Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Komunikasi Efektif Saat Pandemi Corona

Strategi Komunikasi Efektif  Saat Pandemi Corona

Komunikasi - 
Seperti yang dijumpai, dengan ramainya wabah Covid-19 yang menyerang nyaris ke seluruh dunia, banyak aktivitas yang terusik karena hal itu, seperti aktivitas sekolah, pekerjaan, usaha, atau ekonomi. Cukup banyak juga usaha UKM yang terimbas wabah ini, walau demikian usaha tetap harus berjalan karena bagaimanapun keperluan ekonomi semakin meningkat.

Dengan beberapa orang yang berusaha menyesuaikan pada keadaan wabah ini, karena itu usaha juga harus sesuaikan tata bahasa dan pengutaraan dalam komunikasi pada audience. 

Di bawah ini beberapa strategi komunikasi efektif saat wabah yang dapat anda aplikasikan dalam aktivitas setiap hari.

1. Gunakan Tone dan Gaya Bahasa yang Sesuai

Dalam lakukan promo, tentunya tone dan tata bahasa yang dipakai sebaiknya sesuaikan dengan merek yang anda punyai, namunya semuanya saat ini harus sesuai kerangka. 

Seperti misalnya bila saat sebelum wabah ini anda sering memakai tata bahasa yang nyantai atau bahkan juga aneh.

Bisa saja sekarang ini anda perlu menimbang tata bahasa yang lain. Ada bermacam jenis tata bahasa dalam komunikasi yang dapat anda aplikasikan, hingga anda bisa bervarian dan tidak monoton saat lakukan perbincangan.

Ditengah-tengah wabah, anda dapat coba sampaikan dengan gaya penyampain yang lebih serius dalam memberi info yang ada hubunganya dengan Covid-19 itu. 

Namun bukan berati anda harus mengubah seutuhnya tone dari merek yang anda punyai awalnya, anda dapat menggunakan tata bahasa yang positif, autentik, dan tidak terlalu berlebih atau bahkan juga mengada-ada.

Perlihatkan pada beberapa audience atau konsumen setia anda mengenai suportmu pada mereka dan anda pun menghargakan suport mereka. 

Beri mereka kesan-kesan bila anda memberi fokus ke mereka sekarang ini.

2. Berikan Content Positif

Tidak dapat disangkal, beberapa orang yang akui kuatir serta stress mengetahaui info dan bermacam informasi berkenaan wabah Covid-19 yang tidak mengetahui kapan habisnya. 

Nah dengan adanya banyak info yang ‘berat' semacam itu, ada saatnya beberapa audience ini memerlukan penyegaran, karena itu anda dapat memberi content positif ke beberapa audience.

Disamping itu, anda bisa juga memberi content selingan ke mereka, tetapi masih sensitif. 

Tetapi harus diingat, bila anda tetap harus waspada dalam memberi content supaya tidak terkesan sensitive dan membuat salah paham.

3. Tunjukkan Sikap Empati

Strategi ini  yaitu memperlihatkan rasa saling empati. Meremehkan wabah misalnya dengan jalankan komunikasi seperti tidak terjadi apa-apa pasti ini bukan cara yang pas, apa lagi dalam wabah ini beberapa orang habiskan waktunya lewat cara online dan anda berpikir ini saat yang pas untuk pasarkan usaha.

Sebagian orang memandang ini sebagai peluang emas, tetapi tanpa taktik komunikasi yang pas hal tersebut justru memberi kesan-kesan tidak perduli dengan keadaan alam. 

Supaya tidak salah cara, oleh karena itu kalian perlihatkan rasa empati pada audience bila kalian perduli pada mereka.

Tak perlu terus-terusan mengulas mengenai Covid-19 itu, tetapi pikirkan baik juga dalam membuat content marketing atau promo apa dapat memunculkan salah paham apa tidak? 

Janganlah sampai kalian mengaplikasikan gaya komunikasi yang tidak sesuai dengan hingga menjadi boomerang pada usahamu itu.

4. Transparan dan Jelas

Di periode wabah semacam ini beberapa orang yang perduli akan kebersihan dan kesehatan, oleh karena itu strategi komunikasi efektif saat wabah selanjutnya ini kalian berikan secara jelas dan terbuka ke mereka mengenai cara yang usaha kalian aplikasikan buat pastikan keselamatan mereka.

Nah misalkan anda mempunyai usaha makanan, oleh karena itu ucapkan ke mereka secara transaparan dan jelas masalah keamanan dan kebersihan dari makanan yang kalian siapkan buat menahan kontaminasi virus dan pastikan kesehatan dari beberapa customer ini selalu terlindungi.

Bagaimanakah cara mempersiapkan makanan? Bagaimana pastikan kebersihan produk sepanjang proses pengangkutan? Apa dapat pesan antar? 

Dan jika dapat tidak boleh cuman menjelaskan cara-caranya saja, perlihatkan langsung praktik jaga kebersihan dari makananmu itu baik sekali.

5 Selalu Up-date Web Toko Online

Walau Wabah Covid-19 ini belum juga mengetahui kapan berakhir, bukan berati kalian tidak mengupdate info terkini dari toko online-mu. 

Yakinkan bila web dari toko online kalian ini selalu up-to-date hingga bisa mempermudah calon konsumen dalam cari info masalah produk terkini kalian atau yang lain.

Bisa juga kalian terus memperbaharui info FAQ khusus pada web toko online anda, maksudnya ialah memberi info ke beberapa konsumen setia masalah tersedianya produk, status, informasi khusus, dan informasi penting yang lain.

Masukkan juga kontak individu, jam operasional, alamat, content yang berkaitan, dan lain-lain hingga membuat beberapa customer tidak sangsi kembali untuk belanja di toko online kalian nanti. 

Pokoknya, kehadiran dari toko online-mu itu ialah tempat beberapa calon customer untuk memperoleh info komplet masalah usaha kalian.

Bila semua info komplet dan memberikan keyakinan, karena itu peluang kesempatan beberapa calon customer untuk belanja di toko online kalian ini makin tinggi, serta mereka bisa juga mereferensikan ke temannya untuk berbelanja di toko online kalian satu saat.

6. Terus Membuat Content

Waspada dalam membuat content bukan bermakna kalian kurang berbicara, yakinkan diri kalian masih terhubung dengan beberapa pengikut di sosial mediamu dan menjaga hubungan sama mereka. 

Karena kebijakan social distancing yang digagas pemerintahan, karena itu beberapa orang akan habiskan sejumlah besar waktu mereka di dunia maya.

Menurut sebuah survey, bila sepanjang wabahc Covid-19 ini pemakai Instagram dan Facebook alami kenaikan sejumlah 40%, view dari Instagram Live dan Facebook Live juga bertambah 2x lipat dalam satu minggu. Karenanya, berikut peluangmu untuk bikin sebuah content menarik, unik, dan berkaitan ke beberapa audiensmu.

Coba sedikit membuat content yang dapat menolong, melipur, dan memberi suport ke mereka. Bila dalam wabah ini di rasa kurang pas untuk mempromokan produkmu, karena itu kalian dapat membuat content yang konsentrasi sesuai produkmu.

Dengan ini kalian juga tetap terhubung dengan beberapa pengikut di media sosial, dan siapa tahu ada calon konsumen nanti. 

Ada banyak panduan pemakaian sosial media dalam taktik komunikasi usaha yang lain yang dapat anda aplikasikan.

Sampai disini dahulu pembahasan mengenai strategi komunikasi efektif saat wabah kesempatan ini, mudah-mudahan pembahasan di atas barusan berguna dan dapat menambahkan wacana anda nanti.