Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KOBE BEEF & Shark’s Fin Soup

Resep Masakan - Kobe Beef & Shark’s Fin Soup merupakan dua menu yang menawarkan citarasa yang eksklusif. Kobe Beef adalah daging sapi yang paling empuk sedunia. Sedangkan Shark’s Fin Soup, adalah sup sirip ikan hiu yang lembut dengan untaian kertas emas. Bagi penikmat makanan merupakan kesempatan yang sangat langkah bila bisa mencicipi kedua menu tersebut.

Kobe Beef

KOBE BEEF & Shark’s Fin Soup

Hidangan eksotik kali ini menampilkan racikan dari Alex Chong Witt, Senior Oriental Chef dari Mei Restaurant, Hotel Nikko Jakarta. Cara membuat menu ini kata Chef sebenarnya sangatlah simple. Beef seberat 100 gram, digoreng selama lebih kurang lima menit. 

Sebelumnya beef dimarinate terlebih dahulu agar bumbu-bumbu meresap ke dalam sela-sela daging. Setelah matang, Chef Alex memotong beef menjadi 5-7 potong lalu meletakanya di atas sebuah plate. Selesai dengan pekerjaan ini, Chef Alex lalu membuat saus. 

Saus merupakan campuran dari mushroom, saus applevinegar (cukai apel) dan chicken stock yang dibuat secara hand made. Untuk tercipta rasa gurih Chef Alex menambahkan sedikit cream. Saus ini kemudian disiram diatas beef yang sudah dipotong-potong menjadi 5-7 bagian. 

Tak lupa juga Chef Alex menaburkan ketumbar. Untuk penghias atau garnish, Chef Alex memberinya batang asparagus dan pink peppercorn.

Supaya menghasilkan menu dengan citarasa yang begitu tinggi, Chef Alex menggunakan Kobe Beef. Kobe Beef merupakan daging sapi yang paling mahal harganya dan paling empuk rasa di seluruh dunia. 

Dibawah Kobe Beef, ada Wagyu beef dan sirloin serta terdeloin dari US maupun Australia. Tapi dalam hal keempukannya tidak ada yang menyaingi Kobe Beef, Kobe beef nyaris tanpa serat. Begitu juga dengan lemak, saat dimasak lemaknya langsung meresap. Jika daging jenis sirloin atau tenderloin, lemaknya masih sedikit terasa.

Dinamakan Kobe Beef karena asal daging sapi berasal dari Kobe, Jepang. Perawatan sapi-sapi tersebut agak beda dan sedikit spesial dibandingkan sapi-sapi pada umumnya seperti sapi dari US dan Australia maupun wahyu beef.

Penanganan sapi-sapi dari Kobe sangat rumit dan perlu pengawasan yang sangat ketat mulai dari penentuan jenis makanannya,waktu istirahat hingga mandi. Selama perawatan, sapi-sapi dari kobe ini tidak boleh banyak bergerak. 

Agar menghasilkan kualitas daging yang empuk, beberapa hari sekali sapi-sapi di message. “Sapi-sapi tersebut tidak boleh terlalu cape. Kalau terlalu cape akan mempengaruhi kualitas dagingnya,” ulas Alex.

Karena Kobe beef dagingnya masih sangat langkah (impor) serta harganya relatif cukup tinggi, untuk menikmati citarasa menu Kobe Beef sajian dari Chef Alex, pengunjung bisa reserved terlebih dahulu sehari sebelumnya. Ada pun harga Kobe Beef ditawarkan dengan harga Rp 580.000++.

Shark’s Fin Soup With Truffle Mushroom

KOBE BEEF & Shark’s Fin Soup

Menu kedua yang tak kalah simple dari Kobe Beef adalah Shark’s Fin Soup With Truffle Mushroom. Ingredients dari kedua menu ini terdiri dari gold leave (daun emas), truffle mushroom dan coriander (ketumbar). 

Hal yang pertama kali dilakukan oleh Chef Alex adalah merebus shark’s fin (sirip ikan hiu) dalam sebuah panci. Tidak lama, hanya sekitar 2-3 menit, sirip ikan hiu langsung matang. Selanjutnya Chef Alex meneruskannya untuk membuat kuahnya.

Kuahnya dibuat dari tepung kanji yang direbus bersama kecap hitam. Setelah kuahnya jadi, Chef Alex menyiramkannya ke sirip ikan hiu. Chef Alex lalu menghiasnya dengan daun emas. “Daun emas ini terbuat dari emas murni dan boleh dimakan,” kata Chef Alex yang gemar makan nasi Padang

Selama membuat kedua menu tersebut, Chef Alex hanya menggunakan alat bantu berupa sepasang chop stick (sumpit). Chop stick ini selalu tergantung di pakaian bagian lengan yang dikenakan oleh Chef Alex. “Sebenarnya masak tidak harus pakai chop stick. 

Namun saat ini hanya kebetulan saja. ” kata Chef Alex dengan dandanan rambut yang eksentrik, mirip shaolin dalam film-film laga yang dibintangi Jet lee.Seperti menu pertama, supaya tidak kecewa ada baiknya Anda yang ingin merasakan menu sirip ikan hiu seharga Rp 298.000++ untuk memesannya terlebih dahulu. 

Post a Comment for "KOBE BEEF & Shark’s Fin Soup"