Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Agama - 
Jalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis mempunyai banyak kelebihan terutama bila dilaksanakan teratur. Tidak cuman sehatkan rohani dan jasmani, puasa Senin-Kamis akan membuat catatan amal ibadah makin baik.

Jalankan ibadah puasa sunah Senin-Kamis ini telah diilustrasikan Rasulullah SAW. Karena, banyak kelebihan jalankan ibadah puasa sunah di ke-2 hari itu.

Selain akan diampuni dosa-dosanya, tiap hari Senin dan Kamis, semua amal atau tindakan manusia sepanjang satu minggu akan dipandang Allah.

Seperti sabda Rasulullah SAW:

"Semua amal manusia disampaikan ke hadapan Allah dalam tiap minggu 2x, yakni di hari Senin dan hari Kamis. Karena itu semua hamba yang memiliki iman terampuni dosanya, terkecuali seorang hamba yang di antara ia dan saudaranya sedang bermusuhan." (HR. Muslim)

Keutamaan dan manfaat jalankan ibadah puasa Senin-Kamis:

1. Hari Diangkatnya Amal

Hari Senin dan Kamis disarankan untuk berpuasa, karena sebagai hari di mana amal manusia sepanjang satu minggu dilaporkan ke Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Ini seperti diterangkan dalam hadits kisah Imam Tirmidzi yang mengambil sumber dari Usamah bin Zaid

Saya berbicara pada Rasul -shallallahu ‘alaihi wa sallam-, 

"Wahai Rasulullah, kamu kelihatan berpuasa hingga disangka tidak ada waktu buatmu tidak untuk puasa. Kamu kelihatan tidak puasa, hingga disangka kamu tak pernah puasa terkecuali 2 hari yang kamu berjumpa dengannya dan berpuasa saat itu."

Dalam hadis yang mengambil sumber dari Abu Hurairah

"Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) di hari Senin dan Kamis, karena itu saya senang bila amalanku dihadapkan sedangkan saya sedang berpuasa." (HR. Tirmidzi)

2. Hari Senin Kelahiran Nabi

Pada hari Senin disunnahkan untuk melakukan puasa sunnah Karena di hari ini sebagai hari di mana nabi Muhammad dilahirkan.

Dari Abu Qatadah Al Anshari radliallahu anhu, jika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah ditanyakan berkenaan puasa di hari Senin, karena itu beliau juga menjawab: "Pada hari itu saya dilahirkan, dan di hari itu juga, wahyu di turunkan atasku." (HR. Muslim) [No. 1162 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

3. Dibukanya Pintu Surga

Paling dahsyat ialah di hari Senin dan Kamis sebagai hari di mana Pintu Surga dibuka ini seperti hadis yang diriwayatkan imam muslim yang mengambil sumber dari Abu Hurairah

"Pintu surga dibuka di hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak melakukan perbuatan syirik pada Allah sedikit akan diampuni (di hari itu) terkecuali seorang yang mempunyai pertikaian (perseteruan) di antara dianya dan saudaranya. Kelak akan disebutkan dari mereka, akhirkan masalah mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan masalah mereka sampai mereka berdua berdamai." (HR. Muslim)

4. Melatih kesabaran

Manfaat berpuasa bisa menolong seseorang melatih kesabaran dan menahan nafsu, dan bisa tingkatkan tekad untuk melakukan beberapa kegiatan yang bisa tingkatkan kualitas ketakwaannya ke Allah SWT.

5. Melatih Disiplin

Orang yang umum berpuasa akan berdisiplin dalam segalanya, sebab menganggap semua tindak tanduknya dipantau Allah SWT. semua beberapa hal yang nanti bisa memunculkan dosa dan bisa menggagalkan puasanya.

6. Menjauhkan dari godaan syaitan

Jalankan ibadah puasa akan meminimalisir pengaruh-pengaruh atau godaan syaitan pada manusia untuk lakukan hal-hal yang dilarang Allah SWT.

7. Meningkatkan amal ibadah

Dengan berpuasa, kita makin lebih tergerak untuk meningkatkan ibadah atau amalan-amalan yang lain yang nanti akan mendatangkan pahala dari sisi Allah SWT.

8. Melembutkan hati dan Menambahkan Syukur

Dengan berpuasa, rasa simpatik kita pada seseorang akan makin bertambah, khususnya untuk mereka yang mempunyai keberuntungan yang jauh di bawah kita. Dan dengan demikian akan jadikan kita lebih tahu

9. Menjaga kesehatan tubuh

Pakar kesehatan telah menunjukkan jika puasa baik sekali untuk kesehatan badan manusia. Selain hilangkan toksin dari pada tubuh, puasa bisa juga membenahi sistem pencernaan.