Baru di Terima Kerja ? Begini Tips Hari Pertama Kerja - Adm Publik
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Baru di Terima Kerja ? Begini Tips Hari Pertama Kerja

Baru di Terima Kerja ? Begini Tips Hari Pertama Kerja

Tips - 
Sesudah melalui proses yang lumayan panjang, sekarang tiba waktunya bagi kalian memperoleh pekerjaan. Supaya saat hari pertama kerja bisa memberi kesan-kesan yang bagus, tentunya ada banyak hal yang perlu disiapkan dimulai dari persiapan diri sampai barang apa yang perlu dibawa.

Kerap kali saat seseorang masuk hari pertama kerja tentunya akan ada perasaan grogi. Tetapi tidak boleh cemas, kali ini kita  akan memberi tips untuk bagi kalian yang akan mengawali kerja.Yuk Langsung baca tips di bawah ini!

1. Lakukan Persiapan Satu hari Sebelumnya

Hal pertama yang perlu kalian kerjakan ialah lakukan persiapan satu hari sebelumnya. Hal yang kemungkinan dapat kalian persiapkan seperti pilih pakaian terbaik. Pilih baju terbaik yang nyaman dan bisa tingkatkan keyakinan diri kalian. Disamping itu bawa buku catatan dan pulpen jadi poin utama untuk dibawa. Pastikan semuanya kalian siapkan dari malam hari supaya tidak tergesa-gesa saat pergi kerja.

2. Tidak boleh Datang Telat!

Sebagai pegawai baru yang tidak mau memberi kesan-kesan jelek pada hari pertamanya, seharusnya kalian tiba lebih cepat ke kantor. Karena sebagai pegawai baru tentunya ada banyak hal yang perlu disiapkan untuk mengawali rutinitas kerja.

Disamping itu kalian bisa juga mengenal keadaan jalan raya dimulai dari rumah sampai hingga kantor, apakah umum terjadi kemacetan atau hal yang lain akan menghalangi waktu kalian pergi bekerja.

3. Perkenalkan Diri kalian

Saat sebelum mengawali kerja, lakukan perjumpaan diri ke semua rekanan kerja kalian. Sebutlah nama, divisi, rumah, dan beberapa hal yang lain dapat disebut. Dengan demikian, semua pegawai akan mengetahui kehadiran kalian.

4. Ingat-ingatlah Rekan Kerja kalian

Sesudah mengenalkan diri, lakukan perjumpaan dengan sama-sama rekan kantor. Tidak boleh malu untuk ajak kenalan dan menyapanya bila berjumpa pada tempat lain. Ini akan memberikan bahwa kalian ialah orang yang ramah dan benar-benar terbuka untuk beberapa orang.

5. Catatlah Tiap Hal-Hal Penting

Supaya kalian dapat mengingat beberapa hal apa yang perlu dan harus ditangani, tulislah semua hal itu ke buku kecil atau catatan yang ada di hp atau buku kalian. Saat hari pertama kerja, tentunya atasan atau rekanan kerja akan memberi beberapa tugas yang perlu kalian lakukan. Dengan menulis semua hal itu, kalian akan lebih mudah mengingat lagi dengan menyaksikannya di catatan individu.

6. Inisiatif Untuk Lakukan Hal Baik

Saat jadi pegawai baru, lakukan inisiatif untuk menolong pegawai lain atau beberapa hal baik yang lain. Jadikanlah diri kalian jadi pegawai yang aktif dan sensitif pada sekitar lingkungan. 

Hal itu akan membuat kalian jadi lebih gampang berbaur dengan pegawai lain dan mempermudah memperoleh kontribusi bila mengalami permasalahan.

7. Jangan Mengerjakan Urusan Individu Saat Jam Kerja

Konsentrasilah pada pekerjaan dan tanggung jawab yang ditangani. Tidak boleh kerjakan pekerjaan lain seperti mengurus usaha individu, jalani pekerjaan freelance, atau bermain media sosial di saat jam kerja. Lakukan semuanya di luar jam kerja atau jam istirahat.

8. Dengarkan Setiap Saran

Tiap saran yang diberi tentunya mempunyai tujuan yang bagus. Maka dengarkanlah tiap arahan yang diberi baik itu dari rekanan kerja atau atasan kalian. Walaupun saran itu mungkin tidak pas untuk dilaksanakan, minimal janganlah lekas menampik tiap saran yang sudah diberi.

9. Upayakan Untuk Pulang Lebih Lama

Dalam ketentuan kantor, tentunya telah diputuskan waktu datang dan pulang kerja. Tetapi saat mengawali hari pertama kerja, coba untuk pulang lebih lama atau keluar bersama pegawai yang lain. 

Ketika waktu senggang untuk menanti jam pulang ini, kalian dapat memperoleh peluang untuk mengawali percakapan dengan rekan kerja atau dengan atasan seksi kalian

10. Jauhi Ijin Bila Tidak Penting

Jauhilah untuk minta ijin atau cuti untuk kepentingan yang tidak begitu penting seperti berlibur atau sekedar hanya sakit ringan. Bila dalam satu bulan pertama kerja kalian telah minta ijin, cuti, atau tiba-tiba tidak masuk tanpa memberi alasan yang pasti tentunya akan memberi kesan-kesan yang jelek ke rekan kerja kalian

Demikian tips hari pertama kerja yang kemungkinan dapat kalian kerjakan. Mudah-mudahan beberapa tips di atas dapat menolong kalian untuk semakin dapat berbaur dengan pegawai lain dan bisa lakukan tiap pekerjaan dan tanggung jawab yang diberi dengan baik.

Selamat bekerja!