  semua Semoga bermanfaat